iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Dosen Polibos Makassar Raih Dana Hibah Penelitian Energi Baru Terbarukan


Pedoman Karya 1:39 AM 0


DANA HIBAH PENELITIAN. Umar Muhammad (berdiri di depan paling kanan) menerima Dana Hibah Penelitian Dosen Pemula Kemenristek-Dikti dari Direktur Politeknik Bosowa, Djusdil Akrim, di Kampus Polibos Makassar, Kamis, 16 Mei 2019. (ist)





----------

Sabtu, 18 Mei 2019


Dosen Polibos Makassar Raih Dana Hibah Penelitian Energi Baru Terbarukan



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Umar Muhammad, salah seorang dosen muda Politeknik Bosowa (Polibos) Makassar, Program Studi Teknik Listrik, berhasil meraih dana hibah penelitian eneri baru terbarukan tahun 2019 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti).

Dana penelitian tersebut merupakan kelanjutan dari penelitian yang dilakukannya tahun 2018. Dalam penelitiannya tahun 2018, Umar mendapat dana hibah dalam membuat alat untuk mengukur radiasi matahari pada suatu lokasi, yang dimanfaatkan untuk perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Alat tersebut bernama Solar Meter yang dalam bahasa pasaran dikenal dengan nama Pyranometer. Tahun 2019 ini, Umar melanjutkan penelitianya dengan meng-upgrade Solar Meter  dengan menggunakan Wi-Fi.

Menurut Umar, alat Solar Meter sangat penting untuk dikembangkan, sebab PLTS merupakan energi baru terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan.

Solar meter yang kami buat tahun lalu masih menggunakan pengambilan data secara manual, yakni menggunakan memory card, lalu memindahkan datanya ke komputer usai menghitung radiasi. Tahun ini, transmisi datanya menggunakan WiFi,” ungkap dosen yang kini menjabat Ketua Program Studi Teknik Listrik Polibos.

Dia menambahkan, alat tersebut akan dipantau dan dikontrol seberapa besar tingat radiasi matahari yang didapat dengan menggunakan WiFi. Itulah konsep yang akan dibangun.

Alat ini akan lebih cepat bekerja, sehingga memudahkan orang untuk membuat perencanaan dalam pemasangan panel surya dalam suatu lokasi,” jelas Umar.

Umar juga mengatakan, hasil dari penelitian ini nantinya akan digunakan sebagai alat untuk praktikum bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Polibos. Rencananya, ia akan memulai penelitiannya bulan Mei hingga November 2019. Tahap awal  uji coba alat bulan September, dan laporan akhir pada November 2019.

Alhamdulillah, tahun ini bisa mendapat dana hibah lagi, saya berharap penelitian ini bisa memberikan kontribusi untuk pengembangan energi baru terbarukan, kata Umar. (ima)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply