Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » Dosen Unismuh Makassar Latih Pengelola Panti Asuhan Bahagia Membuat Laporan Keuangan Berbasis Zahir


Pedoman Karya 8:15 PM 0

APLIKASI ZAHIR. Dosen Unismuh Makassar yang tergabung dalam Tim PKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) melatih pengelola Panti Asuhan Bahagian Aisyiyah Kota Makassar membuat laporan keuangan berbasis aplikasi zahir, Sabtu, 12 Juni 2021. (ist)





-------- 

Kamis, 17 Juni 2021

 

 

Dosen  Unismuh Makassar Latih Pengelola Panti Asuhan Bahagia Aisyiyah Membuat Laporan Keuangan Berbasis Zahir

 


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) melatih pengelola Panti Asuhan Bahagian Aisyiyah Kota Makassar membuat laporan keuangan berbasis aplikasi zahir.

Pelatihan dan pendampingan yang dilangsungkan pada Sabtu, 12 Juni 2021, diikuti semua unsur pengelola panti asuhan, termasuk anak panitia yang diperbantukan dalam keseharian, khususnya di bagian administrasi.

Ketua Tim Pelaksana PKM Unismuh Makassar, Dr Muryani Arsal mengatakan, pelatihan bertujuan membantu pihak pengelola panti asuhan dalam meningkatkan  keterampilan SDM, terutama dalam pencatatan semua transaksi yang berkaitan dengan penerimaan dari pihak donatur dan penyusunan laporan keuangan.

“Pelatihan ini diadakan agar pencatatan dan laporan keuangan sesuai dengan pernyataan standar akuntansi keuangan untuk organisasi nirlaba, seperti panti asuhan, dan untuk aktivitas yang berkaitan dengan penerimaan zakat, infaq, dan sedekah yang diterima oleh panti asuhan,” kata Muryani Arsal, yang didampingi anggota tim, Aulia SIP MSI, M Naidah SE MSi, dan Ir Nailah MSi, kepada wartawan di Makassar, Kamis, 17 Juni 2021.


Organisasi Nirlaba


Muryani dan anggota timnya menyampaikan terima kasih kepada pihak Panti Asuhan Bahagia Makassar atas kesempatan, kesiapan dan kerjasama, serta sambutan yang sangat bersahabat kepada tim PKM dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut.

“Kami berharap kerjasama dalam meningkatkan keterampilan SDM panti asuhan ini dapat terus berkelanjutan dan komunikasi tetap terjalin untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pelatihan dan pendampingan ini, maupun di bidang lainnya di masa yang akan dating,” kata Muryani.

Pimpinan Panti Asuhan Bahagia, Hj Rukiah Chalid BSc, mengaku selama ini semua transaksi yang terjadi dicatat ke buku kas dan buku natura secara manual dengan menggunakan aplikasi microsoft word di komputer.

“Kami sangat berterima-kasih dengan diadakannya pelatihan ini, karena selama ini kami selaku pihak pengelola belum mengetahui dan belum memahami tentang pencatatan organisasi nirlaba mengenai akuntansi dan pelaporan keuangan nirlaba seperti panti asuhan yang berdasarkan kepada PSAK No.45 dan PSAK No.109,” ungkap Rukiah.

Dia mengatakan, dengan menggunakan aplikasi berbasis zahir, dapat lebih memudahkan dan lebih cepat dalam menyediakan informasi keuangan saat diperlukan.   

Pada kesempatan itu, Rukiah juga menjelaskan bahwa anak-anak yang menghuni Panti Asuhan Bahagia Makassar yaitu sebanyak 45 orang, terdiri atas 25 orang putri di Panti Asuhan Bahagia Aisyiyah di Jalan Muhammadiyah Makassar, dan 20 orang putra di Panti Asuhan Bahagia Putra Aisyiyah Jalan Inspeksi PDAM Antang Makassar. (zak)  

 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply