Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Sebelas Mahasiswa Unhas Belajar Satu Semester di Mancanegara dalam Program IISMA 2022


Pedoman Karya 2:27 AM 0

KULIAH DI MANCANEGARA. Sebelas mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar akan belajar selama satu semester pada berbagai perguruan tinggi di mancanegara, yakni di Chili, United Kingdom (Inggris), Estonia, Lithuania, Amerika Serikat (USA), Italia, Taiwan, Jerman, Korea Selatan, dan Polandia. (ist)


 


-----

Sabtu, 30 Juli 2022

 

 

Sebelas Mahasiswa Unhas Belajar Satu Semester di Mancanegara dalam Program IISMA 2022

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebelas mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar akan belajar selama satu semester pada berbagai perguruan tinggi di mancanegara, yakni di Chili, United Kingdom (Inggris), Estonia, Lithuania, Amerika Serikat (USA), Italia, Taiwan, Jerman, Korea Selatan, dan Polandia.

Mereka mendapatkan kesempatan belajar pada berbagai perguruan tinggi di mancanegara dalam program Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 yang merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Ke-11 mahasiswa Unhas yang mengikuti program IISMA tersebut yaitu Ursula Benedikta Zefanya Putri (Fisip), Geiby Mita Saroinsong (Fisip), Regina Farah Nafilah (Fisip), Karisma Nurul Izzah Suharyono (Fisip), Moch Nirzam Putra Ramadhan (Fisip), Adis Dwi Maqfirah (Fisip), Andi Muhammad Adil Rifqi Anwar (Fisip), Siti Maulidia Annisa Amirwan (Fisip).

Andi Alfisa Azzahra Rahman (Fakultas Hukum), Rich George Pieter (Fakultas Hukum), dan Alfred Arie Tammu (Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Ke-11 mahasiswa tersebut mengikuti Pra-departure IISMA 2022 yang diselenggarakan Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas, di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat, 29 Juli 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin, memberikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang mengikuti program IISMA 2022, dan mengatakan, para peserta IISMA merupakan representasi Unhas di mata dunia.

Karena itu, ia mengharapkan para mahasiswa bisa memanfaatkan secara optimal kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan keilmuan yang dimiliki.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas, Prof Adi Maulana, mengatakan, para mahasiswa IISMA 2022 harus memanfaatkan kesempatan yang diberikan.

Menurut dia, ke-11 mahasiswa yang mengikuti program IISMA 2022 bukan lagi menjadi representasi Unhas akan tetapi menjadi duta negara, sehingga ia mengharapkan para mahasiswa mampu beradaptasi dan membawa diri.

“Ke depannya, Unhas akan mempersiapkan sejak awal para mahasiswa untuk mengikuti program IISMA. Kita akan melakukan seleksi di tingkat universitas. Kegiatan ini secara umum hadir untuk membekali para mahasiswa dalam berbagai hal agar siap memperoleh ilmu dan pengetahuan di universitas luar. Setelah kalian kembali, kita harapkan bisa semakin menjadikan Unhas kaya akan pengalaman dan menyebarkannya kepada yang lain,” tutur Adi Maulana.

Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dari beberapa narasumber yang hadir. Kegiatan ini juga menghadirkan mahasiswa IISMA tahun 2021 dengan maksud berbagi pengalaman selama mereka mengikuti program serupa.

 

IISMA dan Persyaratannya

 

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa sarjana Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri.

Program ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Mahasiswa sarjana dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan mereka.

Selain itu, peserta program IISMA juga mendapatkan manfaat berupa pendaftaran dan biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tunjangan visa, serta tes PCR.

Persyaratan untuk mengikuti program IISMA, antara lain mahasiswa S-1 aktif (untuk semester 4-6, Warga Negara Indonesia), memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik (dibuktikan dengan sertifikat Bahasa Inggris; IELTS (6.0), TOEFL-iBT (78), Duolingo English Test (100)), mendapat rekomendasi dari universitas asal (dibuktikan dengan surat usulan wakil rektor bidang akademik), dan nilai IPK minimal 3.0 (menunjukkan transkrip akademik terakhir). (asnawin)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply