Kajur Pendidikan Teknik Sipil UNM Taufiq Natsir Raih Doktor


Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNM, Taufiq Natsir (keempat dari kiri) foto bersama keluarga dan handai taulan, seusai ujian promosi doktor, di Gedung Pascasarjana UNM, Jalan Bontolangkasa, Makassar, Rabu, 05 Apil 2023. (ist)

 


-------

Jumat, 07 April 023

 

 

Kajur Pendidikan Teknik Sipil UNM Taufiq Natsir Raih Doktor

 

 

Teliti Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berkarakter Kewirausahaan

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA).  Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar (UNM), Taufiq Natsir, berhasil meraih gelar doktor dalam bidang pendidikan vokasi keteknikan setelah mengikuti ujian promosi doktor, di Gedung Pascasarjana UNM, Jalan Bontolangkasa, Makassar, Rabu, 05 Apil 2023.

Taufiq Natsir meneliti tentang Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berkarakter Kewirausahaan di Perguruan Tinggi.

Dalam penelitiannya, Taufiq Natsir berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran dan menumbuhkan karakter kewirausahaan mahasiswa yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran berbasis proyek.

Taufiq Natsir menyebut perbedaan penelitiannya ada pada proses mengawinkan kewirausahaan dan praktek pembelajaran di proyek

“Kita sadari banyak penelitian berbasis proyek maupun kewirausahaan. Dari situ muncul ide mengapa tidak mengikutkan kewirausahaan. Perbedaannya, selama ini tidak ada yang mengawinkan praktek di proyek dengan karakter kewirausahaan, padahal itu dibutuhkan,” kata Taufiq Natsir.

Dari hasil penelitiannya, Taufiq mencatat beberapa hal penting, di antaranya tahapan pengembangan model pembelajaran, mulai dari tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, evaluasi sampai diseminasi dan umpan balik.

Taufiq juga mendesain model pembelajaran berbasis proyek berkarakter kewirausahaan, seperti menyusun rancangan model pembelajaran, menetapkan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), menetapkan indikator capaian pembelajaran, menetapkan materi pembelajaran serta komponen model pembelajaran.

“Model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil praktikum dan minat berwirausaha mahasiswa dengan kategori peningkatan hasil belajar sedang dan minat berwirausaha tinggi,” jelas Taufiq Natsir.

Penganugerahan gelar doktor Taufiq Natsir disaksikan sejumlah kerabat dan sahabatnya, antara lain Ketua IKA SMP Muhammadiyah Soppeng Dr Andi miftahul Ulum Gani, Ketua Umum IKA SMA Negeri 1 Watansoppeng sekaligus WR 1 UNM Prof Hasnawi Haris, sampai Rektor Universitas Patompo Dr H Muhammad Yunus.

Pria kelahiran 5 Agustus 1964, menempuh pendidikan sarjana pendidikan teknik sipil di IKIP Ujungpandang (kini UNM), dengan judul skripsi “Studi Penyebab Kesulitan Mahasiswa Pada Matakuliah Mekanika Teknik FTPK IKIP Ujungpandang.”

Kemudian lanjut jenjang magister di UNM dalam bidang ilmu Pendidikan Lingkungan Hidup, tahun 2009, dengan judul tesis “Evaluasi Lahan Tempat Penampungan Sampah dengan Analisis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus TPA Antang).”

Beragam penelitian juga sudah ia hasilkan, antara lain pada tahun 2022, Taufiq Natsir dua kali menghasilkan penelitian yakni “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif Berbasis Merdeka Belajar Bagi Guru SMKN 3 Makassar”, dan “Survey Minat Berwirausaha Mahasiswa Teknik Sipil Bangunan Gedung.” (win)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama