Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » Hasdar Sikki, Dulu Loper Koran, Kini Ketua PWI Takalar


Pedoman Karya 1:32 AM 0

KETUA PWI TAKALAR. Dari kiri atas searah jarum jam, Hasdar Sikki bersama Ronald Ngantung (mantan Ketua Dewan Kehormatan PWI Sulsel), Hasdar Sikki bersama Maggarisi Saiyye (mantan Ketua PWI Takalar), Hasdar Sikki bersama Arifuddin Bella (mantan Ketua PWI Gowa), dan Hasdar Sikki bersama Achmad Dg Se're (Wakil Bupati Takalar). 

----------

PEDOMAN KARYA

Jumat, 12 November 2021

 

 

Hasdar Sikki, Dulu Loper Koran, Kini Ketua PWI Takalar

 


Hasdar Sikki mungkin tidak pernah menyangka bahwa dirinya akan mendapat amanah sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Takalar Periode 2021-2024.

Pada pertengahan tahun 90-an, dirinya hanyalah seorang loper koran. Koran yang diantarnya dari kantor ke kantor yaitu Surat Kabar Umum (SKU) Jurdil. Ia menjadi loper koran atas ajakan sepupunya Hasan Kuba (mantan Wakil Ketua PWI Sulsel).

“Awalnya, saya bergabung di media mingguan yang bernama SKU Jurdil sebagai loper, pengantar koran. Saya mengantar koran ke setiap kantor-kantor pemerintahan, khususnya kantor lurah di Kota Makassar,” ungkap Hasdar Sikki.

Ia berkeliling setiap hari dari kantor lurah yang satu ke kantor lurah yang lain. Ada sebanyak 143 kelurahan pada waktu itu di Kota Makassar, tapi yang berlangganan SKU Jurdil sebanyak 102 kelurahan.

Hasdar yang lahir di Bontonompo, Kelurahan Canrego, Kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar, 22 September 1962, melakoni pekerjaan sebagai loper koran SKU Jurdil selama kurang lebih dua tahun.

Meskipun tugasnya sebagai loper, redaksi SKU Jurdil tetap membekalinya Kartu Pers sebagai kontributor SKU Jurdil. Setelah itu, statusnya diangkat dari kontributor menjadi reporter (wartawan).

Pada tahun 2000, PWI Sulsel mengadakan Pendidikan Dasar Jurnalistik di Gedung PWI Sulsel, Jl AP Pettarani. Hasdar Sikki ikut dan dinyatakan lulus.

“Saya ikut dan dinyatakan lulus. Saya gembira sekali waktu itu. Saya yang tadinya hanya seorang loper, kemudian ikut pelatihan dasar jurnalistik dan dinyatakan lulus,” ungkap Hasdar.

Dia kemudian mengajukan permohonan menjadi Anggota PWI melalui media massa tempatnya bekerja.

“Pimpinan saya kemudian mengusulkan saya menjadi Anggota PWI, dan saya pun menjadi watawan Anggota PWI. Waktu itu, Ketua PWI Sulsel dijabat Pak Syamsu Nur. Sejak itulah saya bergabung di PWI sampai sekarang,” kata Hasdar.

 

Kiprah di PWI

 

Pada Konferensi PWI Kabupaten Gowa – Takalar, di Gedung PKK Takalar, Sabtu, 06 Desember 2014, Hasdar Sikki terpilih sebagai Sekretaris PWI Kabupaten Gowa – Takalar Periode 2014-2017. Ia mendampingi H Arifuddin Bella sebagai ketua, sedangkan jabatan bendahara diberikan kepada (alm) H Asruddin.

PWI Kabupaten Gowa – Takalar kemudian dimekarkan menjadi PWI Kabupaten Gowa dan PWI Kabupaten Takalar. PWI Kabupaten Gowa dipimpin H Arifuddin Bella, sedangkan PWI Kabupaten Takalar diketuai Maggarisi Saiyye.

Tahun 2018, Hasdar Sikki terpilih sebagai Sekretaris PWI Kabupaten Takalar periode 2018-2021, mendampingi Maggarisi Saiyye sebagai ketua, sedangkan jabatan bendahara diserahkan kepada Jalaluddin Havid.

Pada Konferensi PWI Kabupaten Takalar, di Gedung PKK Takalar, Rabu, 10 November 2021, Hasdar Sikki terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI Kabupaten Takalar Periode 2021-2024.

Ketika ditanya visi misinya sebagai Ketua PWI Kabupaten Takalar, ia mengatakan dia tidak punya visi misi pribadi.

“Visi misi? Secara pribadi saya tidak mau bicara soal visi dan misi, namun yang saya bisa katakan, karena ini organisasi yang kemudian saya diberi amanah menjadi nakhoda, maka visi misi saya adalah visi misi bersama. Intinya, yang dianut teman-teman adalah kebersamaan dalam memajukan organisasi kita, tapi insya Allah sudah ada ancang-ancang program kerja yang saya buat, terutama peningkatan kualitas sumber daya manusia wartawan,” tutur Hasdar.

 

Kiprah sebagai Wartawan

 

Setelah bergabung di SKU Jurdil selama beberapa tahun, Hasdar Sikki pindah ke Majalah Figur yang dipimpin (alm) Andi Sanif Atjo. Kemudian ia mengikuti kakak sepupunya Hasan Kuba mengelola Tabloid Lintas.

Sambil mengelola Tabloid Lintas, ia juga bergabung di Majalah Pedoman Karya (sekarang beralih menjadi media daring www.pedomankarya.co.id) sebagai redaktur pelaksana, lalu bersama-sama Maggarisi Saiyye mendirikan media daring Topik Terkini (topikterkini.co.id) dan ia dipercayakan menjadi Pemimpin Redaksi.

 

Peserta Terbaik UKW

 

Pada tahun 2011, Hasdar bersama 43 wartawan dari berbagai media massa mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Dewan Pers bekerjasama PWI Pusat, di kampus Universitas Fajar (Unifa), Makassar (28-29 November 2011). UKW dibuka langsung Ketua Dewan Pers Prof Dr H Bagis Manan.

UKW dibagi tiga tingkatan, yakni UKW Utama (diikuti 17 peserta), UKW Madya (diikuti 16 peserta), dan UKW Muda (diikuti 6 peserta).

Total peserta 44 orang. Setelah dilakukan ujian selama dua hari berturut-turut, tujuh peserta dinyatakan tidak kompeten, terdiri atas dua wartawan madya, dan lima wartawan muda.

Peserta terbaik UKW Utama atas nama Zulkifli Gani Ottoh (Harian Fajar), peserta terbaik UKW Madya atas nama Asnawin (Tabloid Demo’s), dan peserta terbaik UKW Muda atas nama Hasdar Sikki (Tabloid Lintas).

 

Tiga Kali Ikut Porwanas


Selama menjadi wartawan, Hasdar Sikki tercatat tiga kali ikut Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), dan pada tiga kali keikutsertaannya tersebut, ia bertanding dalam cabang olahraga biliar.

Porwanas pertama yang dia ikuti yaitu Porwanas IX tahun 2007 di Samarinda, Kalimantan Timur. Ketika itu, ia mewakili PWI Provinsi Sulawesi Barat yang baru terbentuk di bawah kepemimpinan (alm) Andi Sanif Atjo.

Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2010, Hasdar Sikki mengikuti Porwanas X di Palembang, Sumatera Selatan. Kali ini ia mewakili PWI Provinsi Sulsel. Tahun 2013, lagi-lagi ia mengikuti Porwanas, yaitu Porwanas XI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Juara Lomba Karya Jurnalistik

 

Pada tahun 2013, Hasdar Sikki keluar sebagai juara pertama Lomba Karya Jurnalistik Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2013.

Hasdar Sikki ketika itu mengusung judul tulisan, "Garam Takalar Bisa Menjadi Kristal-kristal Berlian."

Juara kedua Elvianus Kawengian (SKU Pedoman), juara ketiga Asnawin Aminuddin (Tabloid Almamater), Juara Harapan I Muhammad Said Welikin (Tabloid Lintas), Juara Harapan II Razak Kasim (SKU Corong Rakyat), dan juara harapan III Tasman Banto (Harian Tribun Timur). (Asnawin Aminuddin)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply