Select Menu

Favourite

Liputan Utama

Aneka Berita

» » » » » » » Bukit Emas Pattoengan, Objek Wisata Baru di Bulukumba


Pedoman Karya 2:17 AM 0

Kabupaten Bulukumba selama ini terkenal dengan objek wisata Pantai Bira dan pembuatan perahu pinisi. Juga ada beberapa objek wisata lainnya seperti Makam Dato Tiro di Kecamatan Bontotiro dan Kawasan Adat Ammatoa di Kecamatan Kajang, serta sejumlah objek wisata lainnya.

Kini, daerah berjuluk “Butta Panrita Lopi” memiliki tambahan objek wisata baru bernama Bukit Emas Pattoengan. Objek wisata ini terletak di Desa Oro Gading, Kecamatan Kindang, Bulukumba. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)


---- 

Rabu, 29 Desember 2021

 

 

Bukit Emas Pattoengan, Objek Wisata Baru di Bulukumba

 


BULUKUMBA, (PEDOMAN KARYA). Kabupaten Bulukumba selama ini terkenal dengan objek wisata Pantai Bira dan pembuatan perahu pinisi. Juga ada beberapa objek wisata lainnya seperti Makam Dato Tiro di Kecamatan Bontotiro dan Kawasan Adat Ammatoa di Kecamatan Kajang, serta sejumlah objek wisata lainnya.

Kini, daerah berjuluk “Butta Panrita Lopi” memiliki tambahan objek wisata baru bernama Bukit Emas Pattoengan. Objek wisata ini terletak di Desa Oro Gading, Kecamatan Kindang, Bulukumba.

Obyek wisata Bukit Emas Pattoengang tersebut berupa wisata alam dengan pemandangan bukit dan air terjun. Juga terdapat sebuah jembatan bambu sebagai akses menuju air terjun. Saat ini, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Oro Gading tengah membangun kolam renang di lokasi objek wisata tersebut.

Lokasi obyek wisata tersebut berada di jalur poros Oro Gading – Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, kemudian mengikuti jalur setapak melewati kebun sekitar 700 meter untuk sampai ke lokasi air terjun.

Penasaran dengan objek wisata Bukit Emas Pattoengan, Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, dan sejumlah pejabat lainnya, mengunjungi langsung lokasi tersebut, Selasa, 29 Desember 2021.

Kedatangan Andi Utta, sapaan akrab Muchtar Ali Yusuf, di lokasi objek wisata Bukit Emas Pattoengan, dirangkaikan dengan peresmian Pasar Desa Oro Gading.

Dalam kunjungan tersebut, Andi Utta didampingi sejumlah pejabat, antara lain Anggota DPRD Bulukumba, M Asri Jaya, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah (PMD), Amry, Plt Camat Kindang, Nurdin, dan Kepala Desa Oro Gading, HM Nasir.

Tiba di lokasi wisata Bukit Emas Pattoengan, Andi Utta dan rombongan rehat dan bersantai sejenak di sebuah gazebo sambil menikmati suguhan kopi dan kue tradisional khas Oro Gading.

Bupati juga menyaksikan langsung persembahan tari-tarian oleh anggota Pokdarwis yang sebelumnya sudah berada di lokasi.

Kepala Desa Oro Gading, HM Nasir, menyampaikan, obyek wisata tersebut dirintis oleh anak-anak muda yang tergabung dalam Pokdarwis Oro Gading, yang memiliki semangat untuk membangun dan memaksimalkan potensi yang dimiliki desanya, termasuk potensi wisata alam.

“Rencananya lokasi ini akan dijadikan tempat camp, sangat cocok untuk kegiatan berkemah karena adanya aliran air sungai yang jernih,” kata Nasir.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba memuji dan mengapresiasi usaha perintisan obyek wisata yang dilakukan anak-anak muda Oro Gading.

Kehadiran tempat wisata alam gunung tersebut, katanya, tentu dapat menjadi salah satu pilihan obyek wisata, bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana alam terbuka.

“Kita harus dukung pemerintah desa dan masyarakatnya yang selalu berinovasi untuk mengembangkan dan memajukan desanya,” kata Andi Utta yang berharap tempat wisata tersebut dapat menjadi sumber pendapatan asli desa dan masyarakat setempat. (asnawin)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply