Muhammad Tahir Membersamai Mahasiswa Unismuh Makassar Saat Berunjukrasa

“Kita harus meluangkan waktu membersamai mahasiswa, baik di dalam kampus, maupun di luar kampus, termasuk bila ada kegiatan atau peristiwa unjukrasa pada malam hari,” ungkap Muhammad Tahir.

 

------

PEDOMAN KARYA

Senin, 13 November 2023

 

In Memoriam:

 

Muhammad Tahir Membersamai Mahasiswa Unismuh Makassar Saat Berunjukrasa

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

 

Dosen memang selalu bertemu mahasiswa. Selalu berinteraksi dengan mahasiswa, tetapi pertemuan itu biasanya terjadi di ruangan kelas, di ruangan perkuliahan, atau pada saat mahasiswa berkonsultasi untuk pembuatan skripsi.

Dosen agak jarang menemani dan membersamai mahasiswa pada saat mahasiswa berunjukrasa di jalanan. Tugas menemani mahasiswa saat berunjukrasa biasanya dibebankan kepada Wakil Dekan III dan Wakil Rektor III. Dan itulah yang dilakukan Dr Muhammad Tahir MSi.

Ia membersamai mahasiswa saat rehat perkuliahan. Ia membersamai mahasiswa ngobrol-ngobrol di warung kopi. Ia pun membersamai mahasiswa saat berunjukrasa di jalanan.

“Kita harus meluangkan waktu membersamai mahasiswa, baik di dalam kampus, maupun di luar kampus, termasuk bila ada kegiatan atau peristiwa unjukrasa pada malam hari,” ungkap Muhammad Tahir kepada penulis pada suatu kesempatan.

Itu ia lakukan dengan sepenuh hati sebagai Wakil Dekan III Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar sejak 1997, dan kemudian berlanjut saat dirinya dipercaya menjabat Wakil Rektor III sejak 2016 hingga akhir hayatnya pada Sabtu, 11 November 2023.

Muhammad Tahir yang kelahiran Cabenge, Soppeng, 28 Oktober 1963, sepertinya memang ditakdirkan menjadi dosen dengan tugas tambahan mengawal mahasiswa dalam berbagai aktivitas keorganisasian, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Dalam beberapa kesempatan, penulis (dalam kapasitas sebagai wartawan) bahkan sempat ngopi di warkop pada malam hari bersama Muhammad Tahir, pada saat mahasiswa Unismuh Makassar berunjukrasa hingga malam hari.

Juga pada saat ada pertemuan khusus dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di salah satu warkop, yang juga dihadiri para Wakil Rektor III perguruan tinggi negeri dan swasta se-Kota Makassar.

Ketika mahasiswa berunjukrasa di jalanan, terutama di Jalan Sultan Alauddin Makassar, di depan kampus Unismuh Makassar yang berhadapan langsung dengan Gedung Perpustakaan Umum Provinsi Sulawesi Selatan, ia juga selalu menyempatkan diri mengawal dan membersamai mahasiswa.

Tak jarang ia turut memadamkan api yang berkobar dari ban bekas yang dibakar oleh mahasiswa saat berunjukrasa di jalanan.

 

LPKA dan UKM

 

Selain mengawal dan membersamai mahasiswa saat berunjukrasa, suami dari Hasnaini binti Abdul Kadir dan ayah dari dua anak ini juga mengawal mahasiswa dalam berbagai kegiatan organisasi kemahasiswa.

Sebagai Wakil Rektor III Unismuh Makassar, Muhammad Tahir mempunyai tugas pokok membantu rektor dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang kemahasiswaan, perencanaan dan sistem informasi, pembinaan, serta pelayanan pada mahasiswa dan alumni.

Kegiatan di bidang pembinaan mahasiswa dalam pengembangan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kedalaman spiritual, minat, bakat, kreativitas, akhlak, kultur akademik, serta kesejahteraan mahasiswa.

Juga membantu rektor dalam memimpin pelaksanaan kegiatan pembinaan alumni, pemetaan alumni, penyusunan database alumni, dan pemberdayaan alumni.

Termasuk tugas melakukan pengendalian, pengawasan dan penilaian prestasi, serta proses penyelenggaraan kegiatan mahasiswa.

Muhammad Tahir antara lain membentuk Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA), dan mengkoordinir 11 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lingkup Unismuh Makassar.

Ke-11 UKM yang ada di Unismuh Makassar, yaitu Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA), UKM Olahraga, UKM Pemerhati Alam dan Lingkungan (PAHALA), UKM Sepak Bola, UKM Seni Budaya Talas.

Selanjutnya, UKM Tapak Suci Putra Muhammadiyah, UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 14, UKM Bahasa, UKM Pers Mahasiswa Corong, UKM Hizbul Wathan, serta UKM Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM),

Di bawah koordinasi Muhammad Tahir sebagai Wakil Rektor III, mahasiswa Unismuh Makassar selalu mendapatkan peringkat untuk perangkingan bidang kemahasiswaan, baik pada tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sultanbatara, maupun dan berharap kedepan prestasi mahasiswa terus meningkat.

Muhammad Tahir kini telah tiada. Beliau meninggal dunia di Makassar pada Sabtu, 11 November 2023. Semoga pengabdian dan dharma baktinya sebagai dosen, Wakil Dekan III Fisip, dan Wakil Rektor III Unismuh Makassar bermanfaat bagi mahasiswa dan menjadi amal jariyah di sisi Allah SWT. Amin.***


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama