Bupati dan Jajaran Pemerintah Bone Ziarah ke Makam Arung Palakka di Gowa

ZIARAH. Penjabat Bupati Bone, Andi Islamuddin (keempat dari kiri) didampingi Pj Sekda Gowa Abdul Karim Dania (ketiga dari kiri), melakukan ziarah ke Makam Raja Bone ke-15 Arung Palakka, di Kabupaten Gowa, Sabtu, 02 Maret 2024. (ist)

 

-----

Senin, 04 Maret 2024

 

Bupati dan Jajaran Pemerintah Bone Ziarah ke Makam Arung Palakka di Gowa

 

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Penjabat Bupati Bone, Andi Islamuddin, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Bone, melakukan ziarah ke Makam Raja Bone ke-15 Arung Palakka, dan ke Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin, di Kabupaten Gowa, Sabtu, 02 Maret 2024.

Andi Islamuddin menyampaikan, dirinya bersama jajaran Pemkab Bone telah melakukan ziarah ke makam Raja-Raja Bone sejak 26 Februari 2024, dan kemudian ziarah ke Makam Arung Palakka, di Gowa, yang merupakan salah satu makam Raja Bone.

Ini adalah kegiatan rutin kita jelang Ulang Tahun atau Hari Jadi Kabupaten Bone. Sebelum puncak acaranya, kita awali dengan ziarah makam. Jadi kami keliling ke beberapa kabupaten mulai tanggal 26 Februari kemarin, kami ke Bulukumba untuk ziarah ke Makam Raja Bone yang ke-9, kemudian ke Bantaeng ziarah ke Makam Raja Bone ke-11, kemudian ke Makam Raja Bone ke-31 di Jakarta, dan hari ini kami ziarah ke Makam Raja Bone ke-15 Arung Palakka,” rinci Islamuddin.

Hal itu ia sampaikan di hadapan Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, serta puluhan pejabat dan masyarakat yang menghadiri Acara Ziarah ke Makam Arung Palakka, di Kabupaten Gowa, Sabtu, 02 Maret 2024.

Islamuddin menyebut ziarah ke makam raja-raja Bone juga dilakukan untuk terus menerus menanamkan rasa kecintaan, patriotisme dan terima kasih selaku anak-anak bangsa kepada pahlawan, Raja Bone, yang dengan perjuangannya terdahulu sehingga Bone bisa menjadi seperti sekarang ini.

Tanpa beliau, raja-raja Bone, kita tidak akan mungkin bisa seperti sekarang ini. Selain itu, kami mencoba menjadikan ziarah makam ini sebagai spirit dan semangat untuk bisa berbuat dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia,” kata Islamuddin.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa yang menerima dengan baik kedatangan Pemkab Bone setiap tahunnya, apalagi dari sejarahnya Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bone merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, terbukti Raja Bone Arung Palakka dimakamkan di Kabupaten Gowa, berdekatan dengan Kompleks Makam Sultan Hasanuddin.

Kami berterimakasih dan mengapresiasi jajaran Pemkab Gowa, sudah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa menjaga silaturrahim ini, menjaga ikatan batin ini, agar apa yang telah diikrarkan oleh raja kita, dapat kita lestarikan dan lanjutkan secara bersama-sama,” kata Islamuddin.

Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, mengatakan kunjungan jajaran Pemkab Bone dan ziarah ke Makam Arung Palakka di Kabupaten Gowa, merupakan kegiatan rutin tahunan dan Pemkab Gowa selalu menerima dan mendampingi pada saat melakukan ziarah.

Hari ini kami menerima kunjungan Pj Bupati Bone bersama jajaran ke Makam Arung Palakka sebagai salah satu rangkaian rutin mereka dalam peringatan Hari Jadi Bone. Kami menerima dan sekaligus ikut mendampingi ziarah ke Makam Arung Palakka dan ke Makam Sultan Hasanuddin,ungkap Abdul Karim Dania kepada wartawan seusai melakukan ziarah. (lom)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama