Pemkab Bulukumba Luncurkan Kartu Identitas Anak

KARTU IDENTITAS ANAK. Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf (ketiga dari kiri), foto bersama Kadis Dukcapil Dra A Mulyati Nur MPd, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs H Akhmad Januaris, serta Pimpinan dan Pengurus Badan Kominukasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bulukumba, di Ruang Rapat Bupati, Senin, 05 April 2021. (ist)



------

Selasa, 06 April 2021

 

 

Pemkab Bulukumba Luncurkan Kartu Identitas Anak

 

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) secara resmi melaunching Kartu Identitas Anak (KIA).

Peluncuran KIA dilakukan langsung oleh Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf, di Ruang Rapat Bupati, Senin, 05 April 2021, dihadiri Kadis Dukcapil Dra A Mulyati Nur MPd, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs H Akhmad Januaris, serta Pimpinan dan Pengurus Badan Kominukasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bulukumba.

Dalam laporannya, Kadisdukcapil mengungkapkan bahwa KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun, serta berlaku selayaknya KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk orang dewasa pada umumnya.

Kartu Identitas Anak memiliki fungsi yakni untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016.

Andi Mulyati menambahkan, dalam upaya mencegah penularan Covid-19, Disdukcapil Bulukumba membentuk tim untuk turun ke lapangan guna melakukan perekaman identitas kepada masyarakat.

“Ini adalah upaya kami terjun ke masyarakat agar masyarakat yang antri di Kantor Disdukcapil tidak terlalu membludak, dan untuk memudahkan masyarakat,” ucap Andi Mulyati.

Bupati Bulukumba mengungkapkan, penerbitan KIA oleh Disdukcapil merupakan suatu inovasi dari layanan publik sebagai upaya pemerintah dalam hal perlindungan, serta pemenuhan hak anak di kabupaten Bulukumba.

“Tentunya saya menginginkan agar seluruh anak di Kabupaten Bulukumba ke depannya agar memiliki KIA,” kata Andi Utta, sapaan akrab Muchtar Ali Yusuf.

Andi Utta juga berharap kepada semua pihak agar mensupport pendistribusian Kartu Identitas Anak (KIA) agar penyalurannya dapat terlaksana tanpa hambatan, serta menghimbau kepada seluruh masyarakat Bulukumba, khususnya para orang tua agar ikut terlibat bertanggung jawab terhadap pengawasan anak, agar tingkat kenakalan remaja yang terjadi di Bulukumba menurun. (dar)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama