Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Gubernur Sulsel Bagikan Tips Jadi Pengusaha kepada 1000 Mahasiswa se-Sulawesi


Pedoman Karya 5:41 PM 0

TIPS BERWIRAUSAHA. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kiri) didampingi Rektor Unismuh Prof Ambo Asse (tengah) dan Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, membagikan tips menjadi pengusaha di hadapan seribu mahasiswa dari 49 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Sulawesi, pada Grand Opening Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek RI, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Unismuh Makassar, Selasa, 30 Agustus 2022. (Foto: Herul / Humas Unismuh Makassar)



----

Kamis, 01 September 2022

 

 

Gubernur Sulsel Bagikan Tips Jadi Pengusaha kepada 1000 Mahasiswa se-Sulawesi

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membagikan tips menjadi pengusaha di hadapan seribu mahasiswa dari 49 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Sulawesi, pada Grand Opening Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek RI, di Balai Sidang Muktamar 47 Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Selasa, 30 Agustus 2022.

“Seorang pengusaha harus memiliki kemampuan memberi instruksi, bahkan kepada orang yang tua dari dirinya. Tentu sulit bagi kita memimpin orang yang lebih tua, jika kita tidak memiliki pola pikir, kemampuan mengurai, dan memecahkan masalah,” kata Andi Sudirman.

Seorang wirausahawan, lanjutnya, harus menjadi pembelajar yang cepat (fast learner). Harus belajar secara tepat, efektif. Tidak menghabiskan waktu, cerdas dan cermat. Cepat dan tepat.

“Kalau mau jadi pengusaha, kuasai apa yang mau dirintis, jadi ahli di situ,” tandas Andi Sudirman. 

Selanjutnya, seorang wirausahawan memiliki rasa percaya diri dan optimisme yang tinggi.

“Jika ingin merintis bisnis, harus memiliki percaya diri bahwa apa yang akan kita lakukan akan berhasil,” kata Andi Sudirman.

Ia juga mengingatkan pentingnya integritas. Seseorang tidak bisa jadi pengusaha kalau tidak memiliki integritas, karena modal terbesar pengusaha adalah trust, kepercayaan dari orang lain.

“Dengan pertolongan Allah, tidak ada yang sulit. Apapun yang Anda rencanakan, jika dengan pertolongan Allah, bisa Anda capai meskipun terkadang hal itu di luar nalar manusia,” kata Andi Sudirman.

Grand Opening Program Wirausaha Merdeka Kemdikbudristek RI di Kampus Unismuh Makassar turut dihadiri Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sultanbatara, Drs Andi Lukman MSi, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagaring Pagalung, Ketua Program WMK Unismuh Makassar Prof Andi Sukri Syamsuri.

Hadir pula Tim Kemdikbudristek sebagai narasumber bagi mahasiswa dan DPL, yakni Wakil Ketua III Program MBKM Kemdikbudristek Nurhadi Irbath, dan Wakil Ketua Program WMK Kemdikbudristek Gloria Maria Foster. (her)


-----

Berita terkait:

Seribu Mahasiswa dari 49 Perguruan Tinggi Ikut Program Wirausaha Merdeka di Unismuh Makassar


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply