Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Puluhan Dosen se-Jawa dan Sulawesi Ikut Workshop Keterampilan Olah Data Penelitian


Pedoman Karya 7:21 PM 0

WORKSHOP OLAH DATA. Puluhan dosen berbagai perguruan tinggi di Jawa dan Sulawesi mengikuti Workshop Series Menggunakan Software Statistik dan Atlas.ti, yang digelar secara daring, 02-16 Oktober 2022. Workshop diadakan oleh Lasharan Training Center dan pemateri tunggal dalam workshop tersebut yaitu dosen STIM Lasharan Jaya Makassar, Muhammad Amsal Sahban PhD. (Foto tangkapan layar)

 


----

Senin, 17 Oktober 2022

 

 

Puluhan Dosen se-Jawa dan Sulawesi Ikut Workshop Keterampilan Olah Data Penelitian

 

 

Diadakan Lasharan Training Center Makassar

Dibimbing Muhammad Amsal Sahban PhD

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Puluhan dosen berbagai perguruan tinggi di Jawa dan Sulawesi mengikuti Workshop Series Menggunakan Software Statistik dan Atlas.ti, yang digelar secara daring, 02-16 Oktober 2022.

Workshop diadakan oleh Lasharan Training Center dan pemateri tunggal dalam workshop tersebut yaitu dosen STIM Lasharan Jaya Makassar, Muhammad Amsal Sahban PhD.

Peserta workshop antara lain dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Telkom Bandung, Universitas Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Gorontalo, dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor.

Para dosen, Muhammad Amsal Sahban, kini dipaksa bekerja keras untuk mengasah keterampilan mereka dalam mengolah data penelitian dan termotivasi untuk menguasai teknik dalam penulisan karya tulis ilmiah, karena para dosen dituntut mengikuti perkembangan dalam melakukan penelitian.

“Para dosen dituntut mengikuti perkembangan dalam melakukan penelitian, apalagi dengan semakin kuatnya desakan dari Ristek Dikti dalam mengisi beban kerja dosen setiap semesternya,” kata Amsal kepada wartawan di Makassar, Senin, 17 Oktober 2022.

Fenomena itulah yang membuat Amsal Sahban berinisiatif mengadakan workshop berseri secara daring untuk para dosen, yang dibagi menjadi lima (5) modul pelatihan, dimulai 02 Oktober dan berakhir pada 16 Oktober 2022. 

“Kelima modul pelatihan tersebut yaitu olah data penelitian menggunakan SPSS, SEM-AMOS, SEM-PLS, dan penyusunan literatur menggunakan software ATLAS.ti, serta pelatihan teknik penulisan karya tulis ilmiah di bidang manajemen,” rinci Amsal.

Menurut Amsal, pelatihan ini sangat berguna untuk para dosen yang ingin mengasah keterampilannya dalam mengolah data penelitian.

“Sebuah temuan penelitian akan menjadi lebih berkualitas dan akurat apabila datanya dianalisa dengan baik dengan menggunakan software yang tepat,” kata Amsal

Setiap modul pelatihan, katanya, memiliki banyak keistimewaan dan banyak hal baru yang didapatkan oleh para peserta pelatihan, di antaranya membangun dan menyusun data di software SPSS, AMOS dan PLS, dilanjutkan dengan menganalisa datanya. 

Selain itu pelatihan ini juga membahas tentang teknik membaca jurnal untuk menemukan gap dalam penelitian, serta memetakan peluang penelitian menggunakan software vosviewer. 

Amsal mengatakan bahwa para dosen akan banyak terbantu dalam melakukan penelitian bila menggukanan software ini. 

“Semua software yang diberikan ini tentunya akan mempermudah para dosen dalam melakukan penelitian. Selain itu, proses penelitian akan menjadi lebih efektif, efisien dan menyenangkan dengan bantuan software  tersebut,” kata Amsal. (asnawin)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply