Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » Unismuh Makassar Siapkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi, Hafidzh Qur’an, dan Kader IPM


Pedoman Karya 11:20 PM 2


Unismuh Makassar menyiapkan tiga jalur beasiswa bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, yakni Beasiswa Hafidzh Qur’an, Beasiswa Prestasi Akademik, dan Beasiswa Bibit Unggul Persyarikatan. Inzet: Abdul Rakhim Nanda.







-----

Rabu, 26 Agustus 2020


Unismuh Makassar Siapkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi, Hafidzh Qur’an, dan Kader IPM



MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menyiapkan tiga jalur beasiswa bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.

Jalur pertama yaitu Beasiswa Hafidzh Qur’an (BUMM-H) yang dipersiapkan bagi siswa-siswa penghafal Al-Qur’an. Jalur kedua, Beasiswa Prestasi Akademik (BUMM-PA) yang dipersiapkan bagi siswa-siswi yang memiliki peringkat akademik 1-10.

Jalur ketiga, Beasiswa Bibit Unggul Persyrikatan (BUMM-BUP) yang dipersiapkan bagi siswa-siswi yang aktif mengikuti kegiatan organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

“Kami memberikan peluang beasiswa seluas-luasnya kepada calon mahasiswa baru untuk kuliah di Unismuh Makassar tanpa harus membayar selama delapan semester perkuliahan,” ungkap Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr H Abdul Rakhim Nanda, kepada wartawan di Makassar, Rabu, 26 Agustus 2020.

Tentu saja ada ketentuan yang diberlakukan, katanya, yaitu tiap kategori beasiswa hanya dipersiapkan bagi kategori yang telah ditetapkan dan tidak dapat dialihkan ke kategori lain.

“Kuota beasiswa harus diisi sesuai dengan Prodi yang telah ditentukan dan tidak dapat dialihkan ke Prodi lain,” jelas Rakhim.

Beasiswa Prestasi Akademik

Selain ketentuan umum tersebut, juga ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi bagi para calon penerima beasiswa.

Untuk jalur beasiswa prestasi akademik (BUMM-PA), beasiswa SPP dan BPP diberikan sepenuhnya atau 100 persen selama 8 semester bagi siswa berperingkat (Rangking) I Umum, sedangkan siswa berperingkat (Rangking) I, II dan III Kelas atau Ujian Akhir akan memperoleh beasiswa BPP selama 8 semester.

Siswa berperingkat (Rangking) IV sampai VI Kelas atau Ujian Akhir, katanya, akan diberikan beasiswa BPP 50% selama 8 semester, sementara siswa berperingkat (Rangking) VII sampai X Kelas atau Ujian Akhir, akan diberikan beasiswa BPP 25% selama 8 semester.

“Tapi ini berlaku bagi Prodi Non-Kedokteran, dan mahasiswa bersangkutan nantinya harus menanda-tangani surat perjanjian mempertahankan prestasi dengan Indeks Prestasi 3,0, selama studl,” jelas Rakhim.

Beasiswa Hafidzh Qur’an

Khusus beasiswa jalur penghafal atau hafidzh Qur’an, Unismuh Makassar memberikan beasiswa sebesar 100% SPP dan BPP selama 8 semester bagi siswa hafidzh Qur’an 30 juz mutqin (muraja’ah).

Bagi siswa penghafal 30 juz tapi belum mutqin atau hafal 20 juz mutqin, akan diberikan beasiswa sebesar 75% SPP dan BPP selama 8 semester, sedangkan penghafal 15 juz mutqin akan diberikan beasiswa 50% SPP dan BPP selama  8 semester.

“Kalau hafalannya 10 juz mutqin, kita akan berikan beasiswa 30% SPP dan BPP selama 8 semester, sedangkan penghafal 3 juz mutqin akan diberikan beasiswa 10% SPP dan BPP selama 8 semester,” jelas Rakhim.

Beasiswa Bagi Kader IPM

Sebagai amal usaha Muhammadiyah, Unismuh Makassar juga memberikan beasiswa bagi kader dan aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Beasiswa tersebut diberi nama Beasiswa Bibut Unggul Persyaritakan (BUMM-BUP).

“Unismuh Makassar akan memberikan beasiswa SPP dan BPP 100% selama 8 semester bagi mantan dan atau ketua, sekretaris, dan bendahara Pimpinan Daerah, Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah,” papar Rakhim.

Bagi para mantan atau wakil ketua, wakil sekretaris, dan wakil bendahara, katanya, diberikan bessiswa BPP 75% selama 8 semester, sedangkan mantan atau ketua departemen, ketua seksi IPM, akan diberikan beasiswa BPP 50% selama 8 semester. (asnawin)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 comments Unismuh Makassar Siapkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi, Hafidzh Qur’an, dan Kader IPM