Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

Sosok

» » » » » Mahasiswa Unpacti Makassar Ajari Warga Jeneponto Bikin Sabun Cuci Piring dari Tongkol Jagung


Asnawin Aminuddin 12:00 AM 0

SABUN CAIR CUCI PIRING. Foto atas, mahasiswa KKN/P Unpacti Makassar foto bersama Sekretaris Desa Borong Lamu Isal Dg Gassing (keenam dari kiri), foto bawah mahasiswa mengajari warga mengajari puluhan warga membuat sabun cair cuci piring dari tongkol jagung, di Kantor Desa Borong Lamu, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Selasa, 06 April 2021. (ist)






---- 

Rabu, 07 April 2021

 

 

Mahasiswa Unpacti Makassar Ajari Warga Jeneponto Bikin Sabun Cuci Piring dari Tongkol Jagung

 

 

JENEPONTO, (PEDOMAN KARYA). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) / Kuliah Kerja Profesi (KKP) Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar mengajari puluhan warga Desa Borong Lamu, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, membuat sabun cair cuci piring.

Para peserta bukan hanya ibu-ibu, melainkan juga bapak-bapak dan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung Jadi Sabun Cair Cuci Piring, dilangsungkan di Kantor Desa Borong Lamu, Selasa, 06 April 2021.

Ibu-ibu dan bapak-bapak yang mengikuti pelatihan tersebut tampak sangat antusias karena pembuatan sabun cair cuci piring itu dibuat dari limbah tongkol jagung yang biasanya dibuang percuma jadi sampah.

Proses pembuatan sabun cair cuci piring dari tongkol jagung itu juga disaksikan aparat desa dan tokoh masyarakat setempat, serta supervisor mahasiswa KKN/P untuk Desa Borong Lamu, Drs H Syarifuddin KA MSi.

“Kami sangat senang karena dalam tiga tahun terakhir, baru ada mahasiswa KKN yang mempunyai kegiatan yang mengajari masyarakat untuk berwirausaha dan sekaligus memanfaatkan limbah jagung,” ungkap Sekretaris Desa Borong Lamu, Irsal Dg Gassing, yang hadir mewakili Kepala Desa Borong Lamu, Karaeng Ridwan, yang berhalangan hadir.

 

Bakti Sosial dan Olahraga

 

Selama berada di lokasi KKN, mahasiswa Unpacti Makassar melaksanakan bakti sosial setiap hari Jumat di masjid-masjid dan Kantor Desa Borong Lamu, melakukan sosialisasi stunting dan cek kesehatan gratis bagi warga desa, membantu berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti mendampingi siswa dan siswi SMP dan MTs dalam mengerjakaan tugas dan belajar kelompok.

Juga membantu kegiatan di kantor desa seperti mengurus administrasi dan pelayanan lainnya, serta pengadaan tempat sampah berbahan dasar bambu dan balok untuk di kantor desa dan lima unit masjid yang ada di Desa Borong Lamu.

Mereka juga mengadakan kegiatan olahraga, dalam hal ini pertandingan persahabatan bola voli dan sepak takraw yang pelaksanaannya dibantu oleh anak muda karang taruna setempat.

Mahasiswa Unpacti Makassar yang melaksanakan KKN/P di Posko VIII Desa Borong Lamu, yaitu Hermina Ena, Maria Paramita Nimung, Feby A Darmayana (FKIP), Petrus Dala, Yakup Heluka (Fisipol), Firda Sutiana Indra, Eustika Jeni (FKM), Thita Maylani Ahmad, Nenggerek Kiwo, dan Silvana Papoiwo (FMIPA).

 

Laporan: Hermina Ena (Mahasiswa KKN/KKP Unpacti Makassar)

Editor: Asnawin Aminuddin

 

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply