Pendeta Buhaira Melihat Tanda Kenabian pada Diri Muhammad

POHON SAHABI ini konon merupakan pohon tempat berteduhnya Nabi Muhammad SAW saat masih bocah ketika mengikuti kafilah dagang Abu Thalib ke Negeri Syam. Pohon Sahabi ini terletak di daerah Bushra, dan di sanalah Pendeta Nasrani bernama Buhaira melihat Muhammad dan tanda-tanda kenabian yang ada pada diri Muhammad. (int) 




------- 

PEDOMAN KARYA

Kamis, 23 September 2021

 

Kisah Nabi Muhammad SAW (17):

 

 

Pendeta Buhaira Melihat Tanda Kenabian pada Diri Muhammad

 

 

Penulis: Abdul Hasan Ali Al-Hasani An-Nadwi

 

Akan tetapi, segera saja Buhaira merasakan ada sesuatu yang kurang dari rombongan Quraisy itu. Maka, ia kembali mengulangi permintaannya,

“Hai orang-orang Quraisy, jangan sampai ada yang tidak makan makananku ini,” kata Buhaira.

Salah seorang Quraisy berkata, “Hai Buhaira, tidak ada seorang pun tertinggal yang layak datang kepadamu, kecuali anak muda yang paling kecil di antara kami. Ia berada di tempat perbekalan rombongan.”

Buhaira menggeleng-geleng kepala, “Kalian jangan seperti itu. Panggil dia untuk makan bersama kalian!”

Orang-orang Quraisy merasa malu. Salah seorang dari mereka bahkan berkata, “Demi Lata dan Uzza, adalah aib dari kami kalau putra Abdullah bin Abdul Muthalib tidak ikut makan bersama kami.”

Setelah Muhammad dipanggil, Buhaira memeluknya dan mendudukkannya bersama rombongan Quraisy yang lain. Sambil menyaksikan tamu-tamunya makan, sebenarnya mata Buhaira tertuju kepada Muhammad dengan seksama.

Dari hasil pengamatannya itulah, Buhaira mengambil kesimpulan dalam hati, “Anak ini mempunyai sifat-sifat kenabian.”

Jamuan selesai. Sambil mengucapkan terimakasih, rombongan Quraisy pun membubarkan diri menuju tempat perkemahan mereka untuk beristirahat. Namun, Buhaira tidak membiarkan Muhammad pergi. Diajaknya anak itu untuk duduk dan bicara.

“Hai anak muda,” panggil Buhaira, “dengan menyebut nama Lata dan Uzza, aku akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepadamu dan engkau harus menjawabnya.”

Wajah Muhammad tampak berubah dan ia menjawab, “Jangan bertanya tentang apa pun kepadaku sambil menyebut nama Lata dan Uzza. Demi Allah, tidak ada yang sangat aku benci melainkan keduanya.”

Buhaira tersenyum dan  mengulangi permintaannya, “Baiklah, kalau begitu aku akan bertanya kepadamu dengan menyebut nama Allah dan engkau harus menjawab pertanyaanku.”

Wajah Muhammad berubah cerah dan ia mengangguk, “Tanyakan kepadaku apa saja yang ingin engkau tanyakan.”

 

Saran Buhaira kepada Abu Thalib

 

Buhaira menanyakan banyak sekali hal kepada Muhammad, tentang tidur Muhammad, tentang postur tubuh Muhammad, dan banyak lagi hal lainnya.

Muhammad menjawab semua itu dan semua jawaban itu sesuai benar dengan perkiraan Buhaira. Kemudian, Buhaira melihat punggung Muhammad dan mendapati tanda kenabian di antara kedua bahu Muhammad. Tanda kenabian itu seperti bekas orang berbekam.

Setelah itu, Buhaira mendekati Abu Thalib dan bertanya kepadanya, “Apakah anak muda ini anakmu?”

“'Iya, dia anakku,” jawab Abu Thalib

Buhaira menggeleng, “Tidak, dia bukan anakmu. Anak muda ini tidak pantas mempunyai ayah yang masih hidup.”

Abu Thalib agak tercengang, lalu dia pun mengangguk, “Kau benar. Dia bukan anakku, dia anak saudaraku.”

Buhaira mengangguk-angguk puas lalu bertanya lagi, “Apa yang dikerjakan ayahnya?”

“Ayahnya telah meninggal dunia ketika dia masih berada dalam kandungan ibunya,” jawab Abu Thalib.

“Engkau benar,” kata Buhaira menghela nafas dalam-dalam.

Kemudian, sambil berbisik, dia menyampaikan sebuah saran dengan sangat sungguh-sungguh.

“Sekarang, dengar saranku baik-baik. Bawa anak saudaramu ini ke negeri asalmu sekarang juga! Jaga dia dari orang-orang Yahudi! Demi Allah, jika mereka melihat padanya seperti apa yang aku lihat, mereka pasti akan membunuhnya. Sesungguhnya, akan terjadi sesuatu yang besar pada diri anak saudaramu ini. Karena itu, segera bawa pulang dia ke negeri asalmu!”

Abu Thalib tampak ketakutan dengan peringatan itu. Dia yakin bahwa apa yang dikatakan Buhaira itu benar. Maka dari itu, segera setelah urusan perdagangannya selesai, Abu Thalib segera membawa Muhammad pulang. Sesulit apa pun beban hidupnya, Abu Thalib tidak pernah lagi pergi berdagang ke tempat jauh demi melindungi keponakannya itu.

 

Bushra (kota di mana Buhaira tinggal)

 

Jalur yang dilewati kafilah Abu Thalib adalah jalan kafilah Barat yang menyusuri Laut Merah, Madyan, Wadi Al Qurra, Hijir, dan Kota Bushra.

Kota Bushra atau Bostra telah lama didirikan Romawi sebagai ibu kota wilayah Hauran, untuk menahan serbuan Badui pedalaman.

Di kota ini, Romawi memusatkan pasukan dan mengumpulkan pajak dari para kafilah. Bagi kafilah sendiri, Bostra adalah pusat perdagangan paling ramai sebelum tiba di Syria yang terletak lebih ke Utara. (bersambung)


------

Kisah Nabi Muhammad SAW (18): Muhammad Ikut Berperang pada Perang Fijar

Kisah Nabi Muhammad SAW (16): Muhammad Mengikuti Kafilah Dagang ke Negeri Syam

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama