Mahasiswa KKN Unpacti Makassar Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMPN 3 Bontonompo Gowa


PELAIHAN JURNALISTIK. Wakil Rektor I Unpacti Makassar, Dr Ampauleng, memberikan sambutan pada Pembukaan Pelatihan Dasar Jurnalistik yang diadakan mahasiswa KKN Unpacti Makassar, di SMP Negeri 3 Bontonompo, Desa Bontobiraeng Selatan, Kecamatan Botonompo, Kabupaten Gowa, Sabtu, 18 Maret 2023. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA)

 


-------

Selasa, 21 Maret 2023

 

 

Mahasiswa KKN Unpacti Makassar Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMPN 3 Bontonompo Gowa

 

  

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa KKN Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar menggelar Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi siswa dan guru SMP Negeri 3 Bontonompo, Desa Bontobiraeng Selatan, Kecamatan Botonompo, Kabupaten Gowa, Sabtu, 18 Maret 2023.

Pada pelatihan ini, ada empat materi yang diberikan kepada para peserta, yaitu Teknik Mencari Berita (Dr Erniwati), Teknik Menulis Berita (Dr Erniwati), Teknik Membuat Web Blog (Asnawin Aminuddin), serta Teknik Memasukkan Berita di Web Blog (Asnawin Aminuddin).

Acara pembukaan pelatihan dihadiri Wakil Rektor I Unpacti Makassar Dr H Ampauleng, Wakil Rektor II Nur Afni Syahnyb SE MM, Kepala Desa Bontobiraeng Selatan Muhammad Hatta, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Bontonompo H Danial SPd MSi, serta sejumlah guru dan mahasiswa KKN Posko 11 Unpacti Makassar.

Wakil Rektor I Unpacti Ampauleng dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala SMP Negeri 3 Bontonompo yang telah memberikan dukungan dan memfasilitasi sehingga salah satu program dari mahasiswa KKN Universitas Pancasakti dapat terselenggara dengan baik.

“Mudah-mudahan apa yang disajikan pada pelatihan dasar jurnalistik ini bisa diserap dengan baik, sehingga adik-adik peserta mampu mengelola berita, yang diharapkan bisa memberikan informasi yang benar kepada seluruh khalayak atau pembaca, walaupun mungkin kegiatan semacam ini pertama kali dilaksanakan pada siswa SMP, namun tentunya diharapkan berdampak positif bagi anak-anak kita,” kata Ampauleng.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Bontonompo, H Danial Nyikko, juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena mahasiswa KKN Unpacti Makassar memilih SMP Negeri 3 Bontonompo sebagai tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar jurnalistik.

“Semoga kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan siswa-siswi kita, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka di bidang jurnalistik serta mendorong mereka untuk berpikir kreatif, kritis, dan mandiri,” kata Danial.

Secara terpisah, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, Sukiman SAg SPd MM, saat dimintai tanggapannya menyatakan menyambut baik kegiatan ini,

“Pengetahuan ini tentunya sangat diperlukan oleh anak-anak kita, karena dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis, termasuk mengelola majalah dinding sekolah kami,” kata Sukiman.

Pelatihan Dasar Jurnalistik, katanya, dapat meningkatkan kecakapan literasi serta mengasah kemampuan siswa dalam menulis, sehingga akan mendorong kegiatan jurnalistik di sekolah, misalnya melalui majalah dinding, bulletin sekolah dan lain-lain.

“Kita harapkan agar para siswa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik supaya dapat menimba ilmu dari para narasumber yang memang merupakan praktisi media,” kata Sukiman.

Muftahul Jannah, salah seorang peserta dalam kegiatan ini saat dikonfirmasi mengaku sangat senang dan bersyukur dapat mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik yang diadakan Mahasiswa KKN Unpacti Makassar.

“Banyak hal baru yang saya dapatkan sebagai tambahan ilmu bagi saya, terutama bagaimana cara menulis berita, membuat blog, dan tentunya menjadi wartawan yang baik,” kata Muftahul Jannah. (mul)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama