Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata Jadi Prioritas Pembangunan Tahun 2022 di Bulukumba

MINTA MASUKAN. Bupati Bulukumba, Andi Utta (paling kanan) berbicara pada sebuah kegiatan didampingi Kadis Kominfo dan Persandian Bulukumba, Muhammad Daud Kahal (tengah). (ist)





------------ 

Jumat, 24 September 2021

 

 

Pertanian, Perikanan, dan Pariwisata Jadi Prioritas Pembangunan Tahun 2022 di Bulukumba

 

 

Bupati Minta Masukan Masyarakat

 

 

BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Pembangunan sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata akan menjadi bagian dari skala prioritas pembangunan di Bulukumba pada Tahun Anggaran 2022.

“Berdasarkan visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, ketiga sektor tersebut akan mendapatkan prioritas mulai tahun anggaran 2022,” kata Kadis Kominfo dan Persandian Bulukumba, Muhammad Daud Kahal, kepada wartawan di Bulukumba, Jumat, 24 September 2021.

Program dan kegiatan yang dijalankan di APBD Pokok Tahun 2021 saat ini, katanya, merupakan Program dan Kegiatan Pemerintahan sebelumnya (Andi Sukri Sappewali – Tommy Satria), sedangkan di APBD Perubahan 2021, pengalokasian belanja belum bisa dilakukan secara maksimal oleh karena anggaran yang terbatas dan penanganan Pandemi Covid-19 yang masih perlu dilakukan.

“Terkait dengan itu, Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf mengajak kepada masyarakat Bulukumba, baik yang ada di dalam maupun mereka yang di luar daerah Kabupaten Bulukumba untuk memberikan masukan, saran, maupun melakukan audiensi langsung kepada Bupati atau Wakil Bupati, jika ada gagasan atau ide yang bisa diakomodir dalam APBD Pokok 2022, yang akan segera dibahas dalam waktu dekat ini,” tutur Daud.

Bupati Bulukumba juga akan memberi respons jika ada pihak yang ingin berdiskusi dalam forum yang bisa digelar pada tempat yang disepakati bersama.

“Insya Allah, itu akan menjadi salah satu bagian penting yang akan direspons. Pak Bupati mengatakan mengapresiasi segala masukan dan saran, serta pandangan-pandangan untuk Bulukumba yang lebih baik,” kata Daud.

Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam RPJMD, lanjutnya, tentu memiliki tahapan dan jangka pelaksanaan satu periode masa jabatan, sehingga dengan demikian apa yang tertuang di dalamnya akan dilaksanakan secara bertahap.

Daud Kahal mengatakan, selama enam bulan kepemimpinan Bupati Andi Utta, dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf, sudah banyak hal yang dilakukan seperti pengendalian banjir, perbaikan infrastruktur yang rusak seperti jembatan di beberapa titik, Gerebek Covid-19, Pelaksanaan Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara, Bantuan Pembinaan Keagamaan, dan banyak lagi.

“Boleh dikatakan sebagian besar masih murni dana swadaya dari pribadi Bapak Andi Muchtar Ali Yusuf, karena anggarannya tidak tersedia di APBD. Itu hanya karena adanya komitmen dari beliau dan murni untuk kepentingan memberi sumbangsih dan membangun Bulukumba yang lebih baik,” tutur Daud Kahal. (dar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama