Aksar Datu Terpilih Ketua IKA MAN 1 Makassar

AKLAMASI. Muhammad Aksar Datu (kelima dari kanan) foto bersama beberapa alumni seusai terpilih secara aklamasi sebagai Ketua IKA MAN 1 Kota Makassar Periode 2023-2027, pada Mubes ke-2 IKA MAN 1 Kota Makassar, di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Walikota Makassar, Ahad, 12 Februari 2023. (ist)

 



-----

Senin, 13 Februari 2023

 

 

Aksar Datu Terpilih Ketua IKA MAN 1 Makassar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dr Ir Muhammad Aksar Datu ST MT, terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Makassar, periode 2023-2027.

Acca, demikian dia akrab disapa, terpilih secara aklamasi, dalam Musyawarah Besar (Mubes) ke-2 IKA MAN 1 Kota Makassar, yang diadakan di Baruga Anging Mammiri, Rumah Jabatan Walikota Makassar, Ahad, 12 Februari 2023.

“Alhamdulillah, Mubes berjalan dengan lancar, aman dan kondusif sesuai ekspektasi Panpel,” jelas Sekretaris Panitia, Faisal.

Pelaksanaan Mubes yang diikuti 100-an peserta, kata Faisal, bisa berjalan sukses karena kekompakan dan kebersamaan semua pihak. Juga karena sinergitas alumni MAN 1 Kota Makassar bersama satuan pendidikan di MAN 1 Kota Makassar

Selama mempersiapkan Mubes ke-2, Panpel tentu punya suka dan duka. Sukanya, kata Faisal, karena selama kepanitian mereka dapat saling mengenal antara senior dan yunior.

Selain itu, mereka mendapatkan pembelajaran tentang konsep berdemokrasi, yakni musyawarah untuk mufakat dengan mengedepankan asas kekeluargaan. Dukanya, karena banyak menyita waktu untuk keluarga. Namun itu semua dilakukan demi suksesnya Mubes ke-2 IKA MAN 1 Kota Makassar.

Hasan Hamido, Koordinator Steering Committee, juga menyampaikan kesyukurannya Mubes berjalan lancar dan sesuai tata tertib dan ternyata hanya ada satu calon ketua, karena sampai batas waktu pendaftaran calon kandidat, hanya satu orang yang mendaftar, yakni Muhammad Aksar Datu.

Karena hanya satu calon, maka Muhammad Aksar Datu yang alumni angkatan 88 kemudian ditetapkan sebagai Ketua IKA MAN 1 Kota Makassar yang baru, menggantikan Dr HL Arumahi MSi.

Muhammad Aksar Datu, lahir di Ujung, Selayar, 05 Januari 1970. Dia Sarjana Teknik Mesin Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar (1991), Magister Teknik Transportasi Unhas (2008), dan Doktor Teknik Sipil Unhas (2017).

Dia merupakan ASN pada Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar. Selain itu, juga merupakan dosen tetap Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, dan dosen praktisi Fakultas Teknik Unhas.

Dia punya beberapa pengalaman organisasi profesi, antara lain Pembina Yayasan Pendidikan Kesejahteraan Islam (YAPKI) Almadani Ujung Jampea Selayar, Ketua Divisi Kemaritiman Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Pengembagan Prasarana (PSP4) Tahun 2016-2020, dan Pengurus Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Wilayah Sulawesi Selatan.

Visi misinya sebagai Ketua IKA MAN 1 Kota Makassar adalah menciptakan kemitraan strategis antara alumni untuk menjadikan IKA MAN 1 Kota Makassar sebagai wadah alumni yang terbuka, inovatif, adaptif dengan jiwa dan nilai-nilai luhur budaya Islam.

Untuk mewujudkan visi itu, maka misinya adalah meningkatkan peran alumni dengan memperkuat jaringan dari berbagai posisi strategis alumni untuk kepentingan dan pengembangan IPTEK.

Selain itu, menjadikan dakwah dan perekonomian sebagai sarana pengabdian masyarakat, serta sumbangsih alumni terhadap pembangunan bangsa dan negara berdasarkan Pancasila.

Sebagai ketua terpilih, Muhammad Aksar Datu sudah menyusun agenda yang akan dilakukan dalam waktu dekat berupa pengadaan sekretariat. Selanjutnya, dia akan mengarahkan setiap angkatan untuk membentuk pengurus pada setiap angkatan. Tujuannya, supaya terjadi sinergitas program kegiatan antara IKA Pusat dan himpunan di setiap angkatan.

“Semoga Allah subhanahu wa ta’ala senantiasa memberikan kekuatan, kesehatan, keamanan, kelancaran dan keberkahan dalam mengemban tugas organisasi,”kata Aksar Datu. (rt)


----

Berita terkait:

IKA MAN 1 Makassar Gelar Mubes, Hasan Hamido Panitia Pengarah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama