Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » Dosen FKM Universitas Pancasakti Makassar Semua Sudah Sertifikasi


Pedoman Karya 11:56 PM 0

Dekan FKM Unpacti Makassar, Rama Nur Kurniawan (duduk di tengah), foto bersama Wakil Dekan FKM, Sumardi Sudarman (berdiri paling kiri), Ketua Prodi Kesmas, Aswadi (berdiri paling kanan), Sekretaris Prodi Kesmas, Muharti Syamsul (duduk paling kiri), Kepala Tata Usaha FKM, Uci Amelia Febrianti (duduk paling kanan), dan Kepala Lab FKM, Asril Bohari (berdiri di tengah). (ist)


 


------

Kamis, 08 Juli 2021

 

 

Dosen FKM Universitas Pancasakti Makassar Semua Sudah Sertifikasi

 

 

Mahasiswanya dari Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba

Juga dari Makassar, Maros, dan Pangkep

Terima Mahasiswa Baru 60 Orang Per Tahun

 

 

MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar semuanya sudah lolos sertifikasi dosen dan sudah menerima tunjangan sertifikasi.

“Alhamdulillah, semua dosen lama di FKM semuanya sudah lolos sertifikasi dan sudah terima tunjangan sertifikasi dosen, sedangkan satu dosen lagi belum terima sertifikasi karena memang dosen baru dan baru selesai S2-nya,” kata Dekan FKM Unpacti Makassar, Rama Nur Kurniawan, kepada wartawan di Makassar, Kamis, 08 Juli 2021.

Saat ini ada sembilan dosen tetap di FKM Unpacti, termasuk satu dosen DPK LLDikti IX. Mereka adalah Rama Nur Kurniawan SKM MPH (dekan), Sumardi Sudarman SKM MKes (wakil dekan), Aswadi SKM MKes (Ketua Prodi Kesmas), Muharti Syamsul SKM MKes (Sekretaris Prodi Kesmas), Lusyana Aripa SKM MKes (dosen DPK), Ivan Wijaya SKM MKes, Nur Hamdani Nur SKM MKes, dan Kartini SKM MSi.

Satu dosen lainnya yang sementara berproses sertifikasinya yaitu Hardianto Haris SKM MSi.

Menyinggung mahasiswanya, Rama Nur Kurniawan mengatakan, selain mahasiswa kelas regular, juga banyak yang kelas non-reguler.

“Mahasiswa yang non-reguler umumnya adalah mahasiswa konversi dari D3 ke S1, dan umumnya tugas belajar. Jadi kuliahnya Sabtu-Ahad,” kata Rama.

Mahasiswa FKM Unpacti, katanya, kebanyakan berasal dari Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba. Juga ada dari Makassar, Maros, dan Pangkep.

“Mahasiswa konversi ini ada yang D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, D3 Analis, dan D3 Teknik Gigi,” sebut Rama

 

Tiga Kali Praktek Belajar Lapangan

 

Tentang proses perkuliahan, Rama mengatakan, proses belajar pada Prodi Kesehatan Lingkungan dilakukan dengan tiga model, yaitu proses belajar di kelas, belajar di laboratorium (lab kelas gizi, lab kesehatan lingkungan, dan lab promosi kesehatan), serta praktek belajar lapangan (PBL).

“PBL pertama dilaksanakan pada semester IV selama dua pekan, PBL kedua pada semester V selama dua pekan, dan PBL ketiga pada semester VI juga selama dua pekan. Selain itu, mahasiswa juga wajib mengikuti Kuliah Kerja Profesi minimal satu bulan,” jelas Rama.

 

Maba 60 Orang Per Tahun

 

Prodi Kesehatan Masyarakat Unpacti Makassar, katanya, mulai dibuka pada tahun akademik 2001/2002, dan wisuda pertama pada tahun 2005.

Rama juga menyebutkan bahwa FKM Unpacti menerima mahasiswa baru rata-rata 60 orang per tahun, terdiri atas mahasiswa murni atau mahasiswa kelas regular, dan mahasiswa non-reguler.

“Rata-rata 60 per tahun mahasiswa baru kami,” kata Rama. (ima)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply