Rahman Rahim Resmi Jabat Rektor Unismuh Makassar


DILANTIK. Rahman Rahim dilantik sebagai Rektor Unismuh Makassar masa bakti 2016-2020, oleh Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Lincoln Arsyad, di Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh, Jalan Sultan Alauddin 259, Makassar, Rabu, 10 Agustus 2016. 




---
Kamis, 11 Agustus 2016


Rahman Rahim Resmi Jabat Rektor Unismuh Makassar


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Amanah jabatan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, kini resmi diemban oleh Dr Abdul Rahman Rahim SE MM. Pria kelahiran Sengkang, 25 Agustus 1963, akan menjabat selama empat tahun, yakni masa bakti 2016-2020, menggantikan Dr H Irwan Akib MPd.
Rahman Rahim dilantik oleh Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Lincoln Arsyad, di Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh, Jalan Sultan Alauddin 259, Makassar, Rabu, 10 Agustus 2016.
Pelantikan Rektor Unismuh Makassar dihadiri Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum PP Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse, Kasdam VII/Wirabuana Brigjen TNI Supartodi, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Wakil Bupati Soppeng Supriansah, serta seribuan undangan dan civitas akademika Unismuh Makassar.
Rahman Rahim dalam pidato iftitahnya mengatakan, dalam upaya mengakselerasi transformasi Unismuh, maka kepemimpinan menjadi hal yang cukup penting.
“Kami akan mengembangkan pola kepemimpinan yang didasarkan pada colletive leadership (kepemimpinan kolektif, red) dengan melibatkan perbagai pemangku kepentingan untuk turut bersama memikirkan pengembangan Unismuh Makassar,” tuturnya.
Dia menyatakan akan bekerja berdasarkan prinsip yang teguh dan berupaya sebisa-mungkin menyelesaikan setiap persoalan secara cepat, tepat, dan adil.
“Apabila itu terlaksana, maka dalam enam bulan, kami berharap sudah dapat meletakkan embrio bagi keteraturan, efektivitas, dan efisiensi yang didasarkan pada masukan yang selektif, integritas dalam proses dan produk yang berkualitas,” papar Rahman.

Program Strategis

Rahman Rahim menyebutkan lima program strategis yang akan dilaksanakannya selama satu periode kepemimpinannya, yaitu, pertama, meningkatkan kualitas produk Unismuh Makassar yang meliputi lulusan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, serta ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (Ipteks).
Kedua, katanya, meningkatkan kualitas sumber daya dosen, karyawan, serta sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan seluruh produk Unismuh.
Ketiga, peningkatan dan pembinaan kemahasiswaan dan alumni melalui pembinaan bakat, minat, penalaran, wawasan dan prestasi, penyelesaian studi yang tepat waktu, indeks prestasi mahasiswa tertinggi, serta kesejahteraan mahasiswa melalui beasiswa.
Keempat, pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui peningkatan kajian, pemahamanm dan pengamalan ajaran Islam sesuai al-qur’an dan sunnah, serta kelima, meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama antar-institusi, baik dalam negeri maupun luar negeri.
“Semua langkah strategis tersebut, perlu ditopang oleh good governance dan kepemimpinan yang matang dan visioner,” tegas Rahman Rahim. (win)

--------
Biodata Diri dan Keluarga
·         Nama Lengkap: Dr H Abd Rahman Rahim SE MM
·         Tempat/Tanggal Lahir: Sengkang, 25 Agustus 1963
·         Pekerjaan: Dosen Tetap Yayasan Unismuh Makassar
·         Nomor Baku Muhammadiyah (NBM): 651 073
·         NIDN: 09 2508 6302
·         Pangkat/Golongan: Lektor Kepala Golongan IVb
·         Nama Istri: Hj Nurhikmah SE MM
·         Anak: Muhammad Fadel Mizwari, Muhammad Juhdan Tenrisau, dan Sitti Fatima Azzahra
·         Ayah: H Abdul Rahim
·         Ibu: Hj Sitti Firdausi

Riwayat Pendidikan
·         TK Aisyiyah di Wajo (1969)
·         SD Muhammadiyah di Makassar (1976)
·         Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tallo Makassar (1979)
·         Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tallo Makassar (1982)
·         Sarjana Muda Ekonomi di Unismuh Makassar (1985)
·         Sarjana (S1) Ekonomi UMI Makassar (1988)
·         Magister (S2) Manajemen/Pemasaran di IPWI Jakarta (1997)
·         Doktor (S3) Ekonomi Islam di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya (2012)

Pendidikan/Pengalaman di Luar Negeri
·         Japan di Nihon University of Tokyo (2011)
·         Singapura di National University Hospital (NUH) Singapura (2011)
·         China di International Hospital of Macau (2009)
·         Malaysia di International Islamic University Malaysia (IIUM) Kuala Lumpur (2008)

Pengalaman Kerja
·         Dosen Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar (1988)
·         Pembantu Dekan III FE Unismuh Makassar (1988 – 1991, 1991 – 1994)
·         Pembantu Dekan II FE Unismuh Makassar (1994 – 1997)
·         Pembantu Dekan I FE Unismuh Makassar (1997 – 2001, 2001 – 2005)
·         Dekan Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar (2005 – 2006)
·         Wakil Rektor I Unismuh Makassar (2006 – 2016)
·         Rektor Unismuh Makassar (2016-2020)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama