Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Unismuh Makassar Satu-satunya Pemenang Program Wirausaha Merdeka di Sulawesi


Pedoman Karya 1:44 AM 0

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sulawesi yang menjadi Pemenang Program Wirausaha Merdeka Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemdikbudristek).
 




-----

Jumat, 15 Juli 2022

 

 

Unismuh Makassar Satu-satunya Pemenang Program Wirausaha Merdeka di Sulawesi

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sulawesi yang menjadi Pemenang Program Wirausaha Merdeka Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemdikbudristek).

“Secara nasional ada 17 perguruan tinggi yang menjadi pemenang, tapi 17 perguruan tinggi tersebut, hanya Unismuh Makassar yang berasal dari Sulawesi,” ungkap Wakil Rektor II Unismuh sekaligus Koordinator Tim Program Wirausaha Merdeka Unismuh, Dr Andi Sukri Syamsuri, kepada wartawan di Makassar, Jumat, 15 Juli 2022.

Pengumuman pemenang dilakukan dalam Grand Launching Wirausaha Merdeka 2022, melalui aplikasi Zoom, Jumat, 15 Juli 2022.

Andi Sukri menjelaskan, Program Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Ke-17 perguruan tinggi pemenang Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Binus (untuk Wilayah DKI Jakarta), Institut Teknologi Bandung dan IPB University (untuk Jawa Barat), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (untuk Jawa Tengah).

Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan Universitas Ciputra Surabaya untuk Jawa Timur. Pelaksana program di Banten yakni Universitas Prasetya Mulya.

Di Sumatera, perguruan tinggi yang terpilih Universitas Riau dan Politeknik Negeri Batam. Di Kalimantan ada Universitas Lambung Mangkurat, sedangkan di Papua dilaksanakan oleh Universitas Cendrawasih.

Adapun di Kawasan NTT, NTB, dan Bali, dilaksanakan oleh Universitas Udayana dan Politeknik Negeri Kupang, sedangkan di Sulawesi dilaksanakan oleh Unismuh Makassar.

“Keberhasilan Unismuh Makassar ini tidak lepas dari kerjasama tim yang solid. Arahan dan bimbingan Bapak Rektor, serta Bapak Wakil Rektor I, serta kolaborasi dari teman-teman tim yang dikomandoi Pak Doktor Nasrun,” kata Andis, sapaan akrab Andi Sukri Syamsuri.

 

Tujuan Program

 

Melalui program ini, katanya, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills, dan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa.

Setelah mengikuti program ini, kata Andis, partisipasi mahasiswa bakal diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS).

Di Unismuh, lanjutnya, program ini bakal menyeleksi 700 mahasiswa yang akan didampingi.

“Jika mahasiswa diterima sebagai peserta Wirausaha Merdeka, mahasiswa menjalankan program dan mulai mengembangkan bisnis. Mahasiswa nantinya akan dibimbing oleh mentor selama program,” ujar Andis

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse mengapresiasi capaian tersebut dan mengatakan keberhasilan tersebut membuktikan bahwa Unismuh merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka secara nasional.

Kewirausahaan, kata Ambo Asse, merupakan salah satu hal penting yang ditanamkan kepada mahasiswa Unismuh di semua prodi.

“Program ini tentu akan semakin memperkuat, apa yang telah kita lakukan selama ini. Jadi kepada Bapak dan Ibu orang tua, jangan ragu menguliahkan anaknya di Unismuh Makassar,” ujar Ambo Asse. (her)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply