Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Dahlan Abubakar dari Unhas ke Universitas Cokroaminoto Makassar


Pedoman Karya 11:41 PM 0

JADI HUMAS LAGI. Muhammad Dahlan Abubakar (paling tengah) foto bersama empat rekannya dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, saat diwisuda pada Rabu 11 Juli 2018. Dari kiri ke kanan, Lalu Santana, Abdul Hafid, Muhammad Dahlan Abubakar, Eddy Wahyono, dan Suradi Yasil. Dahlan Abubakar diangkat jadi Kepala Bagian Humas Universitas Cokroaminoto Makassar, 25 Juni 2021. (Foto diambil dari akun Facebook M Dahla Abubakar) 
 


--------

PEDOMAN KARYA

Rabu, 30 Juni 2021

 

 

Dahlan Abubakar dari Unhas ke Universitas Cokroaminoto Makassar

 

 

Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, terutama yang pernah berwartawan-ria di Koran Kampus “Identitas”, umumnya mengenal sosok Dr H Muhammad Dahlan Abubakar MHum.

Para alumni Koran Kampus “Identitas” mengenalnya, karena Dahlan Abubakar cukup lama menjabat Kepala Humas Unhas dan juga salah seorang pembina di Identitas Unhas.

Selain sebagai Humas Unhas, Dahlan Abubakar juga aktif menjadi wartawan di Harian Pedoman Rakyat (terbit perdana pada 1 Maret 1947, dan berhenti terbit sejak 3 Oktober 2007). Sebagai wartawan, Dahlan Abubakar pernah menjabat Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel periode 1988-1992.

Dahlan Abubakar awalnya terangkat menjadi staf pegawai atau karyawan di Unhas, namun kemudian beralih menjadi dosen. Dalam kapasitasnya sebagai Humas dan wartawan, Dahlan Abubakar juga aktif menulis buku. Hingga tahun 2021 ini, sudah lebih dari 40 judul buku yang diterbitkannya.

Buku yang diterbitkannya antara lain biografi “Prof Achmad Amiruddin Untold Stories”, “Ramang Macan Bola”, dan “Menembus Blokade Kelelawar Hitam : Kisah 99 Wartawan Sulawesi Selatan.”

Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Dahlan Abubakar sudah memasuki masa purnabakti sejak sejak 1 Februari 2017, tetapi ternyata nasib kembali membawanya menjabat sebagai Kepala Humas.

Kali ini, Dahlan Abubakar diangkat sebagai Kepala Bagian Humas Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM). Ia diangkat berdasarkan Surat Keputusan Rektor UCM Prof Tahir Kasnawi, tertanggal 25 Juni 2021.

Dalam SK tersebut, Rektor UCM menyatakan bahwa Dahlan Abubakar sangat memenuhi syarat diangkat pada jabatan Kepala Bagian Humas UCM, apalagi ia pernah menjabat Kepala Humas Unhas selama 24 tahun.

Dahlan Abubakar kepada wartawan di Makassar, Rabu, 30 Juni 2021 mengatakan, dirinya selalu menyediakan diri selama 1x24 jam untuk dihubungi berkaitan dengan tugas barunya.

“Saya menginginkan bahwa semua berita yang berkaitan dengan UCM dapat diberitakan dengan media tetap taat asas, dalam hal ini mematuhi Kode Etik Jurnalistik yang menjadi landasan etika kerja jurnalistik,” kata Dahlan yang juga Tokoh Pers versi Dewan Pers.

Sebelum menjabat Kabag Humas, Dahlan terlebih dahulu dilantik sebagai Ketua Departemen Komunikasi Fakultas Ilmu Ekonomi Sosial dan Humaniora, serta Sekretaris Senat UCM.

Dahlan juga masih mengajar sebagai dosen tidak tetap di Unhas, dosen luar biasa di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menjadi Pengurus KONI Sulsel, dan beberapa tugas lainnya. (asnawin)

 


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply