Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Pendirian Sekolah Muhammadiyah di Sydney Australia


Pedoman Karya 6:47 PM 0

MUHAMMADIYAH AUSTRALIA COLLEGE. Di antara program utama yang dicetuskan dalam Rapat Kerja PRIM NSW tahun 2021 adalah menginisiasi mendirikan amal usaha Muhammadiyah di Sydney NSW atau yang sudah disepakati dalam bentuk sekolah Muhammadiyah yakni Muhammadiyah Australia College (MAC ) II Sydney. (ist)
 



-----

PEDOMAN KARYA

Senin, 09 Januari 2023

 

Catatan Akhir PRIM NSW Australia Periode 2021/2022 (3-habis):

 

 

Pendirian Sekolah Muhammadiyah di Sydney Australia

 

 

Oleh: Haidir Fitra Siagian

(Ketua Pimpinan Ranting Istiwewa Muhammadiyah New South Wales Australia Periode 2021/2022)

 

Di antara program utama yang dicetuskan dalam Rapat Kerja PRIM NSW tahun 2021 adalah menginisiasi mendirikan amal usaha Muhammadiyah di Sydney NSW atau yang sudah disepakati dalam bentuk sekolah Muhammadiyah yakni Muhammadiyah Australia College (MAC ) II Sydney.

Kegiatan yang terkait dengan pendirian MAC ini sudah terlaksana sebanyak 12 kali, di antaranya adalah melakukan FGD atau Focus Group Discussion mencari format amal usaha yang tepat di NSW pada bulan Nopember 2021.

Selain warga Muhammadiyah NSW, peserta FGD ini adalah para kader Muhammadiyah yang merupakan alumni universitas di NSW beberapa tahun lalu, seperti Muhammad Sayuti PhD (Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah) dan R Alfa Amirrachman (Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah), serta Muhammad Safar Nashir MSi (mewakili Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting PP Muhammadiyah).

Kegiatan lainnya adalah melakukan berbagai rapat dan studi banding ke Muhammadiyah Australia College di Melton, Melbourne yang sudah lebih dulu berdiri. Jarak antara Sydney dengan Melbourne adalah sekitar 900 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 9 hingga 10 jam perjalanan darat.

Selain itu, memulai penggalangan dana dan membuka dua nomor rekening. Satu rekening bank Australia atas budi baik PCIM Australia dan satunya lagi rekening di Tanah Air atas budi baik Lazismuh Pusat.

Juga membentuk tim relawan sosial dan diseminasi informasi, yang anggotanya tersebar di seluruh tanah air dan beberapa anggota PCIM di beberapa negara.

Masih terkait dengan rencana pendirian sekolah ini, kegiatan yang cukup penting adalah menerima kunjungan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebanyak dua kali. Yang pertama rombongan yang dipimpin oleh Bapak Drs H Ahmad Dahlan Rais MHum, datang pada bulan Agustus 2022.

Dan yang kedua adalah kedatangan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr H Agus Taufiqurrahman SpS MKes, pada akhir bulan Desember 2022.

Kehadirian Pimpinan Pusat Muhammadiyah ke Sydney adalah melihat dari dekat dan dari tangan pertama, sejauh mana kesiapan pengurus dalam rencana mendirikan Muhammadiyah Australia College (MAC) II di Sydney.

Sampai sejauh ini, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan mendukung secara penuh rencana tersebut, bahkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah pernah ikut melihat beberapa lokasi yang direncanakan akan dibeli untuk sekolah dimaksud. 

 

Baitul Arqam se-Australia di Melbourne

 

Selain ke-92 item yang sudah diuraikan di atas, sebenarnya masih ada dua kegiatan lainnya yakni Baitul Arqam Muhammadiyah se-Australia di Melbourne (24-25 Desember 2022), dan pelantikan pimpinan yang baru (30 Desember 2022), sehingga total adalah 94 item kegiatan.

Keduanya tidak dilaporkan dalam laporan pertanggungjawaban, karena dilaksanakan setelah Musyawarah Ranting, sedangkan keduanya adalah masih tanggung jawabnya.

Khusus untuk pelaksanaan Baitul Arqam Muhammadiyah se-Australia, sebenarnya adalah program kerja Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Australia dan pelaksanaannya pun dilakukan di Melbourne, ibu kota Negara Bagian Victoria.

Jaraknya pun sangat jauh sekitar 900 km dari Sydney dengan jarak tempuh 9-10 jam naik kendaraan, akan tetapi PCIM Ausralia secara remi memberikan kepercayaan penuh dan menunjuk PRIM NSW sebagai panitia pelaksana, dengan tugas utama mempersiapkan, mengawal dan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatannya.

 

Makna Wajah PRIM NSW dalam Media

 

Satu hal lagi yang sedikit-banyaknya perlu disampaikan dalam kesempatan ini adalah tentang apresiasi dari beberapa pihak tentang PRIM NSW Australia. Mengutip kalimat Ketua PCIM Australia, Ustaz Hamim Jufri, bukan untuk menyombongkan diri. Bukan. Akan tetapi perlu disampaikan sebagai bentuk rasa syukur dan menjadi sesuatu hal yang dapat diambil hikmah di dalamnya.

Beberapa pihak memberikan apresiasi terhadap kegiatan Muhammadiyah NSW. Konjen KJRI Sydney, Vedi Kurnia Buana, dan Atdikbud KBRI Canberra, Prof Mukhamad Najib, memandang kegiatan Muhammadiyah NSW selama ini dapat membantu atau mendukung hubungan bilateral Indonesia-Australia.

Ketua KKSS Sydney, Firdaus Muis, pernah mengatakan bahwa kehadiran Muhammadiyah NSW cukup menonjol dan memberi warna bagi kegiatan umat Islam maupun diaspora Indonesia di Sydney dan sekitarnya.

Lebih dari itu, dalam pengamatan salah seorang Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr H Dadang Kahmad, pernah mengemukakan beberapa waktu lalu bahwa PRIM NSW Australia adalah Ranting Istimewa Muhammadiyah paling aktif di seluruh dunia. Rupanya mantan mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat ini selalu memantau kegiatan PRIM NSW melalui pemberitaan media massa.

Hampir seluruh kegiatan utama yang dilakukan PRIM NSW selama satu periode ini, selalu kita publikasikan melalui berbagai platform media massa, baik media cetak maupun media online. Dan tidak terbatas apakah media yang dikelola Persyarikatan atau warga Persyarikatan, maupun media yang dikelola masyarakat atau organisasi lain.

Wajah Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) New South Wales (NSW) memang sengaja dimunculkan dalam berbagai media, dengan tujuan saling menggembirakan dan mengabarkan kebaikan.

“Nashrun minallah wa fathun qarib wa bassyiril mukminin”

 

Wollongong, 08 Januari 2023


----- 

Tulisan bagian 1:

Muhammadiyah NSW Australia, Satu Tahun Laksanakan 94 Kegiatan

Tulisan bagian 2:

Puluhan Warga NSW Australia Sudah Miliki Nomor Baku Muhammadiyah

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply