Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » Sejarah Piala Eropa (3): Uni Soviet Rebut Piala Eropa I


Pedoman Karya 10:20 PM 0

JUARA PIALA EROPA I. Uni Soviet berhasil keluar sebagai juara Piala Eropa I tahun 1960, setelah pada babak final berhasil mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu. (int)









------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 02 Juli 2021

 

Sejarah Piala Eropa (3):

 

 

Uni Soviet Rebut Piala Eropa I

 

 

Oleh: Asnawin Aminuddin

(Wartawan Pedoman Karya)

 

Hasil kongres Uni Sepak Bola Eropa atau Union of European Football Associations (UEFA) di Stockholm, Swedia, tahun 1957, memutuskan dilaksanakan kejuaraan sepak bola pria antar-negara se-Eropa.

Kongres UEFA juga memutuskan memberi nama kejuaraan sepakbola se-Eropa dengan nama European Cup of Nations, dan memperebutkan Piala Henri Delaunay, sang penggagas Piala Eropa yang meninggal dunia pada tahun 1955.

Meskipun telah disepakati dalam kongres, namun tiga negara besar anggota UEFA, yakni Jerman Barat, Italia, dan Inggris, menolak bergabung dan ketiga negara tersebut tidak ikut bertanding pada Piala Eropa I. Akhirnya, Piala Eropa I diikuti 17 tim nasional.

Kongres UEFA juga menyepakati bahwa babak penyisihan Piala Eropa I hingga perempat final menggunakan sistem gugur dua leg, sedangkan putaran final (semifinal dan final) dipusatkan di Perancis.

Laga perdana babak penyisihan secara resmi digelar pada 28 September 1958, di Stadion Tsentralni Lenin, antara tuan rumah Uni Soviet melawan Hongaria.

Pada pertandingan tersebut, Uni Soviet berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah berhasil unggul dengan agregat 4-1.

Pada babak perempat final, Uni Soviet bertemu dengan Spanyol, tapi Spanyol memutuskan mengundurkan diri dari turnamen setelah pemimpin Spanyol, Jenderal Fransisco Franco, melarang tim Spanyol bertandang ke Uni Soviet.

Jenderal Fransisco Franco menolak timnas Spanyol bertanding melawan timnas Uni Soviet, karena pemerintah Uni Soviet mendukung Republik Spanyol kedua. Karena pengunduran diri tersebut, maka Uni Soviet melangkah ke semifinal bersama Cekoslowakia, Yugoslavia, dan Perancis.

 

Babak Semifinal

 

Dari empat tim semifinalis tersebut, hanya Perancis yang bukan negara komunis, tetapi suasana putaran final tetap berlangsung baik dan dapat diterima semua pihak, karena dilangsungkan di Perancis yang bukan negara komunis.

Babak semifinal mempertemukan Uni Soviet versus Cekoslowakia, dan Yugoslavia versus Perancis.

Pertandingan semifinal antara Uni Soviet versus Cekoslowakia, di Stadion Veledrome, Marseille, pada 06 Juli 1960, dipimpin wasit Cesare Jonni dari Italia.

Pertandingan ini dimenangkan Uni Soviet dengan skor 3-0. Tiga gol timnas Uni Soviet masing-masing dicetak oleh Valentin Ivanov (dua gol, yakni menit ke-34, dan menit ke-56) dan Victor Ponedelnik (menit ke-66).

Pertandingan semifinal lainnya antara Yugoslavia versus tuan rumah Perancis, di Parc des Princes, juga pada tanggal 06 Juli 1960, dipimpin wasit Gaston Grandain dari Belgia.

Pada pertandingan ini, tuan rumah Perancis sempat unggul dengan skor 4-2 hingga menit ke-62, namun Yugoslavia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4, bahkan kemudian berbalik unggul 5-4.

Empat gol Perancis dicetak oleh Vincent (menit ke-12), Heutle (menit ke-43, dan menit ke-62), Wisnieski (menit ke-53), sedangkan lima gol Yugoslavia dicetak oleh Galic (menit ke-11), Zanetic (menit ke-55), Knez (menit ke-75), Jerkovic (menit ke-78, dan menit ke-79).

 

Perebutan Juara III

 

Sebelum dilangsungkan babak final, terlebih dahulu dilangsungkan pertandingan perebutan juara ketiga antara Perancis versus Cekoslowakia. Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Cesare Jonni (Italia), Cekoslowakia berhasil mengalahkan tuan rumah Perancis dengan 2-0.

Dua gol Cekoslowakia masing-masing dicetak oleh Bubnik (menit ke-58) dan Pavlovic (menit ke-88).

 

Babak Final

 

Babak final mempertemukan Yugoslavia versus Uni Soviet, dan pertandingan dipimpin wasit Arthur Edward Ellis dari Inggris.

Pada menit-menit awal, Yugoslavia bermain lebih baik dan berhasil menciptakan beberapa peluang gol, tetapi kiper Uni Soviet, Lev Yashin, bermain sangat bagus dan berhasil melakukan beberapa tindakan penyelamatan gemilang.

Namun Yugoslavia akhirnya berhasil mencetak gol pada akhir babak pertama, dan unggul 1-0 atas Uni Soviet, berkat gol yang dicetak oleh Milan Galic pada menit ke-43.

Pada babak kedua, Uni Soviet mengambil inisiatif penyerangan dan berhasil mencetak gol pada menit ke-49. Gol balasan Uni Soviet dicetak oleh Slava Metreveli. Skor 1-1 bertahan hingga berakhirnya pertandingan 2 x 45 menit.

Pertandingan kemudian dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Pertandingan berlangsung cukup seru dan hingga berakhirnya 15 menit pertama, belum satu pun tambahan gol tercipta.

Pada perpanjangan waktu 15 menit kedua, penyerang Uni Soviet, Viktor Ponedelnik berhasil merangsek maju ke kotak penalti Yugoslavia, dan mencetak gol lewat sundulan pada menit ke-113 atau saat laga menyisakan tujuh menit perpanjangan waktu.

Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Uni Soviet, dan skor itu bertahan hingga berakhirnya pertandingan. Uni Soviet pun menyabet Piala Eropa I, dan sekaligus yang terakhir kalinya sebagai negara Uni Soviet, karena negara Uni Soviet kemudian bubar dan terpecah menjadi beberapa negara.

 

UEFA Team of The Tournament

 

Sebagai penghargaan kepada pemain, UEFA memilih 11 pemain terbaik dari empat tim yang bertarung di babak semifinal, mulai dari kiper, pemain bertahan, gelandang, hingga penyerang.

Ke-11 pemain tersebut adalah kipper: Lev Yashin (Uni Soviet), pemain bertahan: Vladimir Durkovic (Yugoslavia), dan Ladislav Novak (Cekoslowakia), gelandang: Igor Netto (Uni Soviet), Josef Masopust (Cekoslowakia), Valentin Ivanov (Uni Soviet), serta penyerang: Slava Metreveli (Uni Soviet), Milan Galic (Yugoslavia), Viktor Ponedelnik (Uni Soviet), Dragoslav Sekularac (Yugoslavia), dan Bora Kostic (Yugoslavia). (bersambung)

 

----

Sumber referensi:

 

Piala Negara Eropa UEFA 1960

---- https://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Negara_Eropa_UEFA_1960

---- Dikutip pada Rabu malam, 30 Juni 2021

Sejarah Piala Eropa 1960: Berawal dari Mimpi Henri Delaunay

---- https://www.bola.com/dunia/read/2402888/sejarah-piala-eropa-1960-berawal-dari-mimpi-henri-delaunay

---- Dikutip pada Rabu malam, 30 Juni 2021


----

Artikel sebelumnya:

Sejarah Piala Eropa (2): Henri Delaunay Sang Penggagas Piala Eropa 

Sejarah Piala Eropa (1): Berdirinya UEFA dan Kejuaraan yang Diselenggarakan



«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply