Siswa SMA 2 Makassar Studi Lapang di Maros


STUDI LAPANG TERPADU. Sejumlah guru dan siswa SMA Negeri 2 Makassar foto bersama sambil membentangkan spanduk di halaman sekolah mereka, Jl Baji Gau Makassar, Jumat, 2 Oktober 2015. Para siswa tersebut akan melaksanakan Studi Lapang Terpadu di Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, 2-4 Oktober 2015. (Foto: Asnawin)


---------


Siswa SMA 2 Makassar Studi Lapang di Maros


Makassar (Pedoman Karya), 2 Oktober 2015.
Sekitar 350 siswa kelas XII SMA Negeri 2 Makassar melakukan Studi Lapang Terpadu, di Kecamatan Maros, selama tiga hari, yakni dimulai pada Jumat, 2 Oktober 2015, dan berakhir pada Ahad, 4 Oktober 2015.

Pembina Kesiswaan SMA Negeri 2 Makassar, Drs Muhammad Rusdi Gani MPd, kepada wartawan menjelaskan, Studi Lapang Terpadu tersebut merupakan program belajar di lapangan yang dikemas dalam bentuk wisata alam.

“Semua mata pelajaran akan dipadukan dalam studi lapang ini. Jadi, ada olahraganya, ada pendidikan agamanya, ada pelajaran fisikanya, dan juga siswa secara tidak langsung akan belajar tentang kehidupan nyata di pedesaan,” tuturnya.

Setelah kembali dari Studi Lapang Terpadu tersebut,  lanjutnya, para siswa diwajibkan membuat karya tulis ilmiah, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh selama tiga hari di Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros.

“Jadi, mereka tidak sekadar melakukan studi lapang, tetapi diwajibkan juga menulis karya ilmiah dan ini merupakan bagian dari tugas yang harus diselesaikan sebelum tamat sekolah,” jelas Rusdi.

Kegiatan serupa, katanya, tahun 2014 dilaksanakan di Kabupaten Jeneponto, sedangkan dua tahun sebelumnya dilaksanakan di daerah pegunungan Loka, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng.

Ahmad Ali, salah seorang siswa, mengatakan, Studi Lapang Terpadu yang mereka ikuti tentu akan menjadi pengalaman yang sulit dilupakan bagi para siswa SMA Negeri 2 Makassar.

"Kegiatan ini pasti akan sangat berkesan dan merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan," kata Amet-sapaan akrab alumni SMP Negeri 1 Bulukumba tersebut. (win)

1 Komentar

  1. Selamat berekreasi sambil belajar, semoga kalian semua jadi anak yang cerdas dan sukses menapak masa depan...

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama