Dekan FIKK Hasmyati Raih Suara Terbanyak Calon Rektor UNM

SUARA TERBANYAK. Prof Hasmyati, meraih suara terbanyak pada Pemilihan Rektor (Pilrek) UNM Putaran Pertama, di Menara Pinisi Kampus UNM, Gunungsari Baru, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa, 27 Februari 2024.

 

-----

Selasa, 27 Februari 2024

 

Dekan FIKK Hasmyati Raih Suara Terbanyak Calon Rektor UNM

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Hasmyati, meraih suara terbanyak pada Pemilihan Rektor (Pilrek) UNM Putaran Pertama, di Menara Pinisi Kampus UNM, Gunungsari Baru, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa, 27 Februari 2024.

Dari lima calon rektor, Hasmyati meraih 51 suara, Prof Karta Jayadi (Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan) merebut 5 suara, Prof Hasnawi Haris (Wakil Rektor Bidang Akademik) mendapatkan 4 suara, Prof Ichsan Ali (Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama) dengan raihan 3 suara, serta Prof Eko Hadi Sujiono (mantan Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama) dengan 1 suara.

“Alhamdulillah, terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kami dalam proses pemilihan tahap pertama ini. Hasil ini bukanlah kemenangan saya pribadi tetapi kemenangan kita bersama, kemenangan sivitas akademika UNM. Mari kita bergandengan tangan, bersinergi , bersatu padu demi UNM yang lebih baik ke depan. Saya hanya manusia biasa yang tanpa support kita semua, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Mohon selalu doa dan dukunganta untuk tahapan selanjutnya,” ungkap Hasmyati seusai pemilihan.

Ia juga menyampaikan rasa hormat dan bangganya kepada Rektor UNM Prof Husain Syam yang selalu memberikan support dan arahan, serta bimbingan.

“Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan untuk berkontestasi di Pilrek UNM kali ini. Kami tentu senantiasa mohon arahan dan bimbingan kepada Bapak Rektor,” kata Hasmyati.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNM Prof Hamsu Gani saat konferensi pers seusai pemilihan mengatakan, Panitia Pemilihan Rektor UNM akan segera melaporkan hasil pemilihan tahap pertama kepada Mendikbud-ristek RI.

Rencananya panitia akan melaporkan tiga besar, yaitu Prof Hj Hasmyati yang memperoleh suara terbanyak 51 suara, Prof Karta Jayadi yang memperoleh 5 suara, dan Prof Hasnawi Haris yang memperoleh 4 suara,” sebut Hamsu.

Hamsu Gani menyampaikan seluruh anggota senat yang berjumlah 64 orang hadir menggunakan hak pilihnya. Pemilihan hanya dilakukan satu putaran yang dimulai pada pukul 09.30 Wita dan berakhir pukul 11.00 Wita.

“Alhamdulilah panitia tidak melakukan pemilihan suara ulang, karena biasanya kalau nomor urut ketiga ternyata perolehan suaranya sama, kita akan lakukan pemilihan kembali untuk menentukan urutannya,” jelas Hamsu.

Pemilihan Rektor putaran kedua, katanya, akan dilaksanakan pada 07 Maret 2024. Pemilihan Rektor putaran pertama diikuti seluruh Anggota Senat Univeritas, sedangkan Pemilihan Rektor putaran kedua diikuti seluruh Anggota Senat ditambah Mendikbud-ristek dengan pembagian 65 persen suara senat dan 35 persen suara Menteri.

“Insya Allah, tiga calon rektor yang meraih suara terbanyak hari ini, akan kami laporkan kepada kementerian untuk dilakukan lagi pemilihan, di mana berikutnya pemilihan sudah masuk suara menteri sebanyak 35 persen. Saya tidak tahu jumlahnya berapa itu, tapi yang jelas kita rencanakan tanggal 07 Maret, dan itu pun masih tentatif tergantung dari waktu yang disetujui oleh Pak Menteri dan atau yang diwakilkan,” ujar Hamsu.

Masa jabatan periode kedua Rektor UNM Prof Husain Syam akan berakhir pada 17 Mei 2024. Pihak panitia berharap sudah ada calon rektor dilantik tepat pada berakhirnya periode Rektor Husain Syam. (wahyudin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama