Keharusan Bagi Guru Terus Mengembangkan Diri


"Terkait dengan pesatnya kemajuan teknologi, maka guru juga tentu diharapkan mampu melakukan update terhadap perkembangan tersebut. Pembelajaran abad 21 yang menuntut keterampilan berpikir kreatif dalam melakukan pembelajaran dan pengajaran, tentu akan menjadi keharusan bagi guru untuk terus mengembangkan dirinya."

- Erwin Akib -
(Dekan FKIP Unismuh Makassar)







------
PEDOMAN KARYA
Ahad, 25 November 2018


Keharusan Bagi Guru Terus Mengembangkan Diri



Oleh: Erwin Akib

Hari Guru diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2018, mengangkat tema “Meningkatkan Profesionalitas Guru Menghadapi Abad 21”. Tema ini tentunya sangat menarik, karena akan menjadi sesuatu yang memiliki nilai sangat positif bagi guru di seluruh Tanah Air.

Hal ini tentunya tidak terlepas bahwa eksistensi guru masih sangat berarti, Walaupun kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi makin berkembang, namun di satu sisi, guru adalah profesi yang tidak akan mungkin hilang dari permukaan.

Kalau kita kembali kepada sejarah bagaimana Hirosimah dan Nagasaki diratakan oleh bom sekutu Amerika, namun Kaisar Jepang saat itu hanya mencari satu sosok, yaitu dengan mengajukan pertanyaan, masih adakah guru yang hidup.

Oleh karena itu, kehadiran seorang guru tidak bisa dipungkiri. Aku ada dan berarti, karena adanya sosok guru yang telah menanamkan nilai dan menanamkan pengetahuan.

Terkait dengan pesatnya kemajuan teknologi, maka guru juga tentu diharapkan mampu melakukan update terhadap perkembangan tersebut. Pembelajaran abad 21 yang menuntut keterampilan berpikir kreatif dalam melakukan pembelajaran dan pengajaran, tentu akan menjadi keharusan bagi guru untuk terus mengembangkan dirinya.

Harapan kami bahwa profesi guru akan terus menjadi primadona di negeri ini. Selamat Hari Guru. Baktimu untuk negeri akan selalu menjadi catatan yang tak akan pernah hilang. (Erwin Akib SPd MPd PhD, adalah Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/FKIP, Universitas Muhammadiyah, Makassar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama