Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Kuliah Sambil Kerja, Natalia Mulia Malah Jadi Wisudawan Terbaik


Pedoman Karya 10:38 PM 1


WISUDAWAN TERBAIK. Meskipun kuliah sambil kerja, Natalia Mulia ternyata mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, bahkan dinobatkan sebagai wisudawan terbaik Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar Tahun 2019.






------

PEDOMAN KARYA
Kamis, 05 Desember 2019


Kuliah Sambil Kerja, Natalia Mulia Malah Jadi Wisudawan Terbaik


Kuliah sambil kerja tentu membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra, karena harus mampu membagi waktu antara kuliah dan kerja, apalagi kalau kuliahnya reguler dan bukan kuliah akhir pekan atau biasa juga disebut Kuliah Sabtu-Minggu.

Dan kuliah sambil kerja itulah yang dilakoni Natalia Mulia. Perempuan kelahiran Watu Pajung, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), 24 Desember 1995, kuliah pada Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar.

Sambil kuliah, anak dari Nikolaus Badur (alm) dan Ester Etek, juga kerja pada sebuah rumah makan yang tak jauh dari kampusnya.

“Saya sudah ada komitmen dengan pemilik warung, bahwa kalau saya ada kuliah, saya minta izin, jadi tidak mengganggu perkuliahan saya,” ungkap Natalia, kepada wartawan saat ditemui di Kampus II Unpacti, Jl Serigala, Makassar.

Bukan sekadar menjadi mahasiswa biasa, Natalia bahkan menjadi Ketua Kelas sejak semester dua hingga semester akhir, dan juga terdaftar sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Unpacti Makassar.

“Saya sebenarnya bercita-cita jadi dokter, karena waktu SD sempat jadi dokter kecil, tapi karena kesulitan biaya, saya akhirnya mengambil jurusan (program studi) Kesmas,” ungkap Natalia.

Sejak sekolah di bangku Sekolah Dasar (SD), ia memang selalu rangking. Ia menamatkan sekolah di SD Inpres Wae Luju, kemudian berlanjut di SMP St Paulus Benteng Jawa, dan kemudian di SMA Negeri 1 Lamba Leda.

Bungsu dari tujuh bersaudara ini mengaku sejak kecil rajin membaca dan ternyata ia memang termasuk siswa berprestasi di sekolahnya, mulai SD hingga SMA.

Saat kuliah, ia mendapat tugas Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di Kecamatan Pattallassang Gowa, kemudian Kuliah Kerja Profesi (KKP) di Puskesmas Tarakan, Kabupaten Wajo.

Ketika tiba gilirannya melakukan penelitian untuk penulisan skripsinya, Natalia memilih pulang kampung di Puskesmas  Benteng Jawa, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Untuk skripsinya, ia memilih judul “Perilaku Ibu Terhadap Pencegahan Stunting pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Benteng Jawa, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.”

Setelah mengikuti ujian skripsi dan semua nilainya diakumulasi, Natalia Mulia ternyata memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,94, dan merupakan IPK tertinggi dari 455 alumni Unpacti Makassar yang diwisuda di Balai Manunggal Prajurit TNI Jend. M. Jusuf, Makassar, Sabtu, 30 November 2019.

“Saya tentu bersyukur ditetapkan sebagai wisudawan terbaik,” kata Natalia.

Lalu apa rencananya setelah berhasil menyelesaikan kuliahnya?

“Saya mau pulang kampung, kerja sambil menemani orangtua, karena kebetulan tinggal ibu saya yang masih ada dan beliau sudah tua,” ungkap Natalia.

Bagaimana dengan rencana menikah?

“Oh kalau itu, saya serahkan kepada Yang di Atas,” ujar Natalia sambil tersenyum. (asnawin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

1 comments Kuliah Sambil Kerja, Natalia Mulia Malah Jadi Wisudawan Terbaik