Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Puluhan Warga NSW Australia Sudah Miliki Nomor Baku Muhammadiyah


Pedoman Karya 4:20 PM 0

NOMOR BAKU MUHAMMADIYAH. Sekitar 40-50 orang warga Muhammadiyah New South Wales Australia sudah memiliki Nomor Baku Muhammadiyah (NBM) atau kartu tanda anggota Muhammadiyah. (ist)

 




----

PEDOMAN KARYA

Senin, 09 Januari 2023

 

Catatan Akhir PRIM NSW Australia Periode 2021/2022 (2):

 

 

Puluhan Warga NSW Australia Sudah Miliki Nomor Baku Muhammadiyah

 

 

Oleh: Haidir Fitra Siagian

(Ketua Pimpinan Ranting Istiwewa Muhammadiyah New South Wales Australia Periode 2021/2022)

 

Perkaderan dan SDM

 

Kegiatan yang terkait dengan program perkaderan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dilaksanakan sebanyak 7 kali. Kegiatan ini harus diakui bukanlah secara langsung melaksanakan perkaderan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui forum resmi. Tetapi beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian kegiatan tersebut. Hanya satu kali perkaderan formal yang terlaksana, yakni Baitul Arqam.

Dimana perkaderan resmi adalah Baitul Arqam Muhammadiyah se-Australia yang dilaksanakan di Melbourne, 24-25 Desember 2022. Dalam hal ini, sebagai panitia pelaksana, PRIM NSW beberapa kali mengadakan rapat dan kegiatan lainnya yang terkait dengan program ini. Kebetulan pula, sebagian besar peserta Baitul Arqam tersebut, lebih dari separuh, adalah warga dan pimpinan Muhammadiyah New South Wales (NSW).

 

Tanggung Jawab Sosial

 

Meskipun berada di luar negeri, warga Muhammadiyah NSW tetap memiliki perhatian yang tinggi terhadap masalah yang terjadi di tanah air, terutama dalam hal bencana alam. Inilah yang dimaksud sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Muhammadiyah yang dilaksanakan sebanyak 9 kali.

Ranting NSW menggalang dana untuk bencana alam Gunung Semeru Jawa Timur dan Banjir di Cianjur Jawa Barat. Dana yang terkumpul sudah dikirim langsung ke rekening MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Selain itu, Ranting juga menggalang dana untuk warga yang berduka cita atau sedang sakit di rumah sakit. Dana yang terkumpul diberikan untuk membantu biaya pengobatan atau biaya lainnya yang terkait dengan kebutuhan keluarganya.

Kegiatan sosial lainnya adalah beberapa kali memfasilitas melaksanakan ta’ziyah virtual bagi keluarga yang berduka cita, termasuk memfasilitas ta’ziah virtual bagi keluarga almarhum Drs KH Nasruddin Razak, mantan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

 

Pelayanan Anggota

 

Di samping melakukan pengajian atau dakwah kepada anggota, salah satu fungsi Ranting adalah memberikan layanan langsung kepada anggotanya, terutama memenuhi kebutuhan atau atribut organisasi.

Dalam hal ini beberapa kali Pimpinan Ranting melakukan usaha-usaha yang boleh dikategorikan terkait langsung dengan pelayanan anggota, seperti menguruskan untuk mendapatkan Nomor Baku Muhammadiyah (NBM) atau kartu tanda anggota Muhammadiyah.

Pada periode ini, setidaknya dua kali kita menguruskan NBM anggota, sehingga saat ini sudah terdapat sekitar 40-50 orang warga Muhammadiyah NSW yang menjadi anggota resmi Muhammadiyah.

Juga memfasilitasi warga mendapakan baju batik Muhammadiyah dan Aisyiyah serta bendera organisasi, yang didatangkan langsung dari Yogyakarta.

Pengadaan baju batik ini memang bukanlah program kerja resmi, namun sebagai bagian dari upaya saling menggembirakan warga, termasuk pula berupaya memupuk semangat dan menyirami girah bermuhammadiyah dari sisi yang berbeda. Meskipun hal ini kelihatan kecil atau sederhana, tapi tetap memerlukan waktu, tenaga, dan kesabaran dalam mengurusnya.

 

Hubungan Antar-Lembaga

 

Sebagaimana periode sebelumnya, hubungan antar lembaga, baik dengan pemerintah maupun organisasi sosial kemasyarakatan dan keagamaan lainnya, terjalin dengan baik. Dalam periode ini, tercatat 13 kali Pimpinan Ranting berpartisipasi dengan lembaga-lembaga lain, termasuk dengan pihak KJRI Sydney.

Juga dengan organisasi nasional Australia dan lokal New South Wales, seperti ANIC (Australia National Imam Council), UMA (United Muslim Australia), dan organisasi keagamaan berbasis tanah air Indonesia.

Khusus untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh ANIC, biasanya PRIM NSW hadir untuk mewakili PCIM Australia, karena PCIM Australia berkedudukan di Melbourne, sedangkan sebagian besar organisasi Islam berpusat di Sydney, sehingga bila ada acara atau undangan, maka PCIM Australia mendelegasikannya kepada PRIM NSW.

Sebagai tambahan informasi bahwa Muhammadiyah sudah tercatat sebagai anggota resmi forum koordinasi organisasi keagamaan Islam se-Australia. (bersambung)


---- 

Tulisan bagian 1:

Muhammadiyah NSW Australia, Satu Tahun Laksanakan 94 Kegiatan 


Tulisan bagian 3:

Pendirian Sekolah Muhammadiyah di Sydney Australia 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply