Hendry CH Bangun Ketua Umum PWI Pusat, Sasongko Tedjo Ketua Dewan Kehormatan

KETUA PWI PUSAT. Hendry Chairudin Bangun atau lebih dikenal dengan nama Hendry Ch Bangun, terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Periode 2023-2028, pada Kongres XXV PWI, di Bandung, Jawa Barat, Senin dan Selasa, 25-26 September 2023. (int)


-------

Kamis, 28 September 2023

 

Hendry Ch Bangun Ketua Umum PWI Pusat, Sasongko Tedjo Ketua Dewan Kehormatan

 

BANDUNG, (PEDOMAN KARYA). Hendry Chairudin Bangun atau lebih dikenal dengan nama Hendry Ch Bangun, terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Periode 2023-2028, pada Kongres XXV PWI, di Bandung, Jawa Barat, Senin dan Selasa, 25-26 September 2023.

Sedangkan untuk Jabatan Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat secara aklamasi terpilih Sasongko Tedjo yang sebelumnya Sekretaris Dewan Kehormatan. Sasongko menggantikan Ilham Bintang yang sudah dua periode menjabat Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat.

Hendry Ch Bangun terpilih sebagai Ketum PWI Pusat setelah pada acara pemilihan berhasil mengungguli petahana Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari.

Pemilihan Ketua Umum PWI berlangsung dua putaran di El Hotel Bandung, Selasa, 26 September 2023. Pada putaran pertama, ada tiga calon yang bertarung, yakni Hendry Ch Bangun, Atal S Depari, dan Zulmansyah Sakedang (Ketua PWI Riau). Hasilnya, Atal memperoleh 40 suara, Hendri Ch Bangun mendapat 39 suara, dan Zulmansyah Sakedang mengantongi 9 suara.

Karena belum ada calon yang mendapatkan suara lebih dari 50 persen, maka dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti Atal S Depari dan Hendry Ch Bangun. Hasilnya, Atal mendapat 41 suara, dan Hendry Ch Bangun mendapat 47 suara.

Pada Kongres PWI di Solo Tahun 2018, Hendry Ch Bangun juga bersaing dengan Atal S Depari, dan ketika itu Hendry kalah tipis dengan selisih 3 suara dari Atal.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI ke depannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid,” kata Hendry.

Pada Pemilihan Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo terpilih secara aklamasi. Sasongko pernah menjabat sebagai Ketua PWI Pusat yang membidangi organisasi, dan juga pernah menjabat Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat.

 

Wartawan Olahraga

 

Hendry Ch Bangun pernah menjabat Wakil Ketua Dewan Pers Periode 2019-2022 mewakili unsur wartawan. Hendry mengawali karir sebagai Wartawan Majalah Sportif Jakarta pada tahun 1982, dan berkarier aktif sebagai Wartawan Harian Kompas Jakarta hingga pensiun di tahun 2018.

Aktif dalam organisasi PWI dan dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal Periode 2008-2013, dan Periode 2013-2018. Selama menjadi wartawan, Hendry telah menerbitkan tiga buah buku.

Pertama, buku dengan judul “Wajah Bangsa dalam Olahraga: 100 Tahun Berita Olahraga Indonesia” pada tahun 2007. Kedua, buku berjudul “Meliput dan Menulis Olahraga” juga pada tahun 2007, serta ketiga, buku berjudul “Kumpulan Esei Olahraga” di tahun 2012.

Hendry yang juga merupakan tenaga pengajar pada Sekolah Jurnalisme PWI Bidang Manajemen Redaksi, pernah melakukan penyuntingan terhadap 4 buku, yaitu “Kumpulan Cerpen Wartawan Olahraga” tahun 2010 dan 2011, “Kumpulan Cerpen Sebelas Wartawan” terbitan tahun 2012, dan “Kumpulan Cerpen Sembilan Wartawan” pada tahun 2013. (asnawin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama