Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Allah Membiarkan Mereka dalam Kegelapan


Pedoman Karya 6:50 PM 0

masaluhum kamasalillazistauqoda naaroo, fa lammaaa adhooo-at maa haulahuu zahaballohu binuurihim wa tarokahum fii zhulumaatil laa yubshiruun

Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat. (QS 2 / Al-Baqarah, ayat 17)


 

------

PEDOMAN KARYA

Senin, 01 Agustus 2022

 

 

Surah Al-Baqarah, Ayat 17:

 

 

Allah Membiarkan Mereka dalam Kegelapan

 

 

Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat. (QS 2 / Al-Baqarah, ayat 17)


-----

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

 

Kondisi orang-orang munafik yang beriman secara lahiriyah saja dan tidak secara batiniah terhadap Risalah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, kemudian mereka kafir, maka hal itu menyebabkan mereka berjalan tanpa arah dalam gelapnya kesesatan mereka sedang mereka tidak menyadarinya, dan  tidak ada harapan bagi mereka untuk keluar dari kondisi tersebut, menyerupai kondisi sekelompok orang disaat malam gelap gulita. Kemudian salah seorang dari mereka menyalakan api yang besar untuk penghangat badan dan penerangan, ketika api itu telah memancarkan cahaya dengan terang dan menerangi tempat sekitarnya tiba-tiba Api itu padam dan keadaan menjadi gelap gulita, maka orang-orang itu berada dalam kegelapan tanpa bisa melihat apapun dan tidak memperoleh petunjuk menuju suatu arah maupun jalan keluar.


----

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

 

مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِى اسْتَوْقَدَ نَارًا (Perumpamaan mereka seperti orang-orang yang menyalakan api)

 

Diriwayatkan dari Ibnu abbas dan beberapa sahabat yang lain tentang ayat ini, mereka berkata: “Ketika Rasulullah datang berhijrah ke Madinah, sekelompok orang masuk islam akan tetapi kemudian timbul di hati mereka kenifakan.”

Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang berada di kegelapan kemudian menyalakan api yang lalu menyinari mereka dari hal-hal yang mungkin bisa menyakiti, merekapun dapat melihat dengan jelas sehingga dapat berhati-hati. Namun ketika dalam keadaan itu tiba-tiba api mereka padam sehingga tidak dapat mengetahui bahaya yang harus mereka hindari. Demikian pulalah keadaan pada munafik yang dulunya berada dalam gelapnya kesesatan lalu mereka memeluk islam, merekapun dapat membedakan halal dan haram, yang baik dan buruk. Namun ketika mereka dalam keadaan itu tiba-tiba mereka keluar islam sehingga tidak mengetahui yang halal dan yang haram, yang baik dan yang buruk.


----- 

Sumber referensi:

https://tafsirweb.com/246-surat-al-baqarah-ayat-17.html

Dikutip pada Senin, 01 Agustus 2022, pukul 10.54 Wita


----

Ayat sebelumnya:

Membeli Kesesatan dengan Petunjuk

Allah akan Membalas Olok-olokan Mereka 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply