Mahasiswa Unhas Juara I Fordigi Hackathon Challenge 2023 Chapter Makassar

JUARA I. Mahasiswa Unhas Putri Haerani Rustam (kiri) dan Rizqy Ashabul Yamin Darwis meraih juara pertama Fordigi Hackathon Challenger 2023 Chapter Makassar. (ist)

 

-------

Rabu, 07 Juni 2023

 

 

Mahasiswa Unhas Juara I Fordigi Hackathon Challenge 2023 Chapter Makassar

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Putri Haerani Rustam (Fakultas Teknik) dan Rizqy Ashabul Yamin Darwis (Fisip), meraih juara pertama Fordigi Hackathon Challenge 2023 Chapter Makassar.

Kegiatan ini menjadi rangkaian Forum Digital (Fordigi) BUMN Goes to Campus Chapter 4 Makassar yang digelar di Unhas Hotel & Convention, Makassar, Selasa, 06 Juni 2023, yang diikuti mahasiswa Unhas, Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Fordigi BUMN Goes to Campus atau Fordigi Hackathon Challenge 2023 merupakan kompetisi hackathon atau pemrograman untuk mahasiswa antarkampus pada sepuluh kota besar di Indonesia.

Program ini diharapkan menjadi sarana edukasi dan pengalaman praktis dalam bidang teknologi digital dan inovasi bagi para mahasiswa sebagai strategic digital talent masa depan.

Putri Haerani Rustam dan Rizqy Ashabul Yamin Darwis yang mahasiswa angkatan 2019, berinovasi dengan menciptakan aplikasi E-Yabo (Electronic Yabo’). Yabo’ sendiri merupakan bahasa Makassar yang berarti pengepul sampah.

“E-Yabo adalah sebuah inovasi pengumpulan sampah yang mengumpul dan membeli sampah dari rumah ke rumah agar dapat didaur ulang kembali,” ujar Rizqy dalam sesi pitch deck yang merupakan tahap akhir penjurian.

Putri Haerani mengatakan, tujuan dari E-Yabo’ yaitu memotivasi masyarakat untuk mengelola dan memilah sampah, mempermudah proses daur ulang sampah, serta memangkas penumpukan sampah di TPA dan mencegah pencemaran lingkungan.

Sebagai juara pertama, Putri dan Rizqy yang merupakan perwakilan Tim Unhas mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp20 juta dari Fordigi BUMN.

Rizqy menceritakan bahwa inovasi yang dibuatnya tak sampai di situ saja. Ia bersama Putri Haerani Rustam berencana membuat pilot project agar idenya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. (kia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama