Prof Andi Niartiningsih (1): Mengendalikan Ratusan PTS se-Sulawesi


KOORDINATOR KOPERTIS IX. Berkat prestasinya yang mengkilap, serta sikap dan kepemimpinannya, dirinya kemudian terpilih sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas (2009-2013). Menjelang akhir masa jabatannya sebagai dekan, dirinya kemudian dipilih dan diangkat oleh Mendikbud RI menjadi Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi periode 2013-2017. (ist)








-------
PEDOMAN KARYA
Selasa, 31 Mei 2016


Prof Andi Niartiningsih (1): Mengendalikan Ratusan PTS se-Sulawesi


Sejak sekolah hingga kuliah, dirinya sudah langganan teladan dan terbaik. Setelah menjadi dosen, prestasi demi prestasi pun terus diraih. Karya-karyanya juga terus tercipta dan mengalir.
Dirinya juga sudah mencapai pangkat tertinggi sebagai dosen, yakni Guru Besar dalam bidang Pembenihan dan Penangkaran Biota Laut, pada Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Ia tercatat sebagai Guru Besar ke-297 Unhas, setelah menyampaikan orasi berjudul “Strategi Konservasi dan Rehabilitasi Biota Langka untuk Mempertahankan Keanekaragaman Hayati Laut dan Meningkatkan Pendapatan Pesisir dan Kepulauan (Studi Kasus: Kima (Tridacnidae) dan Kuda Laut (Singnathidae)”, di Unhas, pada 1 Desember 2011.
Berkat prestasinya yang mengkilap, serta sikap dan kepemimpinannya, dirinya kemudian terpilih sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas (2009-2013).
Menjelang akhir masa jabatannya sebagai dekan, dirinya kemudian dipilih dan diangkat oleh Mendikbud RI menjadi Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi periode 2013-2017.
Itulah sosok dan sebagian perjalanan hidup Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP, yang pada 12 Juli 2013, resmi menjabat Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi.
Meskipun memiliki prestasi yang cukup mengkilap dan kini menduduki jabatan Koordinator Kopertis selaku perpanjangan tangan Dirjen Dikti untuk mengawasi, mengendalikan, dan membina lebih dari 350 perguruan tinggi swasta (PTS) di Sulawesi, Andi Niar–sapaan akrabnyatetap tampil sederhana dan terkesan biasa-biasa saja.
“Penunjukan saya (sebagai Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, red), bukan berarti saya yang terbaik. Saya yakin ada yang terbaik, tetapi insya Allah, saya akan melaksanakan tugas dan wewenang sesuai kapasitas, kapabilitas, dan pengalaman yang saya miliki,” katanya.
Andi Niar merasa dirinya seperti berpindah dari aquarium kecil ke lautan luas Pulau Sulawesi.
“Kalau kemarin sebagai dekan saya seperti berada pada sebuah aquarium kecil, maka sekarang sebagai Koordinator Kopertis IX, saya seperti berpindah ke lautan luas Pulau Sulawesi,” ujar wanita kelahiran Sinjai, 1 Desember 1961, sambil tersenyum.
Sebagai pejabat, ibu tiga anak dan isteri dari Prof Dr Sjamsuddin Garantjang MAgr Sc (Guru Besar Fakultas Peternakan Unhas), mengaku lebih mengutamakan pelayanan dan selalu berupaya mengurangi birokrasi.
Menurut dia, inti dari birokrasi adalah pelayan, karena birokrat sesungguhnya adalah pelayan.
“Sudah bukan saatnya lagi kita memperlambat sesuatu yang seharusnya dipercepat. Sudah bukan saatnya lagi kita mempersulit sesuatu yang seharusnya dipermudah. Kurangi birokrasi dan feodalisme,” tandasnya.

Akreditasi Prodi dan PTS

Setiap pemimpin diharapkan memiliki visi dan misi yang jelas. Harapan yang sama juga ditumpukan kepada Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP, sebagai Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi periode 2013-2017.
Dalam beberapa kesempatan, Andi Niar–sapaan akrab Prof Andi Niartiningsih–mengatakan, sebagai Koordinator Kopertis, dirinya akan membantu proses penyelesaian program studi (jurusan) yang belum terakreditasi (masih ada 34 % dari 1158 Prodi yang belum terakreditasi) dan yang sudah kadaluarsa (sekitar 8%) pada lebih dari 350 PTS se-Sulawesi.
Ia bertekad meningkatkan jumlah prodi yang terakreditasi melalui pemberdayaan assesor BAN-PT yang berasal dari PTS untuk melakukan pelatihan, pendampingan, dan simulasi per wilayah.
“Kami akan melakukan pembinaan terhadap prodi yang bermasalah dan mendorong kemitraan prodi yang sehat untuk diberi reward,” kata anggota assessor nasional BAN–PT sejak 2009.
Guna mempercepat proses akreditasi tersebut, Andi Niar beserta seluruh jajaran yang ada di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi akan melakukan sosialisasi dan persiapan penerapan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT), khususnya bagi prodi-prodi  ilmu kesehatan, yakni kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, kebidanan, dan farmasi.

Kelas Jauh

Tentang praktek kelas jauh, ia mengatakan, penanganan dan penertiban praktek kelas merupakan tantangan tersendiri baginya.
”Praktek kelas jauh ini jadi tantangan tersendiri, karena bagaimana pun juga ini tidak dibenarkan. Solusinya mungkin bisa dilakukan kerjasama antara PTS dengan pemerintah daerah, sehingga bisa dilaksanakan pembelajaran jarak jauh,” ujar Andi Niar.

Penambahan Dosen DPK

Dalam hal pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dosen dan pegawai, dirinya juga akan mengupayakannya, termasuk mengupayakan kuota penerimaan dosen DPK, terutama untuk prodi yang langka dan diperlukan untuk mendukung percepatan pembangunan di kawasan timur Indonesia.
“Kami juga akan berupaya memperluas sumber-sumber beasiswa melalui kerjasama dengan BUMN, dan meningkatkan kerjasama nasional dan internasional, baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran, maupun dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” tuturnya.

Bank Proposal

Yang tak kalah pentingnya, lanjut Ketua Program Mitra Bahari Regional Sulawesi Selatan, yaitu peningkatan kualitas bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, dengan menggalakkan bank proposal di setiap prodi atau berbasis bidang ilmu, meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatihan penyusunan proposal, pelatihan penulisan jurnal, serta pelatihan paten, HAKI, dan sebagainya.

Kualitas Pelayanan

Khusus di internal kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi, ia bertekad mengupayakan peningkatan kualitas layanan dan penciptaan atmosfir kerja yang lebih kondusif  dan nyaman, termasuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan Unit Penjaminan Mutu, Unit Pengembangan SDM, Unit Penelitian, Unit Pembinaan Kemahasiswaan, serta unit-unit lainnya.


“Inti dari program kerja dan visi-misi saya selaku Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, yaitu perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi,” kata Andi Niar. (Asnawin Aminuddin/Pedoman Karya)

------
Biodata:
Nama:    Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP
Jabatan: Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi
Kelahiran: Sinjai, 1 Desember 1961
Unit Kerja: Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar
Suami: Prof Dr Ir H Sjamsuddin Garantjang MAgr Sc
Anak: tiga orang
Pendidikan Formal:
1. SD Negeri Sinjai (1972)
2. SLTP Negeri 1 Sinjai (1975)
3. SMA Negeri 159 Sungguminasa, Gowa (1979)
4. Sarjana (S1) Jurusan Perikanan, Universitas Hasanuddin (1984)
5. Magister (S2) Prodi Sistem-Sistem Pertanian, Kajian Perikanan, Universitas Hasanuddin (1996)

6. Doktor (S3) Prodi Sistem-Sistem Pertanian, Universitas Hasanuddin (2001)







Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama