Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Seribu Mahasiswa dari 49 Perguruan Tinggi Ikut Program Wirausaha Merdeka di Unismuh Makassar


Pedoman Karya 7:16 PM 0

WIRAUSAHA MERDEKA. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (keempat dari kanan), foto bersama Rektor Prof Ambo Asse (ketiga dari kanan) dan beberapa pejabat lainnya pada Grand Opening Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek RI, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin Makassar, Selasa, 30 Agustus 2022. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)



-----

Kamis, 01 September 2022

 

 

Seribu Mahasiswa dari 49 Perguruan Tinggi Ikut Program Wirausaha Merdeka di Unismuh Makassar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Sebanyak 1000 mahasiswa dari 49 perguruan tinggi mengikuti Program Wirausaha Merdeka (WMK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemdikbudristek) RI, di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Grand Opening Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek RI, dilangsungkan di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin Makassar, Selasa, 30 Agustus 2022.

“Unismuh Makassar merupakan salah satu dari 17 perguruan tinggi Pemenang Program WMK Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi. Di Sulawesi, Unismuh Makassar menjadi satu-satunya kampus pelaksana kegiatan Wirausaha Merdeka,” kata Ketua Program WMK Unismuh Makassar Prof Andi Sukri Syamsuri, pada acara pembukaan.

Grand Opening dihadiri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sultanbatara, Drs Andi Lukman MSi, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagaring Pagalung.

Hadir pula Tim Kemdikbudristek sebagai narasumber bagi mahasiswa dan DPL, yakni Wakil Ketua III Program MBKM Kemdikbudristek Nurhadi Irbath, dan Wakil Ketua Program WMK Kemdikbudristek Gloria Maria Foster.

Andis, sapaan akrab Andi Sukri Syamsuri mengatakan, kegiatan WMK diikuti 1000 orang mahasiswa, terdiri atas 600 mahasiswa dari Unismuh Makassar sebaga tuan rumah, serta 400 lainnya dari 48 perguruan tinggi negeri dan swasta. Para mahasiswa didampingi 100 dosen pembimbing lapangan, 60 orang dari Unismuh, 40 dari kampus peserta lainnya.

“Ada 48 Kampus yang hadir, antara lain dari Universitas Halu Uleo, Universitas Tadulako, dan Universitas Widya Mataram Yogyakarta,” ungkap Andis yang sehari-hari menjabat Wakil Rektor II Unismuh Makassar.

 

Kesungguhan dan Kesabaran

 

Rektor Unismuh Prof Ambo Asse yang membuka secara resmi Program WMK 2022 Unismuh Makassar, memotivasi mahasiswa agar menggeluti dunia kewirausahaan. Menurutnya, Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan diri sebagai seorang pedagang.

Ambo Asse mengatakan, ada dua kunci untuk sukses berwirausaha, yakni kesungguhan dan kesabaran.

“Pertama adalah jihad dalam makna bersungguh-sungguh, serius dalam melakukan pekerjaan dan dalam berusaha dan bekerja,” kata Ambo.

Kedua, lanjutnya, pentingnya kesabaran dalam menghadapi sebuah tantangan dalam berwirausaha.

“Tetapi sabarnya itu bukan diam. Sabarnya adalah proaktif dalam menyelesaikan masalah dan kendala. Kreatif dalam menyelesaikan masalah dan tantangan, serta harus disiplin bekerja sesuai dengan pedoman dan tuntunan,” kata Ambo Asse. (zak)


-----

Berita terkait:

Bicara di Hadapan Seribu Mahasiswa, Gubernur Sulsel Bagikan Tips Jadi Pengusaha


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply