iklan

Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Mengisolasi Diri di Rumah Membantu Tenaga Medis Tetap Siaga


Pedoman Karya 2:43 AM 0


Dengan mengisolasi diri di dalam rumah pun, masyarakat dapat membantu para dokter sebagai salah satu organ dari tenaga medis untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pasien dengan positif COVID-19, dan tersedianya tempat perawatan pasien tersebut. Inzet: Dokter Ian Astarina Mas'ud.





------

Jumat, 20 Maret 2020


Mengisolasi Diri di Rumah Membantu Tenaga Medis Tetap Siaga



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Anjuran pemerintah kepada masyarakat untuk mengisolir diri selama 14 hari di rumah, serta meliburkan sekolah dan kampus selama 14 hari, mulai 16 Maret 2020, bukan hanya mencegah atau meminimalisir penyebaran virus copid-19 atau virus corona, melainkan juga membantu tenaga medis agar tetap siap siaga di garda terdepan melayani masyarakat.

“Dan masyarakat pun secara tidak langsung ikut berperan dalam mencegah penularan virus corona,” kata dosen Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, dr Ian Astarina Mas’ud, kepada wartawan di Makassar, Kamis, 19 Maret 2020.

Semakin berkurangnya aktivitas di luar rumah, katanya, menyebabkan penularan virus semakin rendah yang berdampak pada rendahnya penderita positif covid-19.

Dengan mengisolasi diri di dalam rumah pun, katanya, masyarakat dapat membantu para dokter sebagai salah satu organ dari tenaga medis untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pasien dengan positif COVID-19, dan tersedianya tempat perawatan pasien tersebut.

Semakin tinggi tingkat penderita positif copid-19, maka ketersediaan sarana dan prasarana akan tidak mampu mencukupi kebutuhan pasien, dan sebaliknya tenaga medis pun semakin rentan terkena paparan virus corona tersebut,” kata Ian.

Menyinggung manfaat berwudhu minimal lima kali sehari semalam bagi umat Islam, dia mengatakan berwudhu dapat menghilangkan kotoran dan debu pada tubuh seorang muslim, namun ada baiknya sebelum berwudhu tetap mencuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu sehingga menghancurkan mikroba virus corona.

“Saya juga ingin berpesan kepada para muda-mudi yang sering nongkrong, tolong deh, selama 14 hari ini gunakan kesempatan untuk beraktivitas di rumah. Lebih baik mempererat kembali ikatan kekerabatan antara anak dan orang tua dibanding menjadi subjek penyebaran virus,” kata Ian. (mm)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply