iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » Tiga Penantang Kuat Petahana Anggota DPD RI Dapil Sulsel


Pedoman Karya 10:25 PM 0


PENANTANG KUAT. Setidaknya ada tiga kandidat kuat yang dapat menggagalkan tiga petahana Anggota DPD RI Dapil Sulsel, yaitu H Moh Roem Muin (paling kiri, nomor urut 31), Muhammad Syaiful Saleh (tengah, nomor urut 33), dan Tamsil Linrung (nomor urut 42). 




-------

PEDOMAN KARYA
Selasa, 25 Desember 2018


Tiga Penantang Kuat Petahana Anggota DPD RI Dapil Sulsel




- Mohammad Roem Muin
- Muhammad Syaiful Saleh
- Tamsil Linrung



Siapakah yang paling berpeluang lolos menjadi Anggota DPD RI Periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan? Dari 22 calon senator yang bersaing memperebutkan empat jatah kursi, terdapat tiga calon petahana, yaitu Dr Ajiep Padindang (nomor urut 22), A M Iqbal Parewangi (nomor urut 23), dan Andi Muhammad Ihsan (nomor urut 24).

Pada Pemilu 2014, Ajiep Padindang berhasil mengumpulkan 304.466 suara dan menempati urutan kedua setelah Abdul Azis Qahar Mudzakkar yang memperoleh 1.032.113 suara. Sementara AM Iqbal Parewangi meraih 233.785 suara dan menempati urutdan keempat di bawah Bahar Ngitung yang mengumpulkan 262.437 suara.

Aziz Qahar Mudzakkar tidak maju sebagai Calon Anggota DPD RI karena mengundurkan diri saat maju sebagai Calon Gubernur Sulsel berpasangan dengan Nurdin Halid. Aziz Qahar kini maju sebagai Calon Anggota DPR RI melalui Partai Amanat Nasional (PAN) dari Daerah Pemilihan Sulsel 2. Kursi yang ditinggalkan Azis Qahar kemudian diisi oleh Andi Muhammad Ihsan

Bahar Ngitung juga tidak maju lagi sebagai Calon Anggota DPD RI. Pria yang akrab disapa Obama itu lebih memilih maju sebagai Calon Anggota DPR RI melalui Partai Demokrat pada Daerah Pemilihan Sulsel 1.

Apakah Ajiep Padindang, AM Iqbal Parewangi, dan Andi Muhammad Ihsan, akan melenggang mulus untuk duduk kembali sebagai senator periode 2019-2024? Tentu saja tidak mudah. Setidaknya ada tiga kandidat kuat lainnya yang dapat menggagalkan ketiga petahana tersebut.

Ketiga penantang kuat tersebut, yaitu H Moh Roem Muin (nomor urut 31), Muhammad Syaiful Saleh (nomor urut 33), dan Tamsil Linrung (nomor urut 42).

Mohammad Roem Muin

Mohammad Roem yang mantan Bupati Sinjai, saat ini menduduki jabatan Ketua DPRD Provinsi Sulsel. Konon, Partai Golkar Sulsel merekomendasikan Roem untuk dipilih sebagai sebagai Calon Anggota DPD RI Dapil Sulsel, karena Roem saat ini masih menjabat Ketua Harian Partai Golkar Sulsel.

Bukan hanya Partai Golkar Sulsel, partai lain juga ada yang mendukung pencalonan Roem. Meskipun tidak resmi dan disampaikan dengan nada canda, tetapi dukungan itu disampaikan langsung oleh Ketua Partai Demokrat Sulsei, Ni’matullah.

Ni’matullah yang kini menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Sulsel, juga tidak menyatakan secara langsung dukungannya, melainkan “hanya memperkenalkannya” pada acara resepsi ulang tahun ke-17 Partai Demokrat, di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Makassar, Senin 10 September 2018.

“Pak Roem ini Calon (Anggota) DPD (RI). Ini bukan kampanye, hanya pemberitahuan saja,” kata Ulla, sapaan akrab Ni’matullah sambil tersenyum pada acara yang juga dihadiri Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, dan Mohammad Roem.

Muhammad Syaiful Saleh

Muhammad Syaiful Saleh juga memiliki kans yang cukup besar untuk duduk sebagai Anggota DPD RI periode 2019-2024, karena didukung penuh oleh keluarga besar Muhammadiyah Sulsel, bahkan Muhammadiyah Sulsel secara organisasi mengeluarkan rekomendasi kepada Muhammad Syaiful Saleh.

Rekomendasi tersebut merupakan penyampaian secara tidak kangsung kepada warga dan simpatisan Muhammadiyah agar mendukung dan memilih Muhammas Syaiful Saleh pada Pemilu 2019.

Berbagai pertemuan telah dilakukan di internal Muhammadiyah, baik pada tingkat wilayah / provinsi, maupun tingkat daerah / kabupaten, termasuk di kalangan organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah yang meliputi Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Hizbul Wathan, Nasyiatul Aisyiyah (Nasyiah), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Konon, beberapa bupati juga sudah menyatakan akan mengarahkan dukungannya kepada Muhammad Syaiful Saleh sebagai Calon Anggota DPD RI periode 2019-2024, nomor urut 33.

Tamsil Linrung

Penantang kuat lainnya yaitu Tamsil Linrung. Anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) konon didukung penuh oleh partainya, dan juga menempati urutan pertama calon Anggota DPD RI paling populer dan paling tinggi elektabilitasnya di antara 22 calon senator Dapil Sulsel.

Survey dilakukan oleh Script Survei Indonesia (SSI) dengan menggunakan 400 responden pada Dapil Sulsel 3, yang meliputi Kabupaten Tana Toraja, Sidrap, Pinrang, Luwu, Luwu Utara, Enrekang, Palopo, serta Toraja Utara.

Dalam survey yang dilakukan pada 3-9 September 2018 itu, popularitas atau pengenalan Tamsil Linrung mencapai 8,29 persen dengan tingkat kesukaan 82,45 persen dengan elektabilitas 4,57 persen.

Tamsil Linrung disebutkan berada di posisi teratas, mengungguli tiga Anggota DPD RI petahana. Urutan kedua ditempati Andi Muhammad Ihsan (4,15 persen), menyusul Moh Roem (2,44 persen), AM Iqbal Parewangi (2,20 persen), serta Lily Amelia (2,20 persen).

Tingkat pengenalan Tamsil Linrung berbanding lurus dengan tingkat elektabilitasnya, sehingga elektabilitas Tamsil juga tertinggi dengan 4,57 persen, menyusul Andi Muhammad Ihsan (3,74 persen), AM Iqbal Parewangi (2,91 persen), Abdul Rahim Mas P Sanjata (2,49 persen), Yunus Razak (2,49 persen), serta Syaiful Saleh (2,29 persen). Sisanya kurang dari 2 persen.

Calon Lain

Bagaimana peluang calon senator lainnya? Segala kemungkinan masih bisa terjadi, karena masih ada waktu beberapa bulan ke depan untuk melakukan sosialisasi dan berbagai manuver.

Calon senator lainnya yaitu Dr H Abdul Rahim Mas P Sanjata Mag (nomor urut 21), Ir Arianto Burhan Makka (nomor urut 25), Asmar ST Msi (nomor urut 26), Herman Hafid Nassa SH (nomor urut 27), M Amil Shadiq SH MH (nomor urut 29).

Selanjutnya, Mappaujung M (nomor urut 30), Drs M Tasmin L MpdI (nomor urut 32), Drs Muhammad Yunus Razak (nomor urut 34), Muhlis Katili SKep Ns (nomor urut 35), H Mustafa Irate (nomor urut 36), Patahillah Asba (nomor urut 38), Dr H SindawaTarang SH MM MH (nomor urut 39), Ir Sulaeman Kamaruddin (nomor urut 41). (asnawin)

-----
Keterangan:
- Berita ini juga dimuat pada halaman 9, Majalah PEDOMAN KARYA, edisi Desember 2018

-----
Berita terkait:

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply