IKA MAN 1 Makassar Programkan Pembimbingan Bagi Adik-adiknya

RAPAT KERJA. Pengurus IKA MAN 1 Makassar foto bersama seusai Rapat Kerja di Puri Kanata, Jl Sungai Saddang Baru, Makassar, Sabtu, 20 Mei 2023. (ist)

 

------

Selasa, 06 Juni 2023

 

 

IKA MAN 1 Makassar Programkan Pembimbingan Bagi Adik-adiknya

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Keberhasilan dan kemajuan pendidikan, bergantung pula pada alumni sekolah bersangkutan. Hal ini disadari oleh Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Makassar, yang belum lama ini mengadakan rapat kerja (raker).

Karena itulah, mereka membuat program yang akan bekerjasama dengan pihak sekolah, antara lain berupa pemberian bimbingan belajar bagi seluruh siswa MAN 1 Kota Makassar.

Salah satu poin program kerja itu terungkap setelah Pengurus IKA MAN 1 Kota Makassar,  mengadakan Raker di Puri Kanata, Jl Sungai Saddang Baru, Makassar, Sabtu, 20 Mei 2023. Raker bertema “Merajut Silaturahmi Membangun Kerjasama Menyukseskan Visi” ini dibuka oleh Ketua IKA MAN 1 Kota Makassar, periode 2023-2027, Dr Muhammad Aksar Datu.

Dalam sambutannya, Aksar Datu menyampaikan perlunya membuat program kegiatan yang terukur, realistis dan harus memperhitungkan anggaran. Hal ini, dilakukan mengingat kepengurusan periode ini masih terbilang baru. Apalagi, katanya, pengelolaan dana kegiatan masih bersumber dari pengurus dan anggota sehingga jangan sampai memberatkan anggota.

“Jangan sampai pengelolaan dana kegiatan memberatkan anggota,” kata Aksar Datu.

Selain dihadiri jajaran pengurus, Raker juga dihadiri Dewan Kehormatan, Dra Sukma Usamah MPd, Dewan Penasihat, H Azhar Arsyad SH MH dan Hasan Hamido SPd MSi. Pimpinan Sidang Raker IKA MAN 1 Kota Makassar ini adalah Drs Ahmad PA Samad MSi, sedangkan notulennya adalah Ilham Ramadhan.

Agenda Raker IKA MAN 1 Kota Makassar, yang berlangsung sehari ini, fokus pada penyusunan program kerja, di mana pembahasan program kerja dilakukan tiap bidang. Setelah itu, penetapan hasil program kerja, setelah itu pemaparan rencana program kerja oleh Ketua Umum IKA MAN 1 Kota Makassar secara menyeluruh.

Ada beberapa poin penting dari masing-masing bidang. Yakni, untuk publikasi dan dokumentasi, kegiatannya akan mengoptimalkan pengelolaan akun media sosial dan portal berita. Ini penting dilakukan untuk sosialisasi kegiatan, sekaligus memberikan gambaran tentang dinamika aktivitas organisasi.

Program kerja lainnya terkait konsolidasi organisasi dengan berbagai angkatan, terutama yang sudah mempunyai kepengurusan alumni. Juga akan diselenggarakan workshop dan seminar kewirausahaan.

Radhy Mas'Udy, Ketua Bidang Humas dan Sosial, menyatakan optimis program kerja yang dihasilkan akan berjalan dengan baik melalui kolaborasi yang baik pula. Dia berharap, program-program yang sudah disusun itu dapat diimplementasikan dan memajukan IKA MAN 1.

“Semoga dalam pelaksanaan program-program itu nantinya, akan menguatkan silaturahmi sesama alumni IKA MAN 1 Kota Makassar,” ucap Radhy Mas'Udy.

Komentar positif juga diberikan Dra Munawarah M.Pd, selaku Ketua Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan. Dia merasa sangat senang dengan diadakannya Raker sebagai forum untuk menyampaikan ide dan gagasan guna menunjang kinerja pengurus.

M Fuady R, Sekretaris Umum IKA MAN 1 Kota Makassar, optimis program-program yang disusun akan terlaksana. Meski diakui, kepengurusan sekarang baru berjalan sekira 2 bulan, sejak dilantik pada Maret 2023. Masih cukup panjang perjalanan pengurus hingga 2027 nanti. Untuk itu, dia berharap agar dilakukan kerjasama yang harmonis antar sesama divisi dengan penuh rasa persaudaraan dan dalam suasana yang santai.

“Melalui kesempatan Raker ini, kita memprogramkan pekerjaan dan akan kerjakan program yang sudah disusun,” jelas M Fuady.

Prioritas awal dari kepengurusan yang dipimpin Aksar Datu, saat ini, adalah melakukan pendataan anggota dan iuran organisasi. Ini dilakukan supaya kegiatan-kegiatan yang sudah disusun lebih mudah dilaksanakan. Karena adanya ketersediaan anggaran organisasi. Program penyediaan Sekretariat IKA MAN 1 Kota Makassar, juga masuk prioritas, karena penting bagi sebuah organisasi. (rt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama