Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah Sulsel Berikan Pendampingan Umat Rawan Aqidah

RAPAT KOORDINASI. Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel Dr Dahlan Lama Bawa (dudu, ketiga dari kiri) Ketua LDK PWM Sulsel Dr Usman Jasad, dan para pengurus foto bersama seusai Rapat Koordinasi LDK Muhammadiyah Sulsel, di Aula Fakultas Pertanian Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu 22 Juli 2023. (ist)

 

------

Ahad, 23 Juli 2023

 

Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah Sulsel Berikan Pendampingan Umat Rawan Aqidah

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Lembaga Dakwah Komunitas (DLK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel berkomitmen memberikan pendampingan kepada umat rawan aqidah seperti para muallaf, disabilitas, para tahanan dan narapidana, termasuk calon jamaah haji dan umrah.

Komitmen tersebut disampaikan Ketua LDK PWM Sulsel Dr Usman Jasad, Rapat Koordinasi LDK Muhammadiyah Sulsel di Aula Fakultas Pertanian Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu 22 Juli 2023.

“Pengurus Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah Sulsel periode 2022-2027 yang lintas disiplin dan jam terbang yang cukup tinggi, kita akan fokus melakukan pendampingan kepada komunitas muallaf, disabilitas, para tahanan, para narapidana, termasuk komunitas calon jamaah haji dan umrah warga persyarikatan Muhammadiyah. Selain untuk membina ibadahnya sesuai tuntunan tarjih, juga dapat memberi inkam bagi persyarikatan Muhammadiyah. Saya optimistis ini bisa kita wujudkan,” tutur Usman Jasad.

Usmad Jasad yang sehari-hari Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar dan owner Ujas Tour, pada periode kepengurusan Muhammadiyah 2015-2020/22 menjabat Wakil Ketua Majelis Tabligh.

Wakil Ketua Muhammadiyah Sulsel yang mengkoordinir Lembaga Dakwah Komunitas, Dr Dahlan Lama Bawa, pada kesempatan tersebut memberikan penjelasan mengenai perubahan nomenklatur dari Lembaga Dakwah Khusus menjadi Lembaga Dakwa Komunitas Muhammadiyah.

Ia juga memberikan penjelasan tentang tugas dan fungsi Lembaga Dakwah Komunitas, serta tugas dan fungsi beberapa bidang yang ada dalam Lembaga Dakwah Komunitas.

“Perubahan nomenklatur dari Lembaga Dakwah Khusus menjadi Lembaga Dakwah Komunitas, menunjukkan bahwa Muhammadiyah berkomitmen pada abad kedua usianya, Muhammadiyah ingin hadir pada setiap sub sektor kehidupan, termasuk pendampingan muallaf, komunitas disabilitas, komunitas miskin kota dan pedesaan, karena mereka ini rawan secara aqidah dan ekonomi,” kata Dahlan Lama Bawa yang sehari-hari dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Rapat koordinasi Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah Sulsel diawali dengan ta'aruf (perkenalan) sesama pengurus yang terdiri atas berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan.

“Silaturrahim dan ta'aruf ini sangat penting artinya, di antaranya untuk saling menguatkan, memahami jejak dan mengenal watak sesama pengurus dalam membangun sinergitas untuk kinerja organisasi. Lembaga Dakwah Komunitas ini sebagai leading sektor Gerakan Dakwah Muhammadiyah bersama Majelis Tabligh,” kata Dahlan yang pada periode kepengurusan sebelumnya menjabat Ketua Majelis Tabligh.

Anggota Dewan Pakar yang hadir dalam Rakor tersebut mengharapkan agar semua kegiatan pendampingan pada komunitas yang menjadi target, diawali dengan penelitian, sehingga program Lembaga Dakwah Komunitas Muhammadiyah Sulsel berjalan efektif.

“Jangan kita berdakwah menurut mau ta’ (kemauan masing-masing, red), tetapi menurut kebutuhan komunitas alias jamaah yang sedang dibina,” kata Anggota Dewan Pakar yang juga merupakan Dosen Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dahwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Dr Nurhidayat M Said.

 

Pengurus LDK Muhammadiyah Sulsel

 

Dewan Pakar: Prof Musyafir Pababbari, Prof Sabri Samin, Prof Mustari Mustafa, Dr Ibrahim BR, Dr Nurhidayat M Said, Drs Husban Abady MH.

Ketua: Dr Usman Jasad; Wakil Ketua: Akbar SP MSi IPM QPOA, Tauhid SAg MPd. Sekretaris: Syamsul Hidayat SPdI MPd; Wakil Sekretaris: Abdul Rahman SPdI MPd. Bendahara: Mirajuddin SPd, Wakil Bendahara: Darmawati SAg MPd.

Bidang Pembinaan Komunitas Muallaf dan Disabilitas, Ketua: Muhammad Yasin Lc MA; Anggota: Mukdar Boli SPdI MPdI, dan Rusman SH, Herlin SPd.

Bidang Pembinaan Komunitas Lapas/Rumah Tahanan dan Korban Patologi Sosial, Ketua: Akhmad Firdaus, Anggota: Jufri Sabae SHI, Ahmad M Siddik SAg, dan Mursalim SPdI MAg.

Bidang Pembinaan Komunitas Miskin Kota dan Miskin Pedesaan, Ketua: Dr Burhanuddin; Anggota: Supriadi SPdI MPdI, Drs Samsul Ardi, dan Lukman SPd.

Bidang Pembinaan Komunitas Profesional (Pegawai Bank, Karyawan Hotel, Mall & Kalangan Industri), Ketua: M Zakaria Al Anshori SSosI MSosI, Anggota: Supriadi SPd, Sudarni SPd, dan Hesti Nur Hamzah SP. (asnawin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama