Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » » Penulisan Simbol dan Bilangan Rupiah


Pedoman Karya 6:33 PM 0


Karena Rp bukan singkatan, maka tidak perlu menggunakan titik setelah penulisan simbol tersebut, misalnya Rp.8,8 miliar. Selain tidak menggunakan titik, simbol Rp juga tidak boleh diantarai oleh spasi, misalnya Rp 8,8 miliar, karena dikhawatirkan disisipi angka pada spasi tersebut. Maka penulisan yang benar adalah “Rp8,8 Miliar”, bukan Rp 8,8 Miliar atau Rp.8,8 Miliar.


---------

PEDOMAN KARYA
Kamis, 06 Februari 2020


BAHASA


Penulisan Simbol dan Bilangan Rupiah


Sebenarnya pembahasan mengenai penulisan simbol dan bilangan rupiah dalam judul berita atau dalam kalimat, sudah pernah ditulis di grup Facebook “Bahasa Indonesia Jurnalistik”, dan ketika itu hasilnya cukup efektif, karena cukup banyak yang memberi komentar dan juga cukup banyak media yang mengikutinya.

Namun ternyata kebiasaan lama kembali terulang. Banyak media yang menulis bilangan rupiah dengan memisahkan atau memberi spasi antara simbol Rp dan bilangan angka rupiahnya.

Salah satu contohnya, yaitu berita sebuah koran harian berjudul “Legislator Sulsel Reses 7 Hari Rp 8,8 Miliar”, yang terbit pada Rabu, 5 Februari 2020.

Kita tidak membahas judulnya, tetapi fokus pada penulisan “... Rp 8,8 Miliar”. Sekadar informasi, Rp bukanlah singkatan dari rupiah, melainkan simbol atau lambang mata uang rupiah, sebagaimana simbol $ untuk mata uang dolar, simbol ¥ untuk mata uang yen, dan simbol € untuk mata uang euro.

Karena Rp bukan singkatan, maka tidak perlu menggunakan titik setelah penulisan simbol tersebut, misalnya Rp.8,8 miliar.

Selain tidak menggunakan titik, simbol Rp juga tidak boleh diantarai oleh spasi, misalnya Rp 8,8 miliar, karena dikhawatirkan disisipi angka pada spasi tersebut. Bayangkan kalau misalnya di depan angka 8 disisipi angka 1, maka bilangannya menjadi Rp18,8 miliar.

Maka penulisan yang benar adalah “Rp8,8 Miliar”, bukan Rp 8,8 Miliar atau Rp.8,8 Miliar. Itu yang saya tahu sampai saat ini. 

Sebagai pembaca dan penikmat berita, saya tentu saja selalu merasa terganggu jika ada judul berita yang memberi titik atau spasi setelah penulisan simbol Rp.

Mohon maaf, ini hanya curhat seorang pembaca dan penikmat berita. Jangan marah ya!

Kamis, 06 Februari 2020

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply