Unismuh Makassar Publikasikan 120 Jurnal Ilmiah






KLINIK PENELITIAN. Ketua LP3M Unismuh Makassar, Dr H Abubakar Idhan, memberikan sambutan pada Workshop dan Klinik Penyusunan Output Penelitian untuk Peningkatan Kualifikasi Dosen, di Hotel Arthama, Jl Haji Bau, Makassar, Rabu, 14 November 2018. (Foto: Asnawin Aminuddin / PEDOMAN KARYA) 




------


Ahad, 18 November 2018


Unismuh Makassar Publikasikan 120 Jurnal Ilmiah


Sebanyak 80 Dosen se-Sulsel Ikut Klinik Penelitian


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Minat meneliti dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk jurnal ilmiah di kalangan dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus-menerus meningkat dari tahun ke tahun.

“Tahun (2018) ini, kami bisa menerbitkan sekitar 120 jurnal ilmiah,” kata Ketua Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar, Dr H Abubakar Idhan, kepada wartawan di Makassar, Sabtu, 17 November 2018.

Khusus proposal baru Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) untuk pendanaan tahun 2019, katanya, sudah ada 75 proposal PKM dari para dosen Unismuh Makassar yang terkirim, tetapi jumlah tersebut masih bisa bertambah.

“Saya sudah sampaikan kepada teman-teman dosen bahwa kemungkinan ada tambahan proposal baru yang bisa diajukan. Saat ini sudah ada 75 proposal PKM yang terkirim,” sebut Abubakar.

Guna meningkatkan mutu artikel ilmiah para dosen, lanjutnya, sebanyak 15 dosen Unismuh Makassar mengikuti Workshop dan Klinik Penyusunan Output Penelitian untuk Peningkatan Kualifikasi Dosen, di Hotel Arthama, Jl Haji Bau, Makassar, Rabu dan Kamis, 14 dan 15 November 2018.

“Total peserta sebanyak 80 orang dari sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Sulsel, dan Unismuh Makassar mendapat jatah 15 dosen,” kata Abubakar

Ke-10 perguruan tinggi yang mengirimkan dosennya tersebut, yaitu Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, STIKS Tamalanrea Makassar, Universitas Muslim Maros, Universitas Bosowa (Unibos), Universtas Fajar (Unifa), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

Workshop yang dibuka oleh Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek-dikti, Prof Ocky Karna Radjasa, menampilkan empat pembicara, yaitu Iman Rusmana (Institut Pertanian Bogor), Faizah Sari (Universitas Surya), Mudasir (Universitas Gadjah Mada), dan Berry Juliandi (Institut Pertanian Bogor).

“Workshop diselenggarakan oleh DRPM Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek-dikti dan Unismuh Makassar dijadikan mitra sebagai panitia lokal,” ungkap Abubakar. (zak)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama