Murid SD Balangpunia Gowa Antusias Ikuti Literasi Sekolah


LITERASI SEKOLAH. Murid-murid SD Inpres Balangpunia, Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, antusias mengikuti “Literasi Sekolah”, yang diadakan komunitas Gowa Menyala, di sekolah tersebut, Sabtu, 01 Februari 2020. (ist)




-------

Sabtu, 01 Februari 2020


Murid SD Balangpunia Gowa Antusias Ikuti Literasi Sekolah 


GOWA, (PEDOMAN KARYA). Murid-murid SD Inpres Balangpunia, Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, antusias mengikuti “Literasi Sekolah”, yang diadakan komunitas Gowa Menyala, di sekolah tersebut, Sabtu, 01 Februari 2020.

“Anak-anak di sini lebih berani. Begitu ditanya, siapa yang mau maju, pasti ada yang mengacungkan tangan,” ungkap Andi Bunga Tongeng, kepada wartawan, seusai pelaksanaan Literasi Sekolah di sekolah tersebut.

Andi Bunga yang merupakan salah seorang pendiri Gowa Menyala, menjelaskan, kegiatan “Literasi Sekolah” merupakan salah satu program gerakan Gowa Menyala, dan SD Inpres Balangpunia merupakan sekolah kedua yang disasar setelah di SD Inpres Mawang, Gowa.

“Anak-anak terlihat penuh semangat, apalagi ketika diajak meneriakkan yel-yel, semua serentak dan kompak berteriak, mengikuti aba-aba yang diberikan oleh kakak-kakak relawan,” kata Kak Bunga, sapaan akrab pegiat literasi ini.

Koordinator Gowa Menyala, Andi Ainun Musfirah mengatakan, jumlah relawan yang mengikuti “Kelas Literasi” kali ini lebih dari 20 orang. Mereka ada yang merupakan fasilitator dari “Kelas Inspirasi” dan dari relawan Gowa Menyala sendiri.

Mayoritas relawan masih mahasiswa dan ada beberapa yang sudah bekerja. Para relawan itu antara lain, Kak Wina, Kak Sute, Kak Sultan, Kak Fikri, Kak Bunga, Kak Mulyadi, dan Kak Fauzi.

Ainun menambahkan, jika biasanya kegiatan yang dilakukan berupa pendampingan membaca terhadap siswa, maka kali ini agak berbeda.

“Tadi ada tambahan kegiatan, yakni pemutaran film edukatif dan pemaparan bahaya narkoba dari Direktorat Bina Masyarakat Polda Sulawesi Selatan. Pemberi materinya adalah Briptu Fachry yang merupakan relawan dari Kelas Inspirasi,” papar Ainun.

Sebagai koordinator, Ainun menyampaikan terima kasih kepada semua relawan yang sudah mengikuti kegiatan “Literasi Sekolah” di SD Inpres Balangpunia. Dia berharap apa yang dilakukan dapat memberikan manfaat kepada para murid dan dunia pendidikan pada umumnya, sebagaimana spirit kehadiran Gowa Menyala.

“Tetaplah semangat dan jangan merasa bosan dalam menebarkan kebaikan. Jangan merasa cukup dalam memberikan manfaat kepada orang lain,” pesannya melalui grup WhatsApp (WA) Gowa Menyala.

Setelah kegiatan di SD Inpres Balangpunia, Ainun telah tunai mengemban amanah. Koordinator “Literasi Sekolah” selanjutnya akan dipegang oleh Ummu Rofikah.

Ummu Rofikah pun mengaku membayangkan, kegiatan pada bulan Maret nanti akan jauh lebih baik dan tentu lebih seru lagi. (fat)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama