iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » » Petani di Gowa Diajari Membuat Kolam Ikan Nila Sistem Bioflok


Asnawin Aminuddin 3:49 AM 0


Sejumlah petani yang tergabung dalam Mitra Kelompok Tani Juluatia, Desa Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, diajari membuat kolam budidaya ikan sistem bioflok. (ist)








---------

Rabu, 02 Oktober 2019


Petani di Gowa Diajari Membuat Kolam Ikan Nila Sistem Bioflok



GOWA, (PEDOMAN KARYA). Sejumlah petani yang tergabung dalam Mitra Kelompok Tani Juluatia, Desa Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, diajari membuat kolam budidaya ikan sistem bioflok.

Budidaya ikan nila dengan sistem bioflok merupakan metode budidaya yang memanfaatkan mikroorganisme berupa probiotik untuk mengurai bahan organik dari limbah budidaya yang dihasilkan.

Sistem Bioflok ini selain mengefisiensi pakan hingga 20 persen, juga menghemat lahan karena petani bisa membudidayakan ikan nila dalam jumlah yang lebih banyak di lahan yang sempit. Selain itu, keunggulan sistem bioflok bersifat ramah lingkungan dan produktivitasnya tinggi.

“Kami membantu sejumlah petani di Desa Bontomanai membuat kolam ikan nila ramah lingkungan, hemat lahan, lebih murah dan hasil lebih banyak. Kami juga memberi pendampingan budidaya hingga panen selama enam bulan,” ungkap dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dewi Hikmah Marisda SPd MPd, kepada wartawan di Makassar, Rabu, 02 Oktober 2019.

Mitra Kelompok Tani Juluatia, kata Dewi, diketuai oleh Ibu Kasmawati, dengan anggota antara lain Sudirman Daeng Passorong yang juga dibantu dipasangkan kolam di halaman rumahnya.

“Pemasangan kolam hanya satu hari, tapi kami memberikan pendampingan selama enam bulan sampai mereka panen,” ungkap Dewi, seraya menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat dari DRPM Kemenristekdikti Tahun 2019, dan dirinya menjadi ketua tim. (zak)

-------
Baca juga:

Dosen Unismuh Latih Siswa Jurusan Perhotelan dan Pariwisata SMK 6 Makassar

Dosen Unismuh Perkenalkan Alat Pengering Rumput Laut di Bantaeng 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply