iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Jabat Camat Polsel Takalar, Baharuddin Konsolidasi Lurah dan Kades


Pedoman Karya 4:36 AM 0


Apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang baru saja dilantik menjadi pejabat kosong satu di pemerintahan? Ketika pertanyaan diajukan kepada Camat Polongbangkeng Selatan (Polsel) Kabupaten Takalar, Baharuddin S SSos, ia langsung tersenyum seraya menjawab singkat, “Konsolidasi.”

 



---------

PEDOMAN KARYA
Kamis, 07 Maret 2019


Jabat Camat Polsel Takalar, Baharuddin Konsolidasi Lurah dan Kepala Desa


Apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang baru saja dilantik menjadi pejabat kosong satu di pemerintahan? Ketika pertanyaan diajukan kepada Camat Polongbangkeng Selatan (Polsel) Kabupaten Takalar, Baharuddin S SSos, ia langsung tersenyum seraya menjawab singkat, “Konsolidasi.”

Ya, setelah dilantik menjadi Camat Polsel pada 25 Januari 2019, pria yang akrab disapa Daeng Limpo langsung melakukan konsolidasi dengan para lurah dan kepala desa se-Kecamatan Polongbangkeng Selatan.

Selain untuk saling kenal, konsolidasi itu dimanfaatkan untuk menginventarisir berbagai potensi yang ada di Kecamatan Polongbangkeng Selatan, termasuk memetakan berbagai persoalan yang harus dihadapi dan dicarikan solusinya.

Baharuddin yang putra asli Polongbangkeng Selatan mengatakan, pemerintahan kecamatan adalah pemerintahan yang mengedepankan pelayanan umum.

“Tugas pokok camat yaitu melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati untuk melaksanakan tugas umum,” kata Baharuddin dalam bincang-bincang dengan Pedoman Karya, di Takalar, pada sebuah kesempatan.

Tugas umum dimaksud meliputi mengkordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, menjaga ketertiban umum, kegiatan pengembangan ekonomi, sosial, pembangunan, serta penata-usahaan.

“Tugas fungsi tersebut juga melekat sampai ke tingkat pemerintahan desa dan kelurahan., bahkan harus terimplementasi sampai ke tingkat dusun,” kata suami dari Hajanah Dg Rannu dan ayah dari tiga anak ini.

Pulang Kampung

Pengangkatan dirinya sebagai Camat Polongbangkeng Selatan boleh dikatakan pulang kampung bagi seorang Baharuddin, karena dirinya adalah putra asli Polongbangkeng Selatan.

Ia menamatkan sekolah dasar di SD Mallaka, Kelurahan Pattene, Kecamatan Polongbangkeng Selatan. Setelah itu ia melanjutkan ke SMP 2 Takalar dan kemudian ke SMA 1 Takalar.

Setelah tamat SMA, ia kuliah di Universitas 17 Agustus Makassar, dan setelah terangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister (S2) di STIA LAN Makassar, dengan mengambil program studi Manajemen Sumber Daya Manusia.

Di Pemerintahan Kabupaten Takalar, Baharuddin memulai kariernya sebagai pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1993. Tahun 2001, ia dimutasi ke Badan Kepagawaian Daerah (BKD).

Delapan tahun kemudian, tepatnya pada 2009, anak pasangan H Tahir (almarhum) dan Hj Intang ini dipromosikan sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) Protokol Sekretariat DPRD Takalar. Jabatan tersebut ia emban selama tiga tahun.

Setelah itu ia dikembalikan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayan (2011-2013) dan kemudian digeser lagi ke BKD (2013-2016), sebelum diberi amanah sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) Mappakasunggu.

Sekitar dua tahun lamanya (2016-2018) ia menjabat Sekcam Mappakasunggu dan setelah itu ia mendapat amanah baru sekaligus promosi sebagai Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Takalar.

Di era pemerintahan Bupati Syamsari Kitta dan Wakil Bupati H Achmad Daeng Se’re, ia kembali mendapat amanah baru dan kali ini sebagai Camat Polongbangkeng Selatan.

“Ya, boleh juga disebut pulang kampung karena saya memang putra asli Polongbangkeng Selatan, tapi bukan itu yang penting. Bagi saya, sebagai camat, saya harus sukses melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati di Kecamatan Polongbangkeng Selatan,” tutup Baharuddin. (Hasdar Sikki)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply