Mahasiswa Fisip Dominasi Lomba Debat NUDC dan KDMI Unhas

LOMBA DEBAT. Foto atas, para peserta foto bersama, sedangkan foto bawah suasana Lomba Debat NUDC dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Unhas, di Ruang Seminar Fakultas Farmasi, Unhas Tamalanrea, Makassar, Sabtu dan Ahad, 2-3 Maret 2024.

 

-----

Senin, 04 Maret 2024

 

Mahasiswa Fisip Dominasi Lomba Debat NUDC dan KDMI Unhas

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa Fakultas Ilmu-ilmu Sosial dan Politik (Fisip) mendominasi Lomba National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Universitas Hasanuddin (Unhas), di Ruang Seminar Fakultas Farmasi, Unhas Tamalanrea, Makassar, Sabtu dan Ahad, 2-3 Maret 2024.

Pada Lomba Debat NUDC, Nail Rifqillah (Fisip) dan Maria Angeliqa Rieke Taneh (FIB) keluar sebagai juara pertama, disusul Aqila Shakira Patunru (Fakultas Kedokteran) dan Arifah Nursyahbani Seru (Fisip) sebagai juara kedua, kemudian Ashrie Wahid (Fisip) dan Adinda Febrianti Khaeriah Damis (Fakultas Hukum) sebagai juara ketiga, serta Baiq Naura Sayyidatin (FKG) dan Aminah Alkhaerat (FT) sebagai juara keempat.

Pada Lomba Debat KDMI, Abdul Salam Saputra (Fisip) dan Nur Hikmah Ridwan (Fisip) keluar sebagai juara pertama, Aswita Maharani Ardianingsih (FH) dan Arifah Nursyahbani Seru (Fisip) sebagai juara kedua, Muhammad Ardiansyah Asrifah (FMIPA) dan Maria Angeliqa Reike Taneh (FIB) sebagai juara ketiga, serta A Farina Aura Aulya Hermansyah (FH) dan Baiq Naura Sayyidatin (FKG) sebagai juara keempat.

Lomba National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) diadakan oleh Direktorat Kemahasiswaan Unhas. NUDC dan KDMI merupakan lomba debat antar perguruan tinggi yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) setiap tahunnya.

Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi PhD, menyampaikan, lomba debat ini selain menghasilkan pemenang di level universitas, ajang ini juga menjadi arena penjaringan kandidat untuk mewakili Unhas pada NUDC dan KDMI level wilayah dan nasional.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh debater untuk terus menjaga ritme berkompetisi. Ia menegaskan bahwa berlomba bukan sekadar usaha menjadi juara, melainkan bagaimana kegiatan-kegiatan kompetisi seperti ini menjadi ajang untuk terus meningkatkan kualitas dan rasa percaya diri secara berkelanjutan.

“Tidak masalah dengan siapa kita akan berkompetisi, sepanjang kita mempersiapkan diri secara  maksimal, kita harus percaya  diri kitab bisa menang,” kata Abdullah Sunusi.

Kasubdit Pengembangan Prestasi dan Talenta Mahasiswa Unhas, Dr Suhasman, menambahkan, yang membanggakan di ajang ini yaitu munculnya debater muda dari para mahasiswa baru Angkatan 2023/2024.

“Meskipun belum berhasil menjadi juara, namun mereka tampil cukup kompetitif,” kata Suharman.

Ajang kompetisi debat ini diikuti puluhan tim dari berbagai angkatan dan fakultas yang ada di Unhas. Penjurian peserta dilakukan oleh dosen PIC Muhammad Akbar Walenna PhD dan Dr Nurjannah. (kia)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama