Mahasiswa Ahwal Syakhshiyah dan KPI Unismuh Makassar Ikut Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

PENULISAN KARYA ILMIAH. Puluhan mahasiswa Prodi Ahwal Syakhshiyah dan mahasiswa Prodi KPI FAI Unismuh Makassar, di Lantai 3 Menara Iqra Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Ahad, 04 Juni 2023. (ist) 

 

-------

Rabu, 07 Juni 2023

 

 

Mahasiswa Ahwal Syakhshiyah dan KPI Unismuh Makassar Ikut Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Puluhan mahasiswa Program Studi (Prodi) Ahwal Syakhshiyah, dan mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, mengikuti Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah, di Lantai 3 Gedung Menara Iqra Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Ahad, 04 Juni 2023.

Pelatihan yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Ahwal Syakhshiyah dengan tema “Metode Penulisan Proposal dan Skripsi” menghadirkan alumni FAI Unismuh Makassar, Rukmini Syam, sebagai pemateri.

Dalam materinya, Rukmini Syam menekankan pentingnya diadaakan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dan menjadikannya sebagai kegiatan rutin. Tujuannya adalah untuk memberantas praktek penyewaan jasa penulisan tugas akhir oleh mahasiswa.

“Kegiatan ini perlu dilestarikan dan dijadikan kegiatan rutin. Ini adalah upaya memberantas praktek penyewaan jasa joki dalam penulisan tugas akhir mahasiswa,” kata Rukmini.

Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman tambahan bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menepis opini bahwa tugas akhir itu sangat sulit.

“Sulitnya tugas akhir, bukanlah karena kesulitan sebenarnya, melainkan karena kurangnya pemahaman mendalam terhadap materi yang ada,” kata Rukmini.

Selain pembahasan teori, pelatihan ini juga melakukan sesi praktek langsung. Mahasiswa dapat menyelesaikan proses penulisan proposal dan skripsi, serta mempelajari cara memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam Microsoft Word dengan baik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka.

Pelatihan ini mendapatkan tanggapan positif dari peserta, yang mengapresiasi pendekatan langsung dan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah, khususnya skripsi.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ahwal Syakhshiyah bertekad mengadakan pelatihan serupa secara rutin guna membantu mahasiswa mengatasi tantangan dalam perjalanan akademik mereka. (asnawin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama