DPP IMMIM Tandatangani 13 Perjanjian Kerjasama

PENGUKUHAN PENGURUS DPP IMMIM Masa Khidmat 2023-2028 oleh Dewan Syura DPP IMMIM, AGH Muhammad Ahmad, dilangsungkan di Aula DPP IMMIM, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Sabtu, 10 Februari 2024. (ist)

 

------

PEDOMAN KARYA

Senin, 12 Februari 2024

 

DPP IMMIM Tandatangani 13 Perjanjian Kerjasama

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Masjid Mushalla Indonesia Muttahidah (DPP IMMIM) menandatangani 13 perjanjian kerjasana (MoU) dengan 13 instansi dan lembaga.

Ke-13 instansi dan lembaga tersebut yaitu Kanwil Kemenag Sulsel, Baznas Sulsel, Kesturi, PW Dewan Masjid Indonesia, PW Muslimat NU, PC NU Kota Makassar, PW ICATT, FPPM, PW BKPRMI, Asosiasi Purna Profesor, Bank Syariah Indonesia, Harian Rakyat Sulsel, dan RS Ibnu Sina YW UMI.

Penandatanganan MoU dilakukan pada Pengukuhan Pengurus DPP IMMIM Masa Khidmat 2023-2028 oleh Dewan Syura DPP IMMIM, AGH Muhammad Ahmad, di Aula DPP IMMIM, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Sabtu, 10 Februari 2024.

Selain penandatanganan MoU dengan 13 instansi dan lembaga tersebut, acara Pengukuhan Pengurus DPP IMMIM juga dirangkaikan Pengukuhan Pengurus DPK IMMIM Kecamatan se-Kota Makassar, Peringatan Isra’ Mi’raj 1445 H, Launching Website resmi DPP IMMIM, Launching Program Kajian Dakwah IMMIM, dan Rapat Kerja Pengurus DPP IMMIM.

Ketua Yayasan Dana Islamic Centre (YASDIC), Hj Nur Fadjri, dalam sambutannya mengatakan, kolaborasi para tokoh IMMIM yang dilandasi kebersamaan, sejak dahulu hingga kini, senantiasa mewarnai dan mengawal perjalanan DPP IMMIM sebagai lembaga pelayan kepentingan umat dengan motto, “Bersatu dalam Aqidah, Toleransi dalam Furu’ dan Khilafiyah.

“Tradisi kemitraan dan kolaborasi itulah yang mengilhami, sehingga pengukuhan pengurus DPP IMMIM 2023-2028 dirangkaikan penandatanganan kerjasama dengan 13 lembaga, instansi dan Ormas,” kata Nur Fadjri.

Era kekinian, lanjutnya, perlu dikedepankan kolaborasi, bukan persaingan. Untuk itu, tindak lanjut MoU benar-benar diharapkan terwujud kolaborasi dalam upaya memakmurkan masjid melalui pemberdayaan umat.

“'Kami optimis, output kemitraan dan kolaborasi akan menggembirakan, apalagi Pak Kiai Ishaq Shamad sudah 30 tahun mengabdi di IMMIM. Itu diperkuat komposisi armada pengurus terbilang istimewa. Pertimbangannya, mereka dari kalangan pengusaha, praktisi, tiga wakil rektor, tiga wakil Baznas, dan 60 persen pengurus bergelar doktor dan professor,” kata Nur Fadjri.

Ketua DPP IMMIM, Dr HM Ishaq Shamad, mengatakan, pengukuhan pengurus dan beberapa kegiatan rangkaiannya adalah wujud dan buah kerja-kerja cerdas dan ikhlas para pendahulu DPP IMMIM.

Ishaq yang juga Wakil Rektor IV UMI Bidang Tata Kelola Kampus Islami dan Pengembangan Pendidikan itu menjelaskan, program strategis IMMIM yaitu mengupgrade level klasifikasi masjid dan muballigh, termasuk digitalisasi cari masjid/muballigh yang bermitra DPP IMMIM.

“Kelak, databasenya ada di IMMIM,” kata Ishaq.

Gubernur Sulsel diwakili Staf Ahli Bidang Kesra, Dr Jayadi Nas, dalam sambutannya mengapresiasi pengukuhan pengukuhan Pengurus DPP IMMIM dan memperkenalkan program prioritas Pemprov Sulsel, di antaranya mengembalikan terumbu karang di laut, penanaman pisang cavendis, dan tanaman lainnya, serta peternakan.

“Diharapkan jika ada lahan dari keluarga besar IMMIM yang terbengkalai, maka program ini bisa dimanfaatkan dalam memanfaatkan lahan tersebut,” kata Jayadi.

 

Komposisi Kepengurusan DPP IMMIM

 

Ketua Panitia Pengukuhan, Dr H Nurhidayat M Said,MA, dan Sekretaris Hasan Pinang Sag MDilI menjelaskan, pengurus DPP IMMIM yang dilantik diketuai Dr HM Ishaq Shamad,MA, Sekjen Prof Muhammad Shuhufi, Wakil Ketua Prof KH Kamaluddin Abunawas, Hj Nur Fadjri, Prof HM Irfan Idris, dan Dr H Nurhidayat M Said,MA.

Komposisi Kepengurusan juga diperkuat delapan majelis, yakni Majelis  Pengembangan Masjid dan Mubalig, Majelis Kajian, Pendidikan dan Dakwah, Majelis Fund Rising dan Pengembangan Ekonomi Kreatif, Majelis Pemberdayaan Perempuan.

Majelis Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan IMMIM, Majelis Kemitraan dan Kerjasama Internasional, Majelis Publikasi, Media Digital dan Hubungan Masyarakat, serta Majelis Kesehatan, Seni Budaya dan Remaja.

Staf Sekretariat Drs H Muhammad Saiful, Drs M Yusrah MSi, Ivan Indra Hardi,SKom, dan Amadea Novanka Hasnah SPsi.

Pengukuhan pengurus IMMIM turut dihadiri Pangdam XIV/Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Kakanwil Kemenag Sulsel diwakili Dr Mulyadi Iskandar Idy, Ketua MUI Sulsel diwakili Sekjen MUI Prof Muammar Bakry, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel Mayjen Muhammad Bau Andi Mappanyukki, Ketua MUI Kota Makassar Dr AGH Baharuddin A Safa, Rektor UMI diwakili Wakil Rektor III Dr Hj Nurfadillah, Direktur Pencegahan BNPT RI Prof Irfan Idris yang juga Ketua III DPP IMMIM, serta sejumlah alim ulama, pimpinan Ormas Islam dan lembaga mitra IMMIM. (Muhammad Arafah)

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama