Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » » Festival Balla Lompoa Gowa Diupayakan Jadi Festival Budaya Nasional


Pedoman Karya 8:17 PM 0

FESTIVAL BUDAYA NASIONAL. Rahmansyah mengaku bahwa kegiatan dalam upaya memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan lokal akan terus dilakukan oleh Dewan Kesenian Gowa. Bahkan dirinya menargetkan Festival Balla Lompoa ini akan masuk dalam event nasional. (ist)
 




-----

PEDOMAN KARYA

Rabu, 08 Juni 2022

 

Catatan dari Festival Balla Lompoa 2022 (3-habis):

 

 

Festival Balla Lompoa Gowa Diupayakan Jadi Festival Budaya Nasional

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan)

 

Sekda Kabupaten Gowa, Kamsina, pada acara penutupan kembali mengajak Dewan Kesenian Gowa (DKG) untuk membantu pemerintah daerah dalam melestarikan kebudayaan lokal, khususnya kesenian daerah yang ada di Kabupaten Gowa.

Menjaga kearifan budaya lokal merupakan tanggungjawab bersama. Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak khususnya Dewan Kesenian Gowa untuk tetap melestarikan kebudayaan lokal terutama di era modern saat ini.

Festival Balla Lompoa, katanya, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Gowa, karena di zaman serba modern saat ini, budaya lokal seolah-olah terlupakan.

Kamsina mengaku yakin Festival Balla Lompoa merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya lokal dalam bentuk kesenian daerah. Kegiatan seperti ini penting dilakukan untuk terus menghidupkan nilai-nilai kearifan budaya lokal di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Festival Balla Lompoa ini akan menjadi momentum yang baik untuk menggiatkan kembali seluruh aktivitas seni dan budaya Kabupaten Gowa. Kami, Pemerintah Kabupaten Gowa, siap mendukung dan mensupport kegiatan ini,” tandas Kamsina.

 

Menjadi Event Nasional

 

Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Gowa, Rahmansyah, mengaku siap membantu pemerintah dalam melestarikan kebudayaan Kabupaten Gowa. Festival Balla Lompoa merupakan salah satu wujud dukungan Dewan Kasenian Gowa dalam melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan Kabupaten Gowa.

Rahmansyah mengaku bahwa kegiatan dalam upaya memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan lokal akan terus dilakukan oleh Dewan Kesenian Gowa. Bahkan dirinya menargetkan Festival Balla Lompoa ini akan masuk dalam event nasional.

“Dewan Kesenian Gowa bukan suatu lembaga yang menjelma menjadi suatu kekuatan yang paham segala hal tentang seni dan budaya, tetapi Dewan Kesenian Gowa ibarat perahu yang akan menjadi tumpangan bagi kita semua yang mau berpikir tentang seni dan budaya untuk membangun kebudayaan Kabupaten Gowa,” kata Rahmansyah yang mantan Anggota DPRD Sulsel.***


-----

Artikel sebelumnya: 

Masyarakat Gowa Masih Pegang Teguh Tradisi dan Budaya Leluhur

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply