iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Mahasiswa Perlu Dilatih Berpikir Ilmiah dan Menggali Ide


Pedoman Karya 6:21 PM 0


DIKLAT ILMIAH. Sebanyak 150 mahasiswa dari berbagai program studi dan lintas fakultas se-Unismuh Makassar, yang telah mengikuti beberapa tahapan tes awal, mengikuti Indoor Diklat Ilmiah XI, di Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin 259, Makassar, 10-13 Februari 2017. (ist)






---
Sabtu, 11 Februari 2017

Mahasiswa Perlu Dilatih Berpikir Ilmiah dan Menggali Ide


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa perlu dilatih berpikir ilmiah dan kritis, serta menggali ide-ide kreatif guna memantapkan jati diri mahasiswa sebagai cermin masyarakat ilmiah, mengembangkan kemampuan komunikasi ilmiah, menciptakan jiwa peneliti yang kompetitif dan inovatif, mengembangkan wawasan dan meningkatkan kecerdasan meneliti, serta membentuk pribadi mahasiswa yang mandiri dan bertanggung-jawab.
Berangkat dari pemikiran itulah, Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM Pena) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan Indoor Diklat Ilmiah XI, di Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin 259, Makassar, 10-13 Februari 2017.
Diklat yang diikuti 150 mahasiswa dari berbagai program studi dan lintas fakultas, yang telah mengikuti beberapa tahapan tes awal, mengusung tema “Intelegensi Generasi Muda yang Berkarakter dalam Mewujudkan Quality Research.”
Materi-materi yang disajikan pada Diklat yang dibuka secara resmi oleh Plt Wakil Rektor III Unismuh Makassar, Syamsir Rahim, Jumat pagi, 10 Februari 2017, antara lain “Selayang Pandang LKIM-PENA”, “Pengantar Penelitian”, “Kerangka Berpikir Ilmiah dan Kritis”, “Metodologi Kuantitatif”, dan “Metodologi Kualitatif.”
Selain itu, juga ada materi “Teknik Presentasi”, “Menggali Ide dan Kreativitas”, “Multiple Intelligence”, “Manajemen Organisasi”, “Al-Islam dan Kemuhammadiyaan”, serta “Teknik Literasi.”
“Pada hari terakhir pelaksanaan diklat indoor, ada pembagian kelompok untuk melakukan kunjungan ke beberapa perpustakaan yang ada di Kota Makassar,” jelas Ketua Panitia Diklat Ilmiah XI LKIM Pena, Sarmin.
Tentang tema Diklat, Sarmin menjelaskan, tema tersebut berkaitan dengan pembetukan karakter generasi muda agar mampu bersaing, beretika, bermoral, serta menjaga sopan santun dalam dan berinteraksi dengan masyarakat, sehingga mampu mewujudkan penelitian yang berkualitas yang merupakan salah satu poin dari tri dharma perguruan tinggi.

“LKIM Pena Unismuh Makassar ini merupakan lembaga untuk memproses diri menjadi manusia-manusia yang memiliki kapasitas intelektual dan berkarakter, serta menjadi manusia-manusia hebat yang mampu memadu-padankan pena dengan nalar,” tutur Sarmin. (zak)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply