Istri Abu Lahab Pertontonkan Perhiasannya kepada Abu Bakar

“Inilah tali sabut yang dimaksud temanmu itu?” ejek Ummu Jamil sambil tersenyum, “Tidakkah ini merupakan tali sabut paling indah di dunia?”

Ummu Jamil kemudian berlenggak-lenggok genit sambil mempermainkan kalungnya. Ia tertawa dengan congkak. Abu Bakar tidak membalas, beliau cuma memejamkan mata.




-------- 

PEDOMAN KARYA

Senin, 01 November 2021

 

Kisah Nabi Muhammad SAW (30):

 

 

Istri Abu Lahab Pertontonkan Perhiasannya kepada Abu Bakar

 

 

Penulis: Abdul Hasan Ali Al-Hasani An-Nadwi

 

Seruan dari Bukit Shafa

 

Rasulullah ﷺ menaiki Bukit Shafa. Kemudian dengan suara lantang, beliau memanggil-manggil, “Wahai orang-orang Quraisy! Wahai orang-orang Quraisy!”

Penduduk Mekah yang sibuk dengan urusannya terkejut dan menoleh.

“Muhammad berseru dari atas Shafa!” seru mereka.

Seketika, orang-orang datang berduyun sambil bertanya-tanya khawatir, “Ada apa?”

Rasulullah SAW memandang kerumunan orang di bawah yang menatapnya dengan wajah penuh tanda tanya.

“Bagaimana pendapat kalian kalau kuberi tahu bahwa di balik bukit ini ada pasukan berkuda yang siap menyerbu. Percayakah kamu kepadaku?” tanya Rasulullah ﷺ.

“Kami percaya!” jawab orang-orang yang di berkerumun itu.

Mereka melanjutkan, “Kami tidak akan meragukan kata-katamu. Tidak pernah kami mendengar engkau berdusta.”

Rasulullah ﷺ menarik napas dan menyampaikan seruannya, “Aku mengingatkan kalian sebelum datang siksa yang amat berat! Wahai orang-orang Quraisy, Allah memerintahkan aku untuk memberi peringatan kepada kalian bahwa yang terbaik bagi kehidupan dunia dan akhirat adalah mengucapkan kalimat 'Laa ilaaha illallaah Muhammadurrasulullah.”

Sejenak orang-orang tampak terpesona. Namun, Abu Lahab yang juga hadir di situ, dengan cepat naik darah. Ia berseru keras-keras mencaci Rasulullah ﷺ, “Celaka engkau, Muhammad! Binasa dan celakalah seluruh hari-harimu! Hanya untuk omong kosong itukah kamu mengumpulkan kami?”

Rasulullah ﷺ tidak berkata apa-apa dihina sekeras itu. Beliau hanya menatap tajam wajah Abu Lahab. Setelah teriakan Abu Lahab itu, orang-orang Quraisy seperti disadarkan dari rasa terpesonanya. Mereka bubar dengan bermacam tingkah. Ada yang mengerutkan kening, ada yang berbisik-bisik, ada yang melirik Rasulullah SAW sambil tersenyum mencibir.

Hinaan Abu Lahab itu tidak dibiarkan Allah.Turunlah firman yang mengutuk perbuatan itu. Turunnya Surat Al-Lahab

Allah berfirman: mengutuk Abu Lahab

 

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ

 

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. (Surah Al-Lahab, 111:1)

 

مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ

 

Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. (Surah Al-Lahab, 111:2)

 

سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

 

Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. (Surah Al-Lahab, 111:3)

 

وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ

 

Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. (Surah Al-Lahab, 111:4)

 

فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ

 

Yang di lehernya ada tali dari sabut. (Surah Al-Lahab, 111:5)

 

Wahai Abu Lahab, sekarang apa yang akan engkau katakan? Dengarlah, keponakanmu Muhammad tidak akan pernah lagi bungkam terhadap orang yang menentangnya. Keponakanmu Muhammad tidak akan pernah lagi menerima caci maki dan hinaan dari siapa pun sekali pun dari pamannya sendiri.

Jika caci maki itu ditujukan pada ajaran Allah yang dibawanya, keponakanmu Muhammad bahkan siap terjun ke medan laga untuk menghadapi orang-orang yang sombong dan congkak seperti dirimu.

Wahai Abu Lahab dengarkanlah! Dengarkanlah firman Allah yang baru turun itu! Bukankah firman itu seperti gelegar petir yang menyambar dirimu?

Dirimulah yang binasa, Abu Lahab! Seluruh hari-harimulah yang binasa! Binasalah kedua tanganmu dan sungguh engkau akan benar-benar binasa!

 

Abu Lahab

 

Nama asli Abu Lahab adalah Abdul Uzza. Abu Lahab artinya si “Umpan Api”. Bisa dibayangkan betapa sakitnya hati Rasulullah ﷺ dihina Abu Lahab. Abu Lahab adalah paman Rasulullah ﷺ.

Lebih dari itu Rasulullah SAW menikahkan kedua putrinya, Ruqayyah dan Ummu Kultsum dengan ke dua putra Abu Lahab, Utbah dan Utaibah.

 

Ummu Jamil

 

Selain Abu Lahab, ada seorang lagi yang amat murka dengan turunnya Surat Al Lahab. Dia adalah Ummu Jamil, istri Abu Lahab. Begitu mendengar bunyi Surat Al Lahab yang  disampaikan orang kepadanya, hati Ummu Jamil menggelegak marah.

Ia keluar rumah dan berjalan ke sana kemari mencari sasaran pelampaisan kemarahan. Tidak lama kemudian, ia bertemu dengan Abu Bakar. Amarahnya naik ke ubun ubun.

“Apa maksud temanmu melantunkan syair tentang diriku?” bentak Ummu Jamil kepada Abu Bakar.

Abu Bakar mengerti bahwa yang dimaksud Ummu Jamil adalah Rasulullah. Sebenarnya, saat itu Rasulullah ada di sisi Abu Bakar, tetapi Allah menutupi beliau dari pandangan Ummu Jamil.

“Demi Allah, temanku itu tidak pandai bersyair!” sanggah Abu Bakar.

“Bukankah temanmu itu mengatakan bahwa di leherku ada tali dari sabut yang dipintal?” tanya Ummu Jamil.

Ummu Jamil meraba-raba lehernya. Di leher itu, ada untaian kalung yang amat indah. Ia mempertontonkan perhiasannya itu kepada Abu Bakar sampai Abu Bakar merasa jengah dan memalingkan wajahnya.

“Inilah tali sabut yang dimaksud temanmu itu?” ejek Ummu Jamil sambil tersenyum, “Tidakkah ini merupakan tali sabut paling indah di dunia?”

Ummu Jamil kemudian berlenggak-lenggok genit sambil mempermainkan kalungnya. Ia tertawa dengan congkak. Abu Bakar tidak membalas, beliau cuma memejamkan mata.

Melihat Abu Bakar yang tetap tenang, Ummu Jamil melengos pergi sambil mengomel, “Semua orang Quraisy tahu bahwa aku adalah putri kebanggaan mereka!”

Ummu Jamil adalah wanita yang sangat cantik. Ummu Jamil berarti “Ibu Kecantikan”. Namun, seperti suaminya, Ummu Jamil sangat membenci Rasulullah dan kaum Muslimin. Begitu bencinya sampai ia menyuruh budak-budaknya melemparkan kotoran dan batu kepada Rasulullah setiap kali beliau lewat. (bersambung)


-----

Kisah sebelumnya:

Rasulullah Undang Makan dan Ajak Keluarganya Masuk Islam

Abu Bakar dan Utsman bin Affan Masuk Islam

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama