iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Calon Anggota DPD RI Dapil Sulsel, Tiga Perempuan Tantang 19 Laki-laki


Pedoman Karya 10:11 PM 0


TIGA PEREMPUAN menantang 19 laki-laki pada Pemilihan Calon Anggota DPD RI Dapil Sulsel Tahun 2019, termasuk tiga petahana. Ketiga perempuan itu ialah Nina Marlina Nadjamuddin (foto atas paling kiri), Dr St Nusra Azis (foto atas tengah), dan Lily Amelia Salurapa. Tiga petahana Anggota DPD RI, yaitu AM Iqbal Parewangi (foto bawah paling kiri), Ajiep Padindang (tengah), dan Andi Muhammad Ihsan.



-------

PEDOMAN KARYA
Selasa, 25 Desember 2018


Calon Anggota DPD RI Dapil Sulsel, Tiga Perempuan Tantang 19 Laki-laki 

- Tiga Petahana
- Satu Anggota DPR RI
- Satu Ketua DPRD Provinsi
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat telah menetapkan 22 orang Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan.


Ke-22 calon senator tersebut, terdiri atas tiga perempuan dan 19 laki-laki. Dengan demikian, maka tiga perempuan ini akan menantang 19 laki-laki untuk memperebutkan empat kursi Anggota DPD RI Dapil Sulsel.

Ke-3 perempuan tersebut, yaitu Lily Amelia Salurapa (nomor urut 28), Nina Marlina Nadjamuddin (nomor urut 37), dan St Nusra Azis (nomor urut 40). Lily Amelia Salurapa selama ini berdomisili di Jakarta Timur, Nina Marlina Nadjamuddin beralamat di Makassar, sedangkan St Nusra Azis berasal dari Selayar.

Lily Amelia Salurapa yang kelahiran Toraja, 10 April 1958, adalah mantan Kasubag Maeri dan Dokumentasi Bidang Kerjasama Sub Regional Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI

Calon Anggota DPD RI nomor urut 37, Nina Marlina Nadjamuddin yang kelahiran Makassar, 07 April 1964, dan isteri dari Mardju Chair, adalah seorang pensiunan guru.

Sementara Calon Anggota DPD RI nomor urut 40, Dr St NusraAzis, yang kelahiran
Ujung Jampea, Selayar, 18 Februari 1977, adalah mantan Anggota KPU Kabupaten Kepulauan Selayar.

Mampukah ketiga perempuan tangguh ini merebut tiga kursi dan hanya menyisakan satu kursi untuk diperebutkan 19 laki-laki yang mereka tantang? Atau sebaliknya, mampukah ke-19 laki-laki tersebut menenggelamkan tiga perempuan ini dan menyapu bersih empat kursi yang tersedia? Sangat menarik ditunggu dan diikuti prosesnya.

Tiga Petahana

Lalu siapakah yang paling berpeluang lolos menjadi Anggota DPD RI Periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan?

Yang pasti, dari 22 calon senator tersebut, terdapat tiga calon petahana. Ketiga senator tersebut yaitu Dr Ajiep Padindang (nomor urut 22), A M Iqbal Parewangi (nomor urut 23), dan Andi Muhammad Ihsan (nomor urut 24). Ya, secara kebetulan, nomor urut ketiga petahana ini berturut-turut dari nomor urut 22, 23, hingga 24.

Pada Pemilu 2014, Ajiep Padindang berhasil mengumpulkan 304.466 suara dan menempati urutan kedua setelah Abdul Azis Qahar Mudzakkar yang memperoleh 1.032.113 suara. Sementara AM Iqbal Parewangi meraih 233.785 suara dan menempati urutdan keempat di bawah Bahar Ngitung yang mengumpulkan 262.437 suara.

Aziz Qahar Mudzakkar tidak maju sebagai Calon Anggota DPD RI karena mengundurkan diri saat maju sebagai Calon Gubernur Sulsel berpasangan dengan Nurdin Halid, tapi kini maju sebagai Calon Anggota DPR RI melalui Partai Amanat Nasional (PAN) dari Daerah Pemilihan Sulsel 2. Kursi yang ditinggalkan Azis Qahar kemudian diisi oleh Andi Muhammad Ihsan

Bahar Ngitung juga tidak maju lagi sebagai Calon Anggota DPD RI. Pria yang akrab disapa Obama itu lebih memilih maju sebagai Calon Anggota DPR RI melalui Partai Demokrat pada Daerah Pemilihan Sulsel 1.

Apakah Ajiep Padindang, AM Iqbal Parewangi, dan Andi Muhammad Ihsan, akan melenggang mulus untuk duduk kembali sebagai senator periode 2019-2024? Tentu saja tidak mudah. Setidaknya ada tiga kandidat kuat lainnya yang dapat menggagalkan ketiga petahana tersebut. (asnawin)

------
Keterangan:
- Berita ini juga dimuat pada halaman 8, Majalah PEDOMAN KARYA, edisi Desember 2018 


------
Berita Terkait:

Tiga Penantang Kuat Petahana Anggota DPD RI Dapil Sulsel

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply