Ponpes Darul Fallaah Unismuh Punya Hutan Pendidikan dan Kebun Percontohan di Gowa

RESOLUSI. Mantan Rektor Unismuh yang juga penggagas berdirinya Ponpes Darul Fallaah Unismuh, Prof Irwan Akib (keempat dari kanan), Wakil Rektor IV Unismuh Saleh Molla (keempat dari kiri) foto bersama Direktur Ponpes Darul Fallaah Unismuh, Dr Dahlan Lama Bawa (kedua dari kanan), para Wakil Direktur, pada pembukaan Workshop Tata Kelola Organisasi dan Asset Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar, di Eko Wisata Bili-BiliKabupaten Gowa, Ahad, 03 Januari 2021. (ist)

 

--------

Senin, 04 Januari 2021

 

 

Ponpes Darul Fallaah Unismuh Punya Hutan Pendidikan dan Kebun Percontohan di Gowa

 

 

GOWA, (PEDOMAN KARYA). Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro, Kecamatan Bungaya, Kabupaten Gowa, ternyata memiliki hutan pendidikan, kebun percontohan, dan juga tempat wisata syar’iyah.

Selian itu, pesantren yang didirikan tahun 2006 ini juga beberapa unit usaha, antara lain Koperasi Produksi Surya Sejahtera Bersama (KP-SSB), DF Production, BLK Production, Mini Market, dan Kantin / Restoran.

Hal itu terungkap pada Workshop Tata Kelola Organisasi dan Asset Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar, di Eko Wisata Bili-Bili, Kabupaten Gowa, Ahad, 03 Januari 2021.

“Workshop kami adakan untuk meneguhkan kebulatan tekad dalam menata Ponpes Darul Fallaah agar menjadi lebih baik dan luar biasa dengan instrument Tata Kelola Organisasi dan Asset yang bertanggungjawab,” kata Direktur Ponpes Darul Fallah Unismuh Makassar, Dr Dahlan Lama Bawa SAg MAg.

Rektor Unismuh Makassar yang diwakili Wakil Rektor IV, H Saleh Molla, menyatakan menyambut baik pelaksanaan Workshop Tata Kelola Organisasi dan Aset Ponpes Darul Fallaah Unismuh.

Workshop ini sangat penting artinya karena tertib administrasi dalam membangun sistem merupakan tradisi Muhammadiyah dalam memelihara organisasi dan aset miliknya, apalagi Ponpes ini berada di atas lahan milik Unismuh Makassar yang merupakan aset Muhammadiyah seluas 76 hektar, yang dibeli pada tahun 2006,” kata Saleh Molla.

Ketua panitia workshop, Muhammad Basri, melaporkan, materi workshop dibagi dua, yakni kelompok materi Pedoman Tata Kelola Organisasi, dan kelompok materi Tata Kelola Aset.

Materi Pedoman Organisasi meliputi Pedoman Lab School Unismuh Makassar yang mencakup mekanisme pengangkatan pimpinan, guru, staf Lab School Unismuh, dan normalisasi sistem penggajian, serta materi revisi visi, misi, tujuan, program dan profil lulusan.

Sedangkan kelompok Materi Tata Kelola Aset, kata Basri, meliputi SOP Pengelolaan Pembelajaran Alam Terpadu (PPAT) terdiri atas SOP Bioflock, SOP Granhouse, SOP Hutan Pendidikan, SOP Kebun Percontohan, dan SOP Wisata Syari’ah.

Selain itu, lanjut Basri, juga ada kelompok materi unit-unit usaha antara lain SOP Koperasi Produksi Surya Sejahtera Bersama (KP-SSB), DF Procuction, BLK Production, Mini Market, dan Kantin / Restoran.

Semua unit usaha tersebut merupakan ikhtiar untuk mewujudkan salah satu poin resolusi, yakni Unggul secara Akademik dan Mandiri secara Ekonomidi tahun 2026-2036, kata Basri, yang merupakan alumni Prodi Teknik Sipil Unismuh Makassar.

Workshop diikuti 30 peserta terdiri atas dewan guru, serta Ketua Komite yang juga Kepala Dusun Pannyambeang, H Nyonri Dg Marola. Acara dipandu Wadir I, Wadir II, dan Wadir III, serta Kepala SMP Amiruddin SPdI, dan Kepala MA Darul Fallaah, Derman SPd.

Hadir dalam pembukaan dan memberi sambutan, antara Kepala Desa Bissoloro diwakili Kaur Pemerintahan, Abdul Rahim Dg Nassa, Kepala SMA Muhammadiyah I Unismuh Amir MR, Wakil Kepala SMP, Muhammad Akbar, dan beberapa Guru SMP Unismuh memberikan testimoni tentang Akreditasi Unggul dan Tata Kelola Dana BOS.

 

Piagam Resolusi dan Peluncuran Buku

 

Acara pembukaan workshop juga dirangkaikan dengan penyerahan Piagam Resolusi Darul Fallaah, 3 Januari 2021, dari mantan Rektor Unismuh yang juga penggagas berdirinya Ponpes Darul Fallaah Unismuh, Prof Irwan Akib, kepada Direktur Ponpes Darul Fallaah Unismuh, serta peluncuran buku berjudul: Jalan Lurus; Ponpes Darul Fallaah Dalam Lintasan Sejarahkarya Dahlan Lama Bawa.

Acara pembukaan diisi pengajian oleh Wakil Dekan I FAI Unismuh Makassar, Dr Amirah Mawardi, dengan tema pengajian “Menunaikan Amanah Menuai Berkah.” (asnawin)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama